Main Article Content
Abstract
Background: Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) memiliki peran besar dalam membantu pemerintah daerah untuk membina generasi muda yang berkualitas, mandiri dan berakhlak. Sebagai upaya membangun SDM tersebut, AMM memiliki militansi dalam menjalankan program kegiatannya. Namun, kadang terkendala pada persoalan pendanaan AMM, sehingga perlu upaya untuk membangun pendanaan melalui kegiatan wirausaha. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas berwirausaha AMM secara mandiri dan menjalin jejaring usaha sebagai sumber anggaran jalannya program yang direncanakan. Metode: Kegiatan ini terlaksana dengan dukungan kerjasama antara berbagai Ortom AMM sebagai mitra, yaitu Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Pemuda Muhammadiyah (PM), dan Nasyiatul Aisyiyah (NA) di Kota Parepare dengan jumlah peserta 15 orang sesuai dari masing-masing AMM. Metode yang digunakan adalah diskusi, pelatihan dan pendampingan. Untuk mengukur jalannya program maka dilakukan pre-test dan post-test. Hasil: Hasil menunjukkan sebesar 13% peserta sudah memulai wirausaha, 70% peserta menyatakan memiliki pengetahuan wirausaha, dan 72% bergabung atau memiliki jaringan wirausaha di berbagai asosiasi atau komunitas preneurship. Hasil FGD menunjukkan beberapa peserta memiliki usaha namun tidak dikelola secara serius dan menjadikan usaha sebagai sampingan. Capaian dari hasil kegiatan pelatihan adalah peserta dapat mengimplementasikan bentuk promosi melalui instagram, diantaranya adalah penjualan grosir dan eceran busana muslimah dan askesoris Makunnrai Project dan penjualan irirsan daging serta kelengkapan barbeque produk BBQ Enrekang. Kesimpulan: Kegiatan pelatihan dan pendampingan dapat membangun pola pikir dan semangat berwirausaha. Mitra dapat memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi, serta menjadikan jaringan usaha muda sebagai wadah konsultasi dan tukar pikiran.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Anggraini, N. (2020). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. Pengaruh Penggunaan Pasta
- Labu Kuning (Cucurbita Moschata) Untuk Substitusi Tepung Terigu Dengan Penambahan Tepung Angkak
- Dalam Pembuatan Mie Kering, 1(2), 274–282.
- Arsyad, M. H. (2019). Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif
- Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa. Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 7(1), 13-30.
- Astrid, A. (2011). Pembelajaran Tata Bahasa Inggris secara komunikatif dengan penyajian induktif dan
- pengintegrasian keterampilan berbahasa: studi kasus di kelas Bahasa Inggris I di IAIN Raden Fatah
- Palembang. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 16(02), 175-208.
- Awalia, R. (2022). Pemikiran Ekonomi Ibnu Taimiyah. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi
- Islam, 10(1). doi.org/10.37812/aliqtishod.v10i1.308
- Dewi, S. H. (2019). Transformasi Model Pembelajaran Mata Kuliah Kewirausahaan Dengan Brainstorming Dan
- Pengalaman Belajar Langsung Bagi Mahasiswa Riana Rachmawati Dewi , Solichul Hadi Universitas Islam Batik
- Surakarta Semakin minimnya jumlah lapangan pekerjaan setiap tahun m. 3(1), 476–487.
- Edi, R. N. (2017). Pendekatan Komunikatif (Al Madkhol Al-Ittisholi) dalam pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Al Bayan UIN Raden Intan, 4(2), 74272.
- Hariyatno, H., Isanawikrama, I., Wimpertiwi, D., & Kurniawan, Y. J. (2018). Membaca Peluang Merakit
- “Uang” Dari Hobi Aquascape. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 2(2).
- Huda, S., & Kusumawati, D. (2019). Muhammadiyah Sebagai Gerakan Pendidikan. Tarlim : Jurnal Pendidikan
- Agama Islam, 2(2), 163. doi.org/10.32528/tarlim.v2i2.2607
- Hustia, A. (2021). Pelatihan Merubah Hobi Menjadi Peluang Berwirausaha Di Masa Pandemi Covid-19 Di
- Kelurahan Demang Lebar Daun Palembang Sumatera Selatan. LOGISTA-Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada
- Masyarakat, 5(2), 166-172.
- M, E. S., & Taufan, G. (2013). Pengembangan Jejaring Wirausaha dan Pembelajaran Eksploratif Sebagai Upaya
- Meningkatkan Kinerja Perekonomian Unit Usaha Kecil Menengah di Semarang Jejaring. 2013(November),
- –524.
- Merdeka.Com/17/4/2021. (n.d.). No Title. www.Merdeka.Com/Uang/Jumlah-Wirausaha-Indonesia-Jauh-Di-BawahMalaysia-Dan-Thailand.Html.
- Nurkholis, A., Damayanti, D., Samsugi, S., Fitratullah, M., Permatasari, B., Widodo, T., & Meilisa, L. (2021).
- Pelatihan Customer Service Untuk Tenaga Kependidikan Smkn 2 Kalianda. Journal of Social Sciences and
- Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 167-172.
