Main Article Content

Abstract

Background: Publikasi ilmiah sebagai proses lanjut dari keterampilan penulisan karya ilmiah merupakan tuntutan bagi guru dalam rangka pengembangan kompetensi profesionalnya. Perkembangan sistem publikasi ilmiah yang berbasis digital dan Open Journal System (OJS) tidak bisa dihindari dan harus dikuasai. Hasil survei awal terhadap guru bahasa Arab yang tergabung dalam MGMP bahasa Arab Provinsi Banten masih banyak yang belum memahami seluk beluk OJS. Berdasarkan hal ini, kegiatan pengabdian kepada mereka perlu dilaksanakan agar guru memperoleh pemahaman dan pelatihan bagaimana memanfaatkan OJS bagi publikasi hasil karya ilmiah mereka. Metode: Keikutsertaan para guru dilaksanakan dengan kegiata pelatihan dalam waktu satu hari. Metode yang digunakan adalah workshop dan pendampingan pengenalan OJS. Kegiatan workshop bertujuan untuk mengenalkan sistem publikasi karya ilmiah terbaru, kemudian didemonstrasikan bagaimana mengunggah karya ilmiah dalam suatu OJS. Hasil: Kegiatan pengabdian ini menghasilkan: 1) 85% guru memperoleh wawasan baru terkait sistem publikasi karya ilmiah berbasis OJS, 2) memberikan pendampingan dan pengalaman baru bagi guru dalam memanfaatkan OJS sebagai sistem manajemen publikasi karya ilmiah. Kesimpulan: Melalui workshop ini 85% guru-guru bahasa Arab di MGMP Bahasa Arab Provinsi Banten memiliki pemahaman dan keterampilan memanfaatkan OJS untuk menunjang publikasi karya ilmiah dan salam rangka mendorong peningkatan kompetensi profesional mereka.

Keywords

Artikel Ilmiah Kompetensi Guru Pelatihan Penulisan Sistem Open Journal Penulisan artikel ilmiah, Kompetensi profesi guru, open journal system.

Article Details

How to Cite
Setiadi, S., Fatwa Arifah, Andri Ilham, & Puti Zulharby. (2022). Pelatihan Teknik Penulisan Artikel Ilmiah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesi Guru Bahasa Arab Berbasis Open Journal System: Scientific Article Writing Techniques Training in Improving the Professional Competence of Arabic Language Teachers Based on the Open Journal System. Jurnal SOLMA, 11(2), 265–274. https://doi.org/10.22236/solma.v11i2.9671

References

    Amalia, F., Kurniawan, T. A., Rahayudi, B., & Brata, A. H. (2019). Peningkatan Kapasitas Teknik Penulisan Jurnal Ilmiah pada Guru Sekolah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 5(3), 318. https://doi.org/10.22146/jpkm.42482
    Ascheron, C., & Kickuth, A. (2005). Make Your Mark in Science. Creativity, Presenting, Publishing, and Patents. A Guide for Young Scientists. 82(9), 37996.
    Csikszentmihalyi, M. (1996). Creativity: Flow and the Psychology of Discovery and Invention. Harper/Collins.
    Istamaji. (2013). Problem kenaikan pangkat guru. https://lampung.kemenag.go.id/files/lampung/file/file/ARTIKEL/fhsx1429244551.pdf
    Menjiplak, 8.729 Guru Gagal Naik Pangkat. (n.d.). Retrieved February 27, 2022, from https://edukasi.okezone.com/read/2015/08/28/65/1204273/menjiplak-8-729-guru-gagal-naik-pangkat
    Nurkanti, M., Halimah, M., & Nurdiani, N. (2016). Portraying Teachers' Academic Writing Ability as the First Step to Sustainable Teachers' Professionalism Development. ... University Learning and ..., 1409–1414. https://core.ac.uk/download/pdf/230270945.pdf
    Reis, S. R. N., & Reis, A. I. (2013). How to write your first scientific paper. Proceedings of the 3rd Interdisciplinary Engineering Design Education Conference, IEDEC 2013, May, 181–186. https://doi.org/10.1109/IEDEC.2013.6526784
    Wahira, W. (2016). Kebutuhan Pengembangan Kompetensi Profesional Melalui Pelatihan Penulisan Jurnal Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Penelitian Pendidikan Insani. http://eprints.unm.ac.id/10555/