Main Article Content

Abstract

Background: Ubud Homestay Association (UHSA) adalah salah satu asosiasi pengelola homestay di Kawasan Wisata Ubud, Gianyar. Dalam pengendalian penyebaran Covid-19 di kawasan wisata, UHSA sudah menerapkan program Clean, Health, Safety & Environment (CHSE), namun dari hasil verifikasi yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar menunjukan data yang kurang memuaskan sehingga perlu untuk difasilitasi dalam bentuk kegiatan pengabdian masyarakat. Metode: Kegiatan ini dilakukan dengan pemberian penyuluhan kesehatan tentang Covid-19, pendampingan dan simulasi manajemen pelayanan tamu di masa pandemi, serta pengadaan sarana pendukung prokes Covid-19. Hasil: Dari 20 pengelola homestay yang terdaftar sebagai anggota UHSA, ditemukan hanya 8 (40%) memiliki pengetahuan tinggi terkait Covid-19, 5 (25%) pengelola yang sudah menerapkan prokes Covid-19 dalam pelayanan tamu serta hanya 6 (30%) menyediakan sarana pendukung prokes Covid-19. Setelah kegiatan ini dilaksanakan yaitu terjadi peningkatan pengetahuan tentang Covid-19 sebesar 90%, terjadi peningkatan manajemen pelayanan tamu di masa pandemi sebesar 90% dan terjadi peningkatan penyediaan sarana pendukung prokes sebesar 100%. Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada indikator CHSE yaitu pengetahuan pengelola, pelayanan tamu di masa pandemi dan kelengkapan sarana pendukung prokes Covid-19. Dengan peningkatan indikator CHSE tersebut diharapkan dapat mencegah penyebaran Covid-19 di kawasan wisata khususnya pada tempat menginap seperti homestay

Keywords

Covid-19 pandemic Ubud tourism area Homestay manager Guest service management Health education

Article Details

How to Cite
Purnawan, I. N., & , N. L. C. P. S. S. (2021). PKM Pelatihan Protokol Kesehatan Covid-19 pada Pengelola Homestay di Kawasan Wisata Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Jurnal SOLMA, 10(3), 594–602. https://doi.org/10.22236/solma.v10i3.8056

References

  1. BPS Prov. Bali. (2019). Bali Dalam Angka. Bali: Badan Pusat Statistik Provinsi Bali
  2. Candraning, Diyanah. (2021). Peningkatan pengetahuan tentang pencegahan Covid-19 pada Masyarakat dengan program webinar. Jurnal Layanan MasyaraBPS Prov. Bali. (2019). Bali Dalam Angka. Bali: Badan Pusat Statistik Provinsi Bali
  3. Candraning, Diyanah. (2021). Peningkatan pengetahuan tentang pencegahan Covid-19 pada Masyarakat dengan program webinar. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Service), vol 5 no 1 Tahun 2021, halaman 103-110
  4. Diana, Hasmiwati. (2018). Upaya peningkatan kualitas pelayanan dan fasilitas untuk meningkatkan kepuasan tamu di fizz hotel Lombok. Mataram: Universitas Mataram
  5. Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar. (2020). Verifikasi dan Sertifikasi Protokol Kesehatan Covid-19. Gianyar: Pemerintah Kabupaten Gianyar
  6. Dinas Pariwisata Provinsi Bali. 2020. Data Kunjungan Wisatawan Bali 2020. Bali: Pemerintah Provinsi Bali
  7. Faulin, Farah. (2021). Penyuluhan program vaksinasi Covid-19 pada mayarakat Desa pakistaji. Jurnal BUDIMAS (ISSN:2715-8926) Vol. 03, No. 02, 2021Kemenkes RI. (2020c). Pedoman dan Pencegahan Coronavirus (COVID- 19). Jakarta: Kementrian Kesehatan RI. https://doi.org/10.33654/math.v4i0.299
  8. Jaji. (2020). Effect of health education with leaflet mediatoward citizens Knowledgein prevention of covid 19 transmission. Palembang: Universitas Sriwijaya
  9. Kementrian Kesehatan RI. (2020). Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020. Jakarta: Kemenkes RI. Diakses pada tanggal 2 Oktober 2020 dari https://covid19.go.id/p/regulasi/keputusan-menteri-kesehatan-nomor-hk0107menkes3822020
  10. Kemenkes RI. (2020c). Pedoman dan Pencegahan Coronavirus (COVID- 19). Jakarta: Kementrian Kesehatan RI. https://doi.org/10.33654/math.v4i0.299
  11. Kartika Sari, R. (2021). Identifikasi Penyebab Ketidakpatuhan Warga Terhadap Penerapan Protokol Kesehatan 3M Di Masa Pandemi COVID-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 6, 1–11.
  12. Purnama S., Widya. (2019). Hubungan penyediaan sarana kesling dengan risiko kesehatan wisatawan pada restoran di Pantai Kedonganan, Bali. Denpasar: Universitas Udayana
  13. Rizqi, Rahmasari. (2021). Kualitas pelayanan breakfast pada saat pandemi covid-19 di royal hotel n' lounge jember. Jember: Universitas Muhammadiyah Jember
  14. Sasongko, A. (2009). Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat. Depok : FKM UI
  15. Satgas Covid-19. 2020. Peta Risiko sebaran Covid-19 di Indonesia. Jakarta: Satgas Covid-19. Diakses pada tanggal 2 Oktober 2020 dari https://covid19.go.id/peta-risiko
  16. UHSA. (2020). Ubud Homestay Association Gianyar Luncurkan Program Clean & Safe Stay. Gianyar: Ubud Homestay Association. Diakses pada tanggal 7 Oktober 2020 dari https://lintasbali.com/ubud-homestay-association-gianyar-luncurkan-program-clean-safe-stay/2020/
  17. Yeni, Nuriati. (2021). Persepsi karyawan terhadap ketersediaan fasilitas dan sarana Penanganan Covid-19 di tempat kerja berhubungan dengan kepatuhan Protokol kesehatan. JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT (e-Journal) Volume 9, Nomor 4, Juli 2021 ISSN: 2715-5617 / e-ISSN: 2356-3346
  18. Zahrotunnimah Z. (2020). Langkah Taktis Pemerintah Daerah Dalam Pencegahan Penyebaran Virus Corona Covid-19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i. 2020;7(3):247-260
  19. kat (Journal of Public Service), vol 5 no 1 Tahun 2021, halaman 103-110