- Purnami &, & Andyana. (2016). 253915-Pengaruh-Pendidikan-Kewirausahaan-Self-E-18441D7F. 5(2), 1160–1188.
- Rusydi, S. R. (2016). Peran Muhammadiyah Konsep pendidikan dan Tokoh. Tarbawi, Vol. 1(2), 139–148.
- Sari, I. P., Novitasari, A. T., & Miftah, Z. (2020). Efektivitas Pelatihan Membuat Media Pembelajaran
- Interaktif Dengan Macro Powerpoint Bagi Guru. Research and Development Journal of Education, 6(2), 31-
- Susilowati, E., & Taufan, G. (2013). Model Pengembangan Jejaring Wirausaha Dalam Upaya Meningkatkan
- Kinerja Perekonomian Unit Usaha Kecil Dan Menengah Di Semarang. Sustainable Competitive Advantage
- (SCA), 3(1).
- Türko, E. S. (2016). Business plan vs business model canvas in entrepreneurship trainings: A comparison of
- students’ perceptions. Asian Social Science, 12(10), 55–62. doi.org/10.5539/ass.v12n10p55
References
Anggraini, N. (2020). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. Pengaruh Penggunaan Pasta
Labu Kuning (Cucurbita Moschata) Untuk Substitusi Tepung Terigu Dengan Penambahan Tepung Angkak
Dalam Pembuatan Mie Kering, 1(2), 274–282.
Arsyad, M. H. (2019). Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif
Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa. Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 7(1), 13-30.
Astrid, A. (2011). Pembelajaran Tata Bahasa Inggris secara komunikatif dengan penyajian induktif dan
pengintegrasian keterampilan berbahasa: studi kasus di kelas Bahasa Inggris I di IAIN Raden Fatah
Palembang. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 16(02), 175-208.
Awalia, R. (2022). Pemikiran Ekonomi Ibnu Taimiyah. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi
Islam, 10(1). doi.org/10.37812/aliqtishod.v10i1.308
Dewi, S. H. (2019). Transformasi Model Pembelajaran Mata Kuliah Kewirausahaan Dengan Brainstorming Dan
Pengalaman Belajar Langsung Bagi Mahasiswa Riana Rachmawati Dewi , Solichul Hadi Universitas Islam Batik
Surakarta Semakin minimnya jumlah lapangan pekerjaan setiap tahun m. 3(1), 476–487.
Edi, R. N. (2017). Pendekatan Komunikatif (Al Madkhol Al-Ittisholi) dalam pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Al Bayan UIN Raden Intan, 4(2), 74272.
Hariyatno, H., Isanawikrama, I., Wimpertiwi, D., & Kurniawan, Y. J. (2018). Membaca Peluang Merakit
“Uang” Dari Hobi Aquascape. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 2(2).
Huda, S., & Kusumawati, D. (2019). Muhammadiyah Sebagai Gerakan Pendidikan. Tarlim : Jurnal Pendidikan
Agama Islam, 2(2), 163. doi.org/10.32528/tarlim.v2i2.2607
Hustia, A. (2021). Pelatihan Merubah Hobi Menjadi Peluang Berwirausaha Di Masa Pandemi Covid-19 Di
Kelurahan Demang Lebar Daun Palembang Sumatera Selatan. LOGISTA-Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada
Masyarakat, 5(2), 166-172.
M, E. S., & Taufan, G. (2013). Pengembangan Jejaring Wirausaha dan Pembelajaran Eksploratif Sebagai Upaya
Meningkatkan Kinerja Perekonomian Unit Usaha Kecil Menengah di Semarang Jejaring. 2013(November),
–524.
Merdeka.Com/17/4/2021. (n.d.). No Title. www.Merdeka.Com/Uang/Jumlah-Wirausaha-Indonesia-Jauh-Di-BawahMalaysia-Dan-Thailand.Html.
Nurkholis, A., Damayanti, D., Samsugi, S., Fitratullah, M., Permatasari, B., Widodo, T., & Meilisa, L. (2021).
Pelatihan Customer Service Untuk Tenaga Kependidikan Smkn 2 Kalianda. Journal of Social Sciences and
Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 167-172.
Purnami &, & Andyana. (2016). 253915-Pengaruh-Pendidikan-Kewirausahaan-Self-E-18441D7F. 5(2), 1160–1188.
Rusydi, S. R. (2016). Peran Muhammadiyah Konsep pendidikan dan Tokoh. Tarbawi, Vol. 1(2), 139–148.
Sari, I. P., Novitasari, A. T., & Miftah, Z. (2020). Efektivitas Pelatihan Membuat Media Pembelajaran
Interaktif Dengan Macro Powerpoint Bagi Guru. Research and Development Journal of Education, 6(2), 31-
Susilowati, E., & Taufan, G. (2013). Model Pengembangan Jejaring Wirausaha Dalam Upaya Meningkatkan
Kinerja Perekonomian Unit Usaha Kecil Dan Menengah Di Semarang. Sustainable Competitive Advantage
(SCA), 3(1).
Türko, E. S. (2016). Business plan vs business model canvas in entrepreneurship trainings: A comparison of
students’ perceptions. Asian Social Science, 12(10), 55–62. doi.org/10.5539/ass.v12n10p55