Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Penguatan pendidikan karakter di Indonesia mengalami beberapa kendala, salah satunya penurunan self responsibility siswa. Self responsibility penting untuk dikembangkan karena dalam masa pandemi masih  banyak  siswa yang tidak bertanggung jawab terhadap kewajibannya. Tujuan dari kegiatan ini adalah menghasilkan “ARA Berkelana” Application of Responsibilty Assessment Berbasis Keunggulan Lokal PANTURA sebagai alat assessment self responsibility untuk pelatihan bagi Guru SD 5 Bae. Metode: Metode yang digunakan, yaitu kualitatif yang dimulai dari tahap analisis kebutuhan awal, perancangan, dan pengembangan aplikasi serta evaluasi. Evaluasi kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan teknik non tes meliputi teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Hasil: Hasilnya, tersedianya “ARA Berkelana” Application of Responsibility Assessment Berbasis Keunggulan Lokal PANTURA sebagai alat assessment self responsibility untuk pelatihan bagi Guru SD 5 Bae. Kesimpulan: Pengembangan aplikasi assessment untuk mengukur self responsibility siswa disusun sesuai dengan kebutuhan pengguna dan indikator self responsibility. ARA Berkelana dikembangkan dengan mengintegrasikan keunggulan lokal PANTURA sebagai alat assessment self responsibility untuk pelatihan guru SD 5 Bae.

Keywords

ARA Berkelana Assessment Keunggulan Lokal PANTURA Self Responsibility

Article Details

How to Cite
Sekar Dwi Ardianti, Savitri Wanabuliandari, & Fajar Nugraha. (2023). Pengembangan “ARA Berkelana” Sebagai Alat Assessment Responsibilty Berbasis Keunggulan Lokal PANTURA Untuk Pelatihan Guru SD 5 Bae. Jurnal SOLMA, 12(2). https://doi.org/10.22236/solma.v12i2.12476

References

  1. Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. In SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga (Pertama). SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
  2. Aisyah, A., Nusantoro, E., & Kurniawan, K. (2014). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar melalui Layanan Penguasaan Konten. Indonesian Journal Of Guidance And Counseling: Theory And Application, 3(3), 44–50. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
  3. Donald, A., Luchy, C. J., Asghar, R., & Arief, F. (2011). Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan (4th ed.). Pustaka Pelajar.
  4. Hassandra, M., & Goudas, M. (2010). An Evaluation of A Physical Education Prigram for The Development of Students’ Responsibility. Hellenic Journal of Psychology, 7(2), 275–297.
  5. Latifah, L., & Azzahra, S. S. (2022). Penggunaan Instrumen Asesmen Literasi Bermuatan Karakter dengan Menggunakan Metode Link and Match Pada Mahasiswa Ikip Siliwangi. Semantik, 11(2), 215–228. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i2.p215-228
  6. Lickona, T. (2012). Educating for Character: How our Schools can Teach Respect and Responsibility (1st ed.). New York Bantam Bo.
  7. Maier, R. (2019). Self-Responsibility: Transformations. American Behavioral Scientist, 63(1), 27–42. https://doi.org/10.1177/0002764218816802
  8. Mergler, A., Spencer, F. H., & Patton, W. (2008). Personal Responsibility: The creation, implementation and evaluation of a School-Based Program. The Journal of Student Wellbeing, 2(1), 35–51. https://doi.org/10.21913/jsw.v2i1.167
  9. Nana Sutarna. (2011). Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Dalam Perspektif Islam. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 1(1), 1–4.
  10. Rinaldi, S. F., & Mujianto, B. (2017). Metodologi Penelitian dan Statistik (Pertama, Vol. 148). Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
  11. Sholichah, A. S. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dalam Tinjauan Neurosains. JECIES: Journal of Early Childhood Islamic Education Study, 1(1), 01–14. https://doi.org/10.33853/jecies.v1i1.51
  12. Sukiati. (2016). Metodologi Penelitian Sebuah Pengantar. In CV. Manhaji (Pertama). CV. Manhaji.
  13. Surahman, Rachmat, M., & Supardi, S. (2016). Metodologi Penelitian (Pertama). Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
  14. Turnip, T. N., Manik, P. O., Tampubolon, J. H., & Siahaan, P. A. P. (2020). Klasifikasi Aplikasi Android menggunakan Algoritme K-Means dan Convolutional Neural Network berdasarkan Permission. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 7(2), 399–406. https://doi.org/10.25126/jtiik.2020702641
  15. Yuliyanto, A., Fadriyah, A., Yeli, K. P., & Wulandari, H. (2018). Pendekatan Saintifik untuk Mengembangkan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 13(2), 87–98. https://doi.org/10.17509/md.v13i2.9307

Most read articles by the same author(s)