Manajemen Kelas Berbasis Bimbingan Solusi Perilaku Off-Task

Penulis

  • Haning Tri Widiastuti

DOI:

https://doi.org/10.37010/epik.v1i2.11351

Kata Kunci:

perilaku off-task, manajemen kelas, bimbingan

Abstrak

Perilaku off-task merupakan bentuk perilaku mengganggu proses pembelajaran yang kerap muncul di dalam kelas. Fenomena perilaku off-task juga terjadi di Sekolah Dasar yang menjadi latar belakang diadakannya penelitian ini. Fokus perhatian pada penelitian ini adalah mereduksi perilaku off-task yang ada pada Sekolah Dasar tersebut melalui manajemen kelas berbasis bimbingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen kelas berbasis bimbingan dalam mereduksi perilaku off-task. Penelitian dilakukan dengan menggunakan bentuk penelitian tindakan kolaboratif, yang artinya peneliti Bersama dnegan guru melakukan kolaborasi dalam melakukan manajemen kelas berbabis bimbingan. Data penelitian diperoleh secara kuantitatif dengan menggunakan instrument yang dikembang oleh peneliti yang selanjutnya menjadi pre-test  dan post test pada penelitian ini. Dari penelitian yang dilakukan pada siswa kelas 3 Sekolah Dasar, menunjukkan adanya penurunan nilai perilaku off-task subyek, maka dapat disimpulkan bahwa manajemen kelas berbasis bimbingan berpengaruh pada perilaku off-task siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-26

Cara Mengutip

Widiastuti, H. T. (2022). Manajemen Kelas Berbasis Bimbingan Solusi Perilaku Off-Task. EPIK: Edukasi Penerapan Ilmu Konseling, 1(2), 70–78. https://doi.org/10.37010/epik.v1i2.11351