Main Article Content

Abstract

Background: Berkembanganya IPTEK dan didukung oleh Era revolusi industri 4.0, dimanfaatkan oleh peserta didik untuk memudahkan memperoleh ilmu pengetahuan dan informasi dari media cetak maupun elektronik. Berdasarkan hal tersebut, kondisi ini menjadi tantangan baru seorang pendidik untuk memberikan pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Tujuan penelitian ini, memberikan informasi berupa prosedur dan langkah-langkah menghasilkan suatu buku digital demi menunjang kegiatan pembelajaran bagi pendidik dan peserta didik di jenjang SMK. Metode: metode yang digunakan pendekatan kebutuhan pengguna, yaitu pemberian pelatihan (workshop). Adapun, langkah-langkah dalam kegiatan, yaitu: (1) Penentuan lokasi mitra, (2) penentuan peserta pelatihan, (3) menggali informasi data awal, (4) menyusun materi  pelatihan, (5) mencetak materi latihan (6) merencanakan jadwal dan ruang pelatihan, (7)  pelaksanaan pelatihan, (8) mengevaluasi pelatihan, (9) mencetak sertifikat yang akan dibagikan serta (10) menyusun laporan akhir pelatihan.. Hasil: guru di SMK Elanus mampu menghasilkan e-book ajar yang baik. Dibuktikan dengan adanya 18 e-book yang terkumpul dan peserta sangat berterima kasih dengan pelatihan yang sudah dilaksanakan Kesimpulan: Pelatihan ini membawa pengaruh positif dan keterampilan yang baik dari para guru di SMK Elanus Ruteng.

Keywords

Flipbook Media Pembelajaran Pelatihan

Article Details

How to Cite
Angela Klaudia Danu, Handrianus Dwianot Momang, Priska Filomena Iku, & Petrus Sii. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Flipbook Bagi Guru Di SMK Elanus Ruteng Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal SOLMA, 11(3), 644–653. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.9167

References

  1. Afwan, B., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2020). The development of digital flipbook media based on the 5 hours battle of Kalianda upon high school history materials. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI- Journal), 3(2), 1003-1012. Doi https://doi.org/10.33258/birci.v3i2.930.
  2. Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan media pembelajaran flipbook digital guna menunjang proses pembelajaran di era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 37-44. Doi http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300.
  3. Aminoto, T. dan Pathoni, H. 2014. Penerapan Media E-learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika. Vol.8(1): 13-29.
  4. Aschbrenner, K. A., Naslund, J. A., Tomlinson, E. F., Kinney, A., Pratt, S. I., & Brunette, M. F. (2019). Adolescents’ use of digital technologies and preferences for mobile health coaching in public mental health settings. Frontiers in Public Health,7(JUL), 1–9. https://doi.org/10.3389/fpubh.2019.00178.
  5. Atmadja, O.S., Karnadi, H., & Renaningtyas, L. (2015). Perancangan Buku Digital Panduan Perjalanan Wisata Pengendara Sepeda Motor di Pulau Madura. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, 1 (6), 1-12.
  6. Azhar Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  7. Bakar, M. A., Muktar, M., & Khalid, F. (2019). The development of visual output approach for programming via the application of cognitive load theory and constructivism. International Journalof Advanced Computer Science and Applications (IJACSA), 10(110), 305–312. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/fdd1/9052ddcff93813a87abf1c24cc11e4dd08bb.pdf.
  8. Depdiknas. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan.
  9. Divayana, D.G.H., Suyasa, P.W.A., & Sugihartini, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Matakuliah Kurikulum dan Pengajaran di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 5 (3), 149-157.
  10. Hidayatullah, M.S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Book Maker Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5 (1), 83-88.
  11. Khairini, Ridha & Yogica, Relsas. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Android Packaging Kit (APK) pada Materi Virus. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5 (3), 406-413. DOI prefix 10.23887/jppp. file:///C:/Users/Angela/Downloads/gautama,+14.+JPPP+VOL+5+NO+3+Ridha+Khairini+406-413.pdf.
  12. Mulyaningsih, N.N., & Saraswati, D.L. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Fisika, 5 (1), 25-32.
  13. Nafi’ah, U., Suprapta, B., & Wijaya, D. N. (2018). Building the student’s autonomous learning through development of learning resource based on flipbook on the material of tantri relief. International Conference on Social Knowledge Sciences and Education, 320. 82-86.
  14. Nunuk, S. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  15. Nurchaili. (2016). Menumbuhkan Budaya Literasi Melalui Buku Digital. LIBRIA, 8 (2), 197-209.
  16. Prasetyono, R. N. & Hariyono, R C. S. (2020). Development of flipbook using web learning to improve logical thinking ability in logic gate. International Journal of Advanced Computer Science and Applications (IJACSA), 11(1), 342-348. Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/eed9/97bd16fcb06187232c3e36e727f1d3d809d2.pdf.
  17. Rahmawati, Desi., Wahyuni, Sri., &Yushardi. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Pada Materi Gerak Bemda di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6 (4), 326-332. https://core.ac.uk/download/pdf/291838142.pdf.
  18. Rasiman. (2014). Efektivitas ResourceBased Learning Berbantuan Flip Book Maker dalam Pembelajaran Matematika SMA. Jurnal Karya Pendidikan Matematika .Vol. 1(2): 34-41.
  19. Saini, Ridwan Abdullah. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Depok:PT. Raja Grafindo Persada.
  20. Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. Modul virtual: Multimedia flipbook dasar teknik digital. Innovation of Vocational Technology Education,9(2), 101–116. Doi https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860.
  21. Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual dalam Meningkatkan Minat, Motivasi, dan Hasil Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204.
  22. Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
  23. Wulandari, F. (2020). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 3(2), 105. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2158.
  24. Yusnimar, 2014. E-Book dan Pengguna Perpustakaan Perpendidikan Tinggi di Jakarta. Al- Maktabah, 13 (1), 34-3.

Most read articles by the same author(s)