Main Article Content

Abstract

Background: Menulis karya ilmiah merupakan tuntutan guru dalam meningkatkan profesionalisme. Mendeley adalah salah satu aplikasi penulisan daftar pustaka yang diperlukan untuk menunjang keterampilan menulis karya ilmiah. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan Guru-Guru di SMA N Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti dalam menggunakan Mendeley Metode: Metode pelatihan dilakukan dengan ceramah, diskusi dan praktik. Kegiatan pertama yaitu memperkenalkan aplikasi mendeley, lalu menginstal aplikasi mendeley di laptop masing-masing peserta. Mengumpulkan referensi di aplikasi mendeley untuk dapat digunakan dalam penulisan karya ilmiah dan terakhir menerapkan aplikasi Mendeley dalam penulisan karya ilmiah. Hasil: guru-guru dapat menggunakan aplikasi mendeley dengan baik dan benar sehingga dapat menunjang kegiatan menulis karya ilmiah. Dengan keterampilan tersebut guru akan mudah mencari literasi dan memudahkan dalam menulis daftar pustaka secara otomatis. Kesimpulan: guru-guru di SMA N Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti dapat menggunakan aplikasi Mendeley dalam penulisan karya ilmiah.

Keywords

High school teacher Mendeley Scientific work Guru SMA Karya Ilmiah Mendeley

Article Details

How to Cite
Ali Sadikin, Asni Johari, Jodion Siburian, Ervan Johan Wicaksana, & Desfaur Natalia. (2021). Pelatihan Mendeley untuk Menunjang Karya Ilmiah Guru-Guru SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti. Jurnal SOLMA, 10(1), 1–7. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1.5441

References

  1. Aina, M., Bambang, H., Retni, S. B., Afreni, H., & Sadikin, A. (2015). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru guru SMA 8 Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 30(3).
  2. Djamaris, A. (2017). Panduan Penggunaan Mendeley (Versi 1.17. 10).
  3. Fernandez, D., Merina, M., & Susilo, S. (2020). Pelatihan Teknik Sitasi dan Pencarian Referensi untuk Meningkatkan Publikasi Ilmiah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Jurnal SOLMA, 9(1), 113–120.
  4. Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 269–283. https://doi.org/10.21831/jptk.v21i3.3255
  5. Ginanjar, A. (2019). Peningkatan Mutu Karya Tulis Dosen FIS Dengan Menggunakan Reference Manager Software Mendeley. Harmony, 3(2), 199–203.
  6. Isa, S. M., Soewito, B., & Gunawan, F. E. (2016). Pengaruh Perangkat Lunak Managemen Referensi Pada Peningkatkan Motivasi Publikasi Para Pendidik. Ethos (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat), 4(2), 243–248.
  7. Listihana, D., & Nofrizal, N. . (2018). Mendeley: untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Dosen. MARTABE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 49–55.
  8. Marmoah, S. (2017). Manajemen Sarana dan Prasarana di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Titian Teras Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 14(4), 26–35. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v14i4.219
  9. Mubarok, F. K. (2018). Manajemen Referensi Berbasis Aplikasi Mendeley untuk Jurnal Ilmiah. 2.
  10. Pahmi, P., Ardiya, A., Syahfutra, W., Wibowo, A. P., Niah, S., & Febtiningsih, P. (2018). Pelatihan penggunaan Mendeley untuk referensi dalam menulis karya ilmiah bagi guru SMA Handayani Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 2(2), 35–39.
  11. Paramudyta, D. A. (2015). Pemanfaatan Mendeley Sebagai Program Citation Management di Perpustakaan Fakultas Kedokteran Unuversitas Gadjah Mada Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Sunan Kalija.
  12. Rahmawati, C., Meliyana, M., Yuliana, Y., & Zain, H. (2018). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Dosen. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 30. https://doi.org/10.30999/jpkm.v8i1.200
  13. Ruslan, I., Wibowo, A., & Lim, R. (2013). Website Penelusuran Artikel Ilmiah dengan Memanfaatkan Parscit, Google Scholar dan Mendeley Api. Jurnal Infra, 1.
  14. Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4 . Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 5(2), 131–138. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7590
  15. Sadikin, A., Johari, A., Subagyo, A., Budiarti, R. S., & Hakim, N. (2019). Pelatihan Pembuatan Artikel Menembus Jurnal Nasional dan Internasional di SMA N 11 Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 3(1), 67–73.
  16. Sejati, A. W. (2017). Tutorial Sederhana Mendeley. Universitas Diponegoro. https://doi.org/10.31227/osf.io/eqn9d
  17. Shahroom, A. A., & Hussin, N. (2018). Industrial Revolution 4.0 and Education. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(9), 314–319. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i9/4593
  18. Somantri, O., Abidin, T., Wijayanto, S., Wibowo, D. S., & Dairoh, D. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Keterampilan Pembuatan E-Presentation. Jurnal Solma, 8(2), 219–228.
  19. Trisasti, L. (2014). Panduan Penggunaan Software Manajemen Referensi Mendeley. Teknologi, 1, 1–16.
  20. Windarto, A. P., Hartama, D., Wanto, A., & Parlina, I. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop Sebagai Program Istimewa Untuk Akademisi Dalam Membuat Citasi Karya Ilmiah. AKSIOLOGIYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 145–150. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/aks.v2i2.1319

Most read articles by the same author(s)