Main Article Content

Abstract

Background: Pandemi COVID-19 sangat berpengaruh terhadap semua aktivitas kehidupan manusia termasuk dalam dunia pendidikan. Salah satunya di Desa Jati Cianjur beberpa guru matematika khususnya kesulitan dalam mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan tantangan saat ini, sehingga diperlukan adanya pelatihan untuk mengembangkan media edukasi dengan software (MEDIS) yang mampu mengatasi permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran saat pandemic COVID-19. Tujuan pelatihan ini untuk mengembangkan media dan alat peraga digital yang diperlukan dalam pembelajaran pada saat pandemi COVID-19. Metode: Metode yang digunakan pelatihan secara daring menggunakan zoom meeting kepada guru tingkatan SD, SMP dan SMA di lingkungan Desa Jati Cianjur. Jumlah peserta pelatihan daring ini sebanyak 30 orang guru. Adapun untuk mengetahui respon guru selama pelatihan dengan memberikan angket yang dibuat dengan google form. Hasil: Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini adalah pelatihan MEDIS geogebra mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta pelatihan, mengingat beberapa manfaat yang dihasilkan yaitu MEDIS geogebra sangat efektif dan efisien dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Kesimpulan: Pelatihan ini memberikan suasana pembelajaran yang konstruktif sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif

Keywords

Geogebra MEDIS Pandemic Covid-19

Article Details

How to Cite
Aripin, U., Fany Nur Fitriani, & Marchasan Lexbin Elvi Judah Riajanto. (2021). Pelatihan Daring MEDIS (Media Edukasi Dengan Inovasi Software) Geogebra Bagi Guru Untuk Mendukung Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19 . Jurnal SOLMA, 10(2), 236-243. https://doi.org/10.22236/solma.v10i2.6614

References

  1. Abdul Syukur, I. (2014). Profesionalisme Guru dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(2), 200. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.138
  2. Amirullah, G., & Susilo, S. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. Jurnal Solma UHAMKA.
  3. Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 1–15.
  4. Aripin, U., Setiawan, W., & Hendriana, H. (2019). Critical Thinking Profile Of Mathematics In Integral Materials. 2(2), 97–106.
  5. Aripin, U., Setiawan, W., Hendriana, H., & Masruroh, A. A. (2020). ASGAR ( Animasi Software Geogebra dan Alat Peraga ) untuk Mendukung Proses Pembelajaran Matematika di Kelas. 09(02), 354–360.
  6. Khotimah, K. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis dengan Pendekatan Metacognitive Guidance Berbantuan GEOGEBRA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 53. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.636
  7. Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 139–146.
  8. Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
  9. Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.
  10. Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2018). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis Ict. Jurnal Petik, 3(1), 28. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.355
  11. Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230
  12. Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma, 6(2), 119–131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122
  13. Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. ’Adalah:Buletin Hukum Dan Keadilan, 4(1), 49–56.
  14. Purwasih, R., Aripin, U., & Fitrianna, A. Y. (2018). Implementasi Pembelajaran Worksheet Berbasis ICT Untuk Peningkatan Kemampuan High Order Mathematical Thinking (HOMT) Siswa SMP. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 57. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i1.3841
  15. Rahim, M. Y. (2016). Pemanfaatan ICT Sebagai Media Pembelajