Pendekatan TARGET Melalui Bulletin Virtual Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Dewasa Awal

Penulis

  • Siti Hajar Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA
  • Haning Tri Widiastuti Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.37010/epik.v1i2.11356

Kata Kunci:

Pendekatan TARGET, Buletin Virtual, Motivasi Berpretasi

Abstrak

 

Era industri 4.1 membawa kemahuan teknologi dan informasi yang membuat hampir seluruh lini kehidupan dituntut mampu beradaptasi dengan perubahan-perubahan. Adaptasi yang dituntut juga merambah pada dunia pendidikan, penyampaian informasi yang terjadi antara dosen dan mahasiswa kini telah berganti. Jika dahulu penyampaian informasi tersebut hanya berlangsung secara tatap muka saja, maka kini telah beragam. Beragam metode dan media yang dapat dipilih harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi sebagai pendampingan dalam membina kompetensi mahasiswa. Kondisi inilah yang memunculkan pandangan bahwa penting untuk membekali mahasiswa dengan berbagai pengetahuan dan kesempatan agar mampu memanfaatkan berbagai teknologi dan kemudahan dalam akses informasi. Buletin virtual sebagai bentuk penyaluran ekspresi mahasiswa dalam dunia digital sesuai dengan potensi yang mereka miliki. Arah buletin virtual dengan pendekatan TARGET (Tasks, Authority, Recognition, Grouping, Evaluation, Time / Ames 1992) untuk meningkatkan motivasi berprestasi mahasiswa sesuai dengan potensi diri yang dimiliki sekaligus membawa dampak positif bagi kematangan karir mereka di masa depan. Strategi dalam pendekatan TARGET dalam penyusunan Buletin Virtual dengan sasaran usia dewasa awal (mahasiswa BK FKIP UHAMKA). Penelitian Action Research  dirancang untuk meningkatkan motivasi berprestasi mahasiswa sesuai dengan potensi diri yang dimiliki.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ames, C. (1992). Classrooms: Goals, Structure, and Student Motivation. Journal of Educational Psychology, 84(3), p. 261–271 American Psychological Assosiation. www.unco.edu

Asni. (2021). Level of Student Stress Management UHAMKA Guidance Counseling Study Program in Pandemic Covid-19. 1st Annual International Conference on Natural and …, 2021.

Elliot, A.J & Dweck.S. Carol. (2005). Handbook of Competence and Motivation / foreword by Martin V. New York : The Guilford Press

Hajar, Siti. (2016). Disertasi Pengaruh Konseling Singkat Berbasis Solusi (Solution-Focused Brief Counseling/Sfbc) Terhadap Motivasi Berprestasi Olahraga. Bandung : UPI

Gefen D and Rindings, CM. (2017).Virtual Community Attraction: Why People Hang out Online. ournal of Computer-Mediated Communication, Volume 10, Issue 1, 1Virtual Community Attraction: Why People Hang out Online | Journal of Computer-Mediated Communication | Oxford Academic (oup.com)

R Marsinun, FN Ilahi. (2020). Analisis Work Motivation Pada Guru BK SMK Jakarta Timur Berdasarkan Gender. Raheema Jurnal Studi Gender dan Anak. Vo. 7(1). 1-8 https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=TXg9p_sAAAAJ&citation_for_view=TXg9p_sAAAAJ:eQOLeE2rZwMC

R Marsinun, FN Ilahi. (2020). Kematangan Karier Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Tingkat Pertama di Universitas Prof DR Hamka Prociding Seminar Nasional PD ABKIN SUMSEL 2020, 1-4. Sumatera Selatan https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=TXg9p_sAAAAJ&citation_for_view=TXg9p_sAAAAJ:WF5omc3nYNoC

Tutar,et.al.(2011).The effects of employee empowerment on achievement motivation and the contextual performance of employees African Journal of Business Management Vol. 5(15), pp. 6318-6329

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-26

Cara Mengutip

Hajar, S., & Widiastuti, H. T. (2022). Pendekatan TARGET Melalui Bulletin Virtual Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Dewasa Awal. EPIK: Edukasi Penerapan Ilmu Konseling, 1(2), 62–69. https://doi.org/10.37010/epik.v1i2.11356