Main Article Content
Abstract
Background: Sekarang ini, guru dituntut untuk dapat melaksanakan kegiatan publikasi ilmiah. Publikasi ilmiah ini dapat membantu guru dalam mengembangkan profesinya. Tujuan kegiatan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam publikasi ilmiah dalam bentuk presentasi forum ilmiah. Metode: Mitra dalam kegiatan adalah SD 5 Karangbener dan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ada 11 orang. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, dan praktik. Teknik pengambilan data menggunkan observasi. Hasil:Pemahaman guru terhadap pengertian publikasi ilmiah dalam bentuk forum ilmiah naik 45,4%. Keterampilan guru dalam merancang pendahuluan naik 18,2%, Keterampilan guru dalam merancang metode penelitian naik 36,4%, dan Keterampilan guru dalam merancang hasil dan pembahasan naik 36,49%. Kesimpulan:Pelatihan Publikasi Ilmiah Dalam Bentuk Presentasi Forum Ilmiah Pada Guru di SD 5 Karangbener adalah meningkat pengetahuan dan keterampilan dalam merancang maupun menyusun artikel presentasi forum ilmiah.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Ertinawati, Y., Nurjamilah, A. S., & Kartadireja, W. N. (2018). ITGbM Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Kelompok Guru Kompleks SD Negeri Pasirpanjang (SD Pagersari, SDN Pasirpanjang 2, SDN Pasirpanjang 3) Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 4(1), 102–106.
- Fakhriyah, F., Wanabuliandari, S., & Ardianti, S. (2016). Pendampingan Pemanfaatan Sampah Plastik dan Kertas Untuk Media Pembelajaran Inovatif Bagi Guru di SDN 5 Bae, Kudus. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 48–55. https://doi.org/10.30653/002.201611.8
- Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
- Handayani, S. L., & Dewi, T. U. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 70 – 77.
- Idrus, A., Setiyadi, B., Pratama, R., & Jambi, U. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 71–77. https://doi.org/10.31949/jb.v3i1.1803
- Jana, P., & Pamungkas, B. (2018). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru SD Negeri Guwosari. Abdimas Dewantara, 1(1), 39–46.
- Salamah, I., Lindawati, A., & Kusumanto, R. D. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru-Guru SD Negeri 130 Palembang dalam Menyajikan Presentasi Atraktif Melalui Pelatihan Microsoft Power Point. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 52 – 62. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.2197
- Setiawan, A., Mujianto, G., & In’am, A. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Guru Smk Muhammadiyah 5 Kepanjen, Kabupaten Malang. Jurnal Abdimas Bela Negara, 3(1), 36–46. https://doi.org/10.33005/jabn.v3i1.91
- Setiawan, M. A., & Trisnawati, A. (2018). Pelatihan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru Smk Al-Inabah Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(1), 18–21. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i1.558
- Setiawan, W., & Mulyani, T. (2014). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas/Sederajad di Kecamatan Mijen Kota Semarang. Artikel Pengabdian Universitas Semarang.
- Wanabuliandari, S., Fakhriyah, F., & Ardianti, S. D. (2020). PTK Assistance for Teachers in SD 1 Tumpang Krasak with Participant Active Learning Techniques. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 209–214.
- Wanabuliandari, S., & Ristiyani, R. (2019). Program Hypnomathematics melalui Kata - Kata Positif untuk Guru SD 4 Bae, Kudus. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(3), 249–254. https://doi.org/10.30653/002.201943.150
- Widagdo, A., & Susilo, S. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru Sd Di Kecamatan Kendal. Abdimas Unwahas, 3(3), 25–29. https://doi.org/10.31942/abd.v3i1.2234
References
Ertinawati, Y., Nurjamilah, A. S., & Kartadireja, W. N. (2018). ITGbM Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Kelompok Guru Kompleks SD Negeri Pasirpanjang (SD Pagersari, SDN Pasirpanjang 2, SDN Pasirpanjang 3) Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Siliwangi, 4(1), 102–106.
Fakhriyah, F., Wanabuliandari, S., & Ardianti, S. (2016). Pendampingan Pemanfaatan Sampah Plastik dan Kertas Untuk Media Pembelajaran Inovatif Bagi Guru di SDN 5 Bae, Kudus. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 48–55. https://doi.org/10.30653/002.201611.8
Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Handayani, S. L., & Dewi, T. U. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 70 – 77.
Idrus, A., Setiyadi, B., Pratama, R., & Jambi, U. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 71–77. https://doi.org/10.31949/jb.v3i1.1803
Jana, P., & Pamungkas, B. (2018). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru SD Negeri Guwosari. Abdimas Dewantara, 1(1), 39–46.
Salamah, I., Lindawati, A., & Kusumanto, R. D. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru-Guru SD Negeri 130 Palembang dalam Menyajikan Presentasi Atraktif Melalui Pelatihan Microsoft Power Point. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 52 – 62. https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.2197
Setiawan, A., Mujianto, G., & In’am, A. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Guru Smk Muhammadiyah 5 Kepanjen, Kabupaten Malang. Jurnal Abdimas Bela Negara, 3(1), 36–46. https://doi.org/10.33005/jabn.v3i1.91
Setiawan, M. A., & Trisnawati, A. (2018). Pelatihan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru Smk Al-Inabah Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2(1), 18–21. https://doi.org/10.31764/jpmb.v2i1.558
Setiawan, W., & Mulyani, T. (2014). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas/Sederajad di Kecamatan Mijen Kota Semarang. Artikel Pengabdian Universitas Semarang.
Wanabuliandari, S., Fakhriyah, F., & Ardianti, S. D. (2020). PTK Assistance for Teachers in SD 1 Tumpang Krasak with Participant Active Learning Techniques. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 209–214.
Wanabuliandari, S., & Ristiyani, R. (2019). Program Hypnomathematics melalui Kata - Kata Positif untuk Guru SD 4 Bae, Kudus. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(3), 249–254. https://doi.org/10.30653/002.201943.150
Widagdo, A., & Susilo, S. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru Sd Di Kecamatan Kendal. Abdimas Unwahas, 3(3), 25–29. https://doi.org/10.31942/abd.v3i1.2234