Main Article Content
Abstract
Background: Kebijakan Belajar dari Rumah (BDR) saat pandemic covid-19 ini memberikan dampak terhadap peran orang tua dalam mendampingi anak belajar. Orang tua menggantikan peran guru di kelas untuk dihadirkan dari rumah menjadi tantangan tersendiri. Masalah ini juga dihadapi oleh para orang tua di lingkungan Perumahan Citra Gading Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Masalah yang dihadapi para orang tua adalah sulitnya membagi waktu antara bekerja dan mendampingi anak belajar, serta kurangnya pengetahuan tentang cara mendampingi anak belajar dengan efektif. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan mengajar bagi para orang tua. Target yang diharapkan adalah 65% dari mitra merasa sangat puas dan memahami ketrampilan dalam membimbing belajar anak selama BDR. Data dideskripsikan melalui survey kepuasan dan proses pendampingan bagi orang tua selama megikuti pelatihan. Metode: Metode yang digunakan dalam pelatihan ini meliputi pemberian pemahaman konseptual tentang psikologi perkembangan anak usia Sekolah Dasar, strategi mendampingi anak belajar, dan strategi menata ruang belajar anak. Pelatihan dilanjutkan dengan praktik langsung mendampingi anak belajar dari rumah. Pelatihan ini dilakukan secara luring dengan memperhatikan protokol kesehatan. Hasil: Pada akhir kegatan, berdasarkan hasil survey dan pemantauan selama mengikuti pelatihan, terdapat 83% sasaran mitra yang mampu menujukkan peningkatan ketrampilan dalam mendampingi anak belajar. Selain itu, mitra juga menunjukkan ketrampilan dalam menata ruang belajar bagi anak. Kesimpulan: Pelatihan bagi Orang Tua ini mendapat respon yang baik dari masyarakat serta dapat meningkatkan motivasi untuk mendampingi anak belajar di rumah dengan efektif dan efisien.
Keywords
Article Details
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Andriyani, I. N. (2018). Pendidikan Anak dalam Keluarga di Era Digital. Fikrotuna, 7(1), 789–802. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3184
- Anugrahana, A. (2020). Pembelajaran elektronik daring atau dalam ja. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.
- Ibtida, A., & Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Pengantar Praktik Mendidik Al Ibtida, 3(2), 197–211.
- Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911
- Ilham, I. (2020). Perkembangan Emosi Dan Sosial Pada Anak Usia Sekolah Dasar. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 162–180. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v4i2.562
- Khaulani, F., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59
- Kurniasari, A. dkk. (2020). AnalisisEfektifitas Pelaksanaan belajar dari Rumah (BDR)selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.
- Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
- Kurniawan, R., Mitrohardjono, M., & Fahrudin, A. (2021). Urgensi Pendidikan Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tahdzibi, 6(1), 29–38. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.6.1.29-38
- Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113.
- Marsa, P. B., & Desnita, D. (2020). Analisis Media, Sumber Belajar, dan Bahan Ajar Yang Digunakan Guru Fisika SMA Materi Gelombang Di Sumatera Barat Ditinjau Dari Kebutuhan Belajar Abad 21. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(1), 81. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss1/422
- Mubarizi, A. F., Pangestuti, H., Selviana, M., & Saputri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kesejahteraan Psikologis ( Psycal-Well-Being ) Selama pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Kabupaten Batang. Kkn Unnes, 1–8.
- Putri, L. D. (2020). Optimalisasi Fungsi Edukasi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 56–61.
- Rahmania, S., Wijayanti, R., & Hakim, S. L. (2021). Strategi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19. Literasi : Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 99–110. https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3259
- Renawati, R., & Suyadi, S. (2021). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid 19 melalui Alat Permainan Edukatif Papan Pintar dari Kulit Kerang. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 22–27. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.92
- Ristanti, F. (2021). Pembelajaran Bahasa Jerman Berbasis Padlet sebagai Pemantik Motivasi Belajar Selama Pandemi. Jurnal Karya Ilmiah Guru Dinas, 6(2), 144–152.
- Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100.
- Sukiman. (2019). Model Pembentukan Kelompok bervariasi untuk Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 01(01), 1–7.
- Sunawan, S., Amin, Z. N., Sumintono, B., Hafina, A., & Kholili, M. I. (2021). The differences of students' burnout from level of education and duration daily online learning during COVID-19 pandemics. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 3723–3729.
- Tusyana, E., Trengginas, R., & Suyadi. (2019). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai Siswa Usia Dasar. Jurnal Iventa, 3(1), 18–26.
- Wiedarti, P. (2018). Pentingnya Memahami Gaya Belajar. In Seri Manual Gls Pentingnya Memahami Gaya Belajar. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.
- Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21 : Keterampilan yang diajarkan Melalui Pembelajaran [Universitas Negeri MAlang]. In Seminar Nasional Pendidikan dengan tema "Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21 (Issue June). https://www.researchgate.net/publication/318013627
References
Andriyani, I. N. (2018). Pendidikan Anak dalam Keluarga di Era Digital. Fikrotuna, 7(1), 789–802. https://doi.org/10.32806/jf.v7i1.3184
Anugrahana, A. (2020). Pembelajaran elektronik daring atau dalam ja. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.
Ibtida, A., & Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Pengantar Praktik Mendidik Al Ibtida, 3(2), 197–211.
Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1566. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911
Ilham, I. (2020). Perkembangan Emosi Dan Sosial Pada Anak Usia Sekolah Dasar. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 162–180. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v4i2.562
Khaulani, F., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59
Kurniasari, A. dkk. (2020). AnalisisEfektifitas Pelaksanaan belajar dari Rumah (BDR)selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 1–8.
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Kurniawan, R., Mitrohardjono, M., & Fahrudin, A. (2021). Urgensi Pendidikan Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tahdzibi, 6(1), 29–38. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.6.1.29-38
Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran di Indonesia. Education and Learning Journal, 1(2), 113.
Marsa, P. B., & Desnita, D. (2020). Analisis Media, Sumber Belajar, dan Bahan Ajar Yang Digunakan Guru Fisika SMA Materi Gelombang Di Sumatera Barat Ditinjau Dari Kebutuhan Belajar Abad 21. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(1), 81. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss1/422
Mubarizi, A. F., Pangestuti, H., Selviana, M., & Saputri, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kesejahteraan Psikologis ( Psycal-Well-Being ) Selama pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Kabupaten Batang. Kkn Unnes, 1–8.
Putri, L. D. (2020). Optimalisasi Fungsi Edukasi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 56–61.
Rahmania, S., Wijayanti, R., & Hakim, S. L. (2021). Strategi Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Selama Pandemi Covid-19. Literasi : Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1), 99–110. https://doi.org/10.22515/literasi.v1i1.3259
Renawati, R., & Suyadi, S. (2021). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid 19 melalui Alat Permainan Edukatif Papan Pintar dari Kulit Kerang. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 22–27. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i1.92
Ristanti, F. (2021). Pembelajaran Bahasa Jerman Berbasis Padlet sebagai Pemantik Motivasi Belajar Selama Pandemi. Jurnal Karya Ilmiah Guru Dinas, 6(2), 144–152.
Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100.
Sukiman. (2019). Model Pembentukan Kelompok bervariasi untuk Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 01(01), 1–7.
Sunawan, S., Amin, Z. N., Sumintono, B., Hafina, A., & Kholili, M. I. (2021). The differences of students' burnout from level of education and duration daily online learning during COVID-19 pandemics. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 3723–3729.
Tusyana, E., Trengginas, R., & Suyadi. (2019). Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai Siswa Usia Dasar. Jurnal Iventa, 3(1), 18–26.
Wiedarti, P. (2018). Pentingnya Memahami Gaya Belajar. In Seri Manual Gls Pentingnya Memahami Gaya Belajar. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan kebudayaan.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21 : Keterampilan yang diajarkan Melalui Pembelajaran [Universitas Negeri MAlang]. In Seminar Nasional Pendidikan dengan tema "Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad 21 (Issue June). https://www.researchgate.net/publication/318013627