Main Article Content

Abstract

Background: Permasalahan wanita yang bekerja sebagai tukang suun ini biasanya adalah mengangkat beban antara 75–100 kg secara manual yang dapat meningkatkan risiko kelelahan kerja, disisi lain sebagai pekerja informal wanita tukang suun kurang memiliki pengetahuan dan informasi tentang kesehatan. Pendidikan Kesehatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan wanita tukang suun mengenai upaya pencegahan kelelahan kerja. Metode: Metode yang paling sederhana namun mendasar untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat adalah penyuluhan atau pendidikan kesehatan. Penyuluhan kesehatan menjadi sangat penting sebagai dasar untuk mengubah pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan. Hasil: Terdapat peningkatan pengetahuan menjadi 75% setelah dilakukan penyuluhan, yang sebelumnya hanya 15% Wanita Tukang Suun saja yang mengetahui tentang kelelahan kerja dan hasil obeservasi juga menunjukkan hasil bahwa wanita tukang suun yang telah memperoleh pendidikan kesehatan mulai memperhatikan perilaku kerja dalam mengangkut beban. Kesimpulan: Pendidikan kesehatan melalui video edukasi ini cukup efektif untuk meningkatkan pengetahuan wanita tukang suun. Peningkatan pengetahuan wanita tukang suun selalin ditunjukkan melalui perbedaan nilai pretest dan posttest juga dapat diobeservasi secara langsung, dimana setelah memperoleh pendidikan kesehatan wanita tukang suun mulai memperhatikan perilaku kerja dalam mengangkut beban.

Keywords

Kelelahan kerja wanita tukang suun pendidikan kesehatan Kelelahan kerja Pendidikan kesehatan Wanita tukang suun

Article Details

How to Cite
Dewi, P. R. S., Ni Putu Eka Febianingsih, & Ni Putu Ayu Wulan Noviyanti. (2022). Pencegahan Kelelahan Kerja Pada Wanita Tukang Suun Di Kawasan Heritage Pasar Badung. Jurnal SOLMA, 11(2), 418–424. https://doi.org/10.22236/solma.v11i2.9477

References

  1. Andriany, P. N. (2016). Perbandingan efektifitas media penyuluhan poster dan kartun animasi terhadap pengetahuankesehatan gigi dan mulut (Studi pada Siswa/i Kelas V SDN 24 Kota Banda Aceh). Journal of Syiah Kuala Dentistry Society, 65-72.
  2. Cahyani, W. (2015). Hubungan Antara Beban Kerja dengan Kelelahan Kerja Pada Pekerja Buruh Angkut. Pena Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi , 19. http://dx.doi.org/10.31941/jurnalpena.v19i2.21
  3. Donsu, J. D. (2017). PsikologiKeperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
  4. Eraliesa, F. (2009). Hubungan Faktor Individu Dengan Kelelahan Kerja Pada Tenaga Kerja Bongkar Muat Di Pelabuhan Tapaktuan Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2008. Medan: Universitas Sumatera Utara.
  5. Floreska, A. P. (2014). Pengaruh Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Terhadap Perilaku Pencegahan Penyakit Fibroadenoma Mammae Di Ma Sabilul Muttaqin Trimulyo Demak. Seminar Nasional dan Internasional. Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang.
  6. Imran, F. (2017). Pengaruh penyuluhan kesehatan melalui media video terhadap peningkatan pengetahuan remaja putri tentang dampak abortus provokatus kriminalis di kelas X SMAN 2 Gowa. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
  7. Maulana, H. (2012). Promosi Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
  8. Mubarak, S. (2006). Ilmu Keperawatan Komunitas. Jakarta: Salemba Medika.
  9. Notoadmojo, S. (2005). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
  10. Sudjana, D. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
  11. Suliha, U. H. (2002). Pendidikan Kesehatan dalam Keperawatan. Jakarta: EGC.
  12. Suma'mur, P. (1997). Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: PT. Gunung Agung.
  13. Yanti, N. (2014). Keluhan Kesehatan dan Gangguan Muskuloskeletal Pada Pekerja Tukang Suun di Pasar Badung Tahun 2013. Community Health Journal, 85-95.
  14. Ybarra, M. L. (2007). Health Information Seeking Among Mbararan Adolescents Results From The Uganda Media and You Survey. Health Educ. Res, 249-258. https://doi.org/10.1093/her/cym026
  15. Yogisutanti, G. (2019). Pencegahan Kelelahan Kerja dan Stres Kerja pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Desa Babakan Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21-31.

Most read articles by the same author(s)