Main Article Content

Abstract

Background: Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) memiliki peran besar dalam membantu pemerintah daerah untuk membina generasi muda yang berkualitas, mandiri dan berakhlak. Sebagai upaya membangun SDM tersebut, AMM memiliki militansi dalam menjalankan program kegiatannya. Namun, kadang terkendala pada persoalan pendanaan AMM, sehingga perlu upaya untuk membangun pendanaan melalui kegiatan wirausaha. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas berwirausaha AMM secara mandiri dan menjalin jejaring usaha sebagai sumber anggaran jalannya program yang direncanakan. Metode: Kegiatan ini terlaksana dengan dukungan kerjasama antara berbagai Ortom AMM sebagai mitra, yaitu Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Pemuda Muhammadiyah (PM), dan Nasyiatul Aisyiyah (NA) di Kota Parepare dengan jumlah peserta 15 orang sesuai dari masing-masing AMM. Metode yang digunakan adalah diskusi, pelatihan dan pendampingan. Untuk mengukur jalannya program maka dilakukan pre-test dan post-test. Hasil: Hasil menunjukkan sebesar 13% peserta sudah memulai wirausaha, 70% peserta menyatakan memiliki pengetahuan wirausaha, dan 72% bergabung atau memiliki jaringan wirausaha di berbagai asosiasi atau komunitas preneurship. Hasil FGD menunjukkan beberapa peserta memiliki usaha namun tidak dikelola secara serius dan menjadikan usaha sebagai sampingan. Capaian dari hasil kegiatan pelatihan adalah peserta dapat mengimplementasikan bentuk promosi melalui instagram, diantaranya adalah penjualan grosir dan eceran busana muslimah dan askesoris Makunnrai Project dan penjualan irirsan daging serta kelengkapan barbeque produk BBQ Enrekang. Kesimpulan: Kegiatan pelatihan dan pendampingan dapat membangun pola pikir dan semangat berwirausaha. Mitra dapat memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi, serta menjadikan jaringan usaha muda sebagai wadah konsultasi dan tukar pikiran.

Keywords

entrepreneurial network Muhammadiyah young entrepreneur young generation of Muhammadiyah Angkatan Muda Jaringan Wirausaha Muhammadiyah Wirausaha Muda

Article Details

Author Biographies

Yadi Arodhiskara, Universitas Muhammadiyah Parepare

Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Parepare

Jumriani Jumriani, Universitas Muhammadiyah Parepare

2Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Parepare

Fajar Ladung, Universitas Muhammadiyah Parepare

Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Parepare

Suherman Suherman, Universitas Muhammadiyah Parepare

Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Universitas Muhammadiyah Parepare

How to Cite
Arodhiskara, Y., Jumriani, J., Ladung, F., & Suherman, S. (2023). Jaringan Wirausaha Muda Muhammadiyah Membangun Kemandirian Angkatan Muda Muhammadiyah. Jurnal SOLMA, 12(1), 1–8. https://doi.org/10.22236/solma.v12i1.9955

References

  1. Anggraini, N. (2020). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. Pengaruh Penggunaan Pasta
  2. Labu Kuning (Cucurbita Moschata) Untuk Substitusi Tepung Terigu Dengan Penambahan Tepung Angkak
  3. Dalam Pembuatan Mie Kering, 1(2), 274–282.
  4. Arsyad, M. H. (2019). Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif
  5. Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa. Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 7(1), 13-30.
  6. Astrid, A. (2011). Pembelajaran Tata Bahasa Inggris secara komunikatif dengan penyajian induktif dan
  7. pengintegrasian keterampilan berbahasa: studi kasus di kelas Bahasa Inggris I di IAIN Raden Fatah
  8. Palembang. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 16(02), 175-208.
  9. Awalia, R. (2022). Pemikiran Ekonomi Ibnu Taimiyah. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi
  10. Islam, 10(1). doi.org/10.37812/aliqtishod.v10i1.308
  11. Dewi, S. H. (2019). Transformasi Model Pembelajaran Mata Kuliah Kewirausahaan Dengan Brainstorming Dan
  12. Pengalaman Belajar Langsung Bagi Mahasiswa Riana Rachmawati Dewi , Solichul Hadi Universitas Islam Batik
  13. Surakarta Semakin minimnya jumlah lapangan pekerjaan setiap tahun m. 3(1), 476–487.
  14. Edi, R. N. (2017). Pendekatan Komunikatif (Al Madkhol Al-Ittisholi) dalam pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Al Bayan UIN Raden Intan, 4(2), 74272.
  15. Hariyatno, H., Isanawikrama, I., Wimpertiwi, D., & Kurniawan, Y. J. (2018). Membaca Peluang Merakit
  16. “Uang” Dari Hobi Aquascape. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 2(2).
  17. Huda, S., & Kusumawati, D. (2019). Muhammadiyah Sebagai Gerakan Pendidikan. Tarlim : Jurnal Pendidikan
  18. Agama Islam, 2(2), 163. doi.org/10.32528/tarlim.v2i2.2607
  19. Hustia, A. (2021). Pelatihan Merubah Hobi Menjadi Peluang Berwirausaha Di Masa Pandemi Covid-19 Di
  20. Kelurahan Demang Lebar Daun Palembang Sumatera Selatan. LOGISTA-Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada
  21. Masyarakat, 5(2), 166-172.
  22. M, E. S., & Taufan, G. (2013). Pengembangan Jejaring Wirausaha dan Pembelajaran Eksploratif Sebagai Upaya
  23. Meningkatkan Kinerja Perekonomian Unit Usaha Kecil Menengah di Semarang Jejaring. 2013(November),
  24. –524.
  25. Merdeka.Com/17/4/2021. (n.d.). No Title. www.Merdeka.Com/Uang/Jumlah-Wirausaha-Indonesia-Jauh-Di-BawahMalaysia-Dan-Thailand.Html.
  26. Nurkholis, A., Damayanti, D., Samsugi, S., Fitratullah, M., Permatasari, B., Widodo, T., & Meilisa, L. (2021).
  27. Pelatihan Customer Service Untuk Tenaga Kependidikan Smkn 2 Kalianda. Journal of Social Sciences and
  28. Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 167-172.
  29. Purnami &, & Andyana. (2016). 253915-Pengaruh-Pendidikan-Kewirausahaan-Self-E-18441D7F. 5(2), 1160–1188.
  30. Rusydi, S. R. (2016). Peran Muhammadiyah Konsep pendidikan dan Tokoh. Tarbawi, Vol. 1(2), 139–148.
  31. Sari, I. P., Novitasari, A. T., & Miftah, Z. (2020). Efektivitas Pelatihan Membuat Media Pembelajaran
  32. Interaktif Dengan Macro Powerpoint Bagi Guru. Research and Development Journal of Education, 6(2), 31-
  33. Susilowati, E., & Taufan, G. (2013). Model Pengembangan Jejaring Wirausaha Dalam Upaya Meningkatkan
  34. Kinerja Perekonomian Unit Usaha Kecil Dan Menengah Di Semarang. Sustainable Competitive Advantage
  35. (SCA), 3(1).
  36. Türko, E. S. (2016). Business plan vs business model canvas in entrepreneurship trainings: A comparison of
  37. students’ perceptions. Asian Social Science, 12(10), 55–62. doi.org/10.5539/ass.v12n10p55

Most read articles by the same author(s)