Pengaruh Metakognisi dan Berpikir Kritis Terhadap Pemahaman Membaca Kelas 3 Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22236/injope.v1i1.3843Keywords:
Metakognisi, Berpikir Kritis, Membaca PemahamanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metakognisi dan berpikir kritis terhadap membaca pemahaman siswa kelas 3 Sekolah Dasar gugus 4 Kecamatan Koja Jakarta Utara. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas 3 Sekolah dasar gugus 4 kecamatan Koja . Data metakognisi dikumpulkan dengan metode kuesioner, data kemampuan berpikir kritis dikumpulkan dengan tes uraian, serta data membaca pemahaman dikumpulkan dengan tes Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis atau analisis jalur. Rancangan penelitian ini dilakukan dengan memberikan kuesioner di awal pertemuan untuk mengetahui kemampuan metakognisi tinggi dan rendah. Lalu diberi perlakuan dan di akhir diberikan tes kemampuan berpikir kritis dan membaca pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metakognisi dan berpikir kritis berpengaruh terhadap membaca pemahaman siswa kelas 3 sekolah dasar. Hasil perhitungan denga taraf signifikan α = 0,05 maka diperoleh X1 terhadap X3 Thitung = 2,247 dengaTtabel(0,05, 1/103) = 1,980, maka 2,247 > 1.980 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. X2 terhadap X3 Thitung = 2,216 dengaTtabel(0,05, 1/103) = 1,980, maka 2,216 > 1.980 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. X1 terhadap X2 Thitung = 3,853 dengaTtabel(0,05, 1/103) = 1,980, maka 2,247 > 1.980 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa : 1) terdapat pengaruh langsung positif metakognisi terhadap membaca pemahaman siswa, 2) terdapat pengaruh langsung positif berpikir kritis siswa terhadap membaca pemahaman, dan 3) terdapat pengaruh langsung positif metakognisi terhadap berpikir kritis.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License