Main Article Content

Abstract

Background: Kemampuan guru yang belum optimal dalam mengaplikasikan toolbar yang ada pada Microsoft Word seperti menggunakan tool table of content, serta menghubungkan Microsoft Word dengan aplikasi lain sebagai pendukung menjadi latar belakang kegiatan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru dalam mengoptimalkan penggunaan toolbar di Microsoft Word sehingga membantu mempermudah guru dalam menyusun perangkat pembelajaran. Metode: Kegiatan pelatihan optimalisasi penggunaan Microsoft Word ini dilaksanakan di SMAN Titian Teras, Provinsi Jambi. Pelatihan Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 40 orang peserta dan 5 orang tim dosen sebagai fasilitator serta 2 mahasiswa. Metode yang digunakan pada pelatihan ini yaitu penyampaian materi metode kooperatif, ceramah, tanya jawab, diskusi, praktik dan penugasan. Hasil: Kegiatan pelatihan program Microsoft Word mendapatkan respon yang baik dari peserta pelatihan. Hal ini karena pelatihan selama kegiatan berlangsung, peserta workshop mengikuti dengan antusias dan mampu melaksanakan kegiatan praktik dan penugasan dengan baik. Program Microsoft Word bermanfaat untuk para guru dalam menyelesaikan berbagai tugas administrasi dan menyusun perangkat pembelajaran menggunakan Microsoft Word. Kesimpulan: Kegiatan pengabdian ini berhasil dan membawa efek positif sehingga membuat para guru memahami materi tentang toolbar Microsoft Word.

Keywords

Microsoft Word Optimal Toolbar

Article Details

How to Cite
Wicaksana, E. J., Aprizal Lukman, Jodion Siburian, Ali Sadikin, & Desfaur Natalia. (2022). Pelatihan Microsoft Word untuk Meningkatkan Keterampilan Guru SMA dalam Mengoptimalkan Penggunaan Toolbar. Jurnal SOLMA, 11(1), 132-139. https://doi.org/10.22236/solma.v11i1.7938

References

  1. Aditama, P. W., Indrawan, I. G. A., Wiguna, I. K. A. G., & Atmaja, K. J. (2021). Pelatihan Penggunaan Microsoft Office Dan Email Untuk Administrasi Surat Menyurat Di Dinas Perhubungan Provinsi Bali. Jurnal Widya Laksmi, 1(1), 37–42.
  2. Agustiana, I. G. A. T., Tika, I. N., & Wibawa, I. M. C. (2018). Pelatihan Membuat Daftar Isi dan Daftar Pustaka dengan Sekali Klik Berbantuan Mendeley Bagi Para Dosen PTS dalam Menyusun Artikel dan Laporan Penelitian Se-Kabupaten Buleleng. International Journal of Community Service Learning, 2(2), 116–123. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v2i2.15540
  3. Agustina, R., Suprianto, D., & Rosalin, S. (2019). Pelatihan Internet Dan Program Microsoft Office Untuk Membantu Administrasi Di Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 129. https://doi.org/10.24198/kumawula.v2i2.23473
  4. Ahadia, N., Zulmuhibban, M., Aulia, C., Claudia, N., Apriyani, N., Widiawati, R., Anggreni, W., Ningsiati, Y., & Mertha, I. G. (2021). Pengenalan dan Pengaplikasian Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint di SMA Negeri 1 Praya Tengah. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1), 2–5. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i1.601
  5. Alfina, O., Siregar, E. T., & Rahmadani, S. (2021). Pelatihan Penggunaan Table Of Contents (TOC) Dan Heading Style Untuk Membuat Daftar Isi Makalah Secara Otomatis Di SMK Pab 8 Sampali. … Jurnal Pengabdian Kepada …, 52–55.
  6. Astawa, N. L. P. S. P. (2019). Buku Cerita Fabel Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 4(2), 126–143.
  7. Busro, B., & Husnul, Q. (2018). Optimalisasi Tools Untuk Menulis: Cara Mudah Menguasai Ms. Word dan Mendeley. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://doi.org/10.31227/osf.io/a3zmc
  8. Nadlifatin, R., Febriana, A., & Hendira, A. (2019). Bamoe Edukasi Untuk Sekolah Al-Qorrobiyah Desa Sendang Dajah. Jurnal Abdikarya: Jurnal Karya Pengabdian Dosen Dan Mahasiswa, 03(04), 332–339.
  9. Nirsal. (2011). Penggunaan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Mahasiswa Dalam Belajar Microsoft Word 2003 di Kelas X SMA Negeri 2 Palopo. Jurnal Ilmiah d’ComPutarE, 1(1), 34–43.
  10. Permana, R. S. M., & Mahameruaji, J. N. (2019). Strategi Pemanfaatan Media Baru Net. Tv. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 23(1), 21. https://doi.org/10.31445/jskm.2019.1770
  11. Purnomo, C. hadi. (2011). Panduan belajar Otodidak Microsoft Office. Mediakita.
  12. Rosyidah, M., Marhaini, M., Sary, R. K., Ardianto, F., & Apriani, Y. (2019). Pelatihan Penggunaan Microsoft Office Bagi Guru SMP Al-Hamidiyah Palembang. Jurnal Abdimas Madani Dan Lestari (JAMALI), 1(2), 70–78. https://doi.org/10.20885/jamali.vol1.iss2.art3
  13. Sari, R., Fitriyani, A., & Prabandari, R. D. (2020). Optimalisasi Penggunaan MS. Word dan MS. Excel Pada Siswa SMP PGRI Astra Insani Bekasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 3(2), 95–104. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v3i2.184
  14. Setyawan, E. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Kata Word 2007 Untuk Menyajikan Informasi Melalui Metode Simulasi Pada Siswa Kelas Viii B Semester 1 Smp Negeri 7 Sukoharjo Tahun 2017/2018. Jurnal Ilmiah Edunomika, 2(01), 118–128. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.182
  15. Suhendri, Sabri, R., Arifin, Z., Rahman, M. A., Ainaya, T., & Fahmi, H. A. (2021). Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Pada Masa Pandemi Covid-19 Bagi Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (Sdit) Dod Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 1. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i1.22128
  16. Suleha, Effendy Rasyid, R., & Hasan. (2017). Pengaruh Pembelajaran Fungsi Toolbar dan Submenu pada Microsoft Word dengan Menggunakan Video Tutorial Berbasis Web Siswa Kelas VIII-5 Smp Negeri 2 Panca Rijang. Cakrawala Indonesia, 2(1), 47–55. https://doi.org/https://doi.org/10.51817/jci.v2i1.97
  17. Surya, G. G., & Rochyat, I. G. (2014). Pelatihan Aplikasi Komputerdesain ( Adobe Photoshop Dan Autocad ) Untuk Bisnis Industri Kreatif. Jurnal Abdimas, 1(4), 6–18.
  18. Widyastono, H. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri Akreditasi A di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Kwangsan, 5(1), 21. https://doi.org/10.31800/jtpk.v5n1.p21--38
  19. Wijayanti, T. F., Nawawi, S., & Auliandari, L. (2020). Peningkatan Keterampilan Penggunaan Microsoft Word Referencing Tool Pada Guru Sma Muhammadiyah 2 Palembang. Jurnal Terapan Abdimas, 5(2), 182. https://doi.org/10.25273/jta.v5i2.5818