MOTIF AFILIASI DENGAN PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH PADA REMAJA

Penulis

  • Abdul Shidik Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.37010/epik.v1i1.8420

Kata Kunci:

pandemi, pembelajaran daring

Abstrak

Pandemi covid-19 telah mengakibatkan pendidikan berubah secara drastis. Pendidikan di Indonesia juga terdampak akibat pandemi covid-19. Pelaksanaan pembelajaran yang semula dilaksanakan secara tatap muka atau luring dipaksa untuk beralih menjadi pembelajaran dalam jaringan (daring). Pembelajaran daring menawarkan sejumlah kelebihan, salah satunya yaitu berkomunikasi tanpa dibatasi oleh jarak, tempat, dan waktu. Namun pelaksanaan pembelajaran daring yang terlampau lama ternyata memiliki terhadap motivasi belajar siswa. Waktu yang terlalu lama membuat siswa menjadi bosan, karena hampir setiap hari harus duduk di depan perangkat seperti smartphone, laptop, dan sebagainya untuk mengaskses pembelajaran daring. Hal tersebut menjadi sebuah topik yang perlu dibahas karena motivasi belajar sangat berpengaruh pada kualitas pendidikan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa setelah melaksanakan pembelajaran dalam waktu yang lama. Penelitian dilakukan menggunakan metode studi kepustakaan, penulis hanya menuliskan hasil analisis dari sumber atau pustaka yang sudah ada sebelumnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa mengalami penurunan motivasi belajar dan merasa bosan dengan pembelajaran daring yang diterapkan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ameng, P., Aminuyati, & Syahrudin, H. (2015). Pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas viii pelajaran ekonomi di smpn 1 kelam permai. Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4, 1–12.

Anggrini, D. (2021). Faktor-Faktor Pemicu Stres Pada Siswa Sma Selama. Psikologi Malahayati, 3(1), 39–46.

http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/PSIKOLOGI/article/download/3605/pdf

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19.

IQ (Ilmu Al-Qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Cahya, Indra. 2020. "Ini Kuota Data yang Terpakai untuk Group Call Zoom dan Hangout Meet, Sudah Tahu?",
https://www.merdeka.com/teknologi/ini-kuota-data-yang-terpakai-untuk-group-call-zoom-dan-hangout-meet-sudah-tahu.html, diakses pada 01 Mei 2021


Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46. https://doi.org/10.26858/publikan.v9i1.7739

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif"¯: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., Azhar, S., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Tangerang, U. M. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat5 Belajar5 Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota. Jurnal JBSD, 4(2).

Hafida, dkk. (2020). Penurunan Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Di Tengah Pendemi Covid-19. Indonesian Journal Of Education Scince, 2(2), 82.

Haryadi, R., & Rosiana, I. (2020). Pengaruh Sistem Pembalajaran Daring Terhadap Motivasi dan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling Undiksha, 11(2), 136–141.

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19.
Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika.
MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109. https://doi.org/10.35724/magistra.v6i2.1801

Rahmawati, I. (2016). Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Dinoyo 01 Malang. Skripsi Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Salahuddin, M., Yusuf, N., & Budiono, B. (2018). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perkembangan Motivasi Belajar Siswa Di Smp Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Civic Hukum, 3(1), 52. https://doi.org/10.22219/jch.v3i1.7728

Sari, P. R., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). DAMPAK PEMBELAJARAN DARING BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SELAMA SELAMA COVID-19 Universitas Veteran Bangun Nusantara , Sukoharjo. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15.

Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3
Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55–75. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.48

Suhery, S., Putra, T. J., & Jasmalinda, J. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dan Google Classroom Pada Guru Di Sdn 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 129–132. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.90

Suwardi, S., & Samino, S. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Sekolah Kreatif SD
Muhammadiyah Kota Madiun. Manajemen Pendidikan, 9(2), 186–195. https://doi.org/10.23917/jmp.v9i2.1700

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-21

Cara Mengutip

Shidik, A. (2022). MOTIF AFILIASI DENGAN PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH PADA REMAJA. EPIK: Edukasi Penerapan Ilmu Konseling, 1(1), 26–32. https://doi.org/10.37010/epik.v1i1.8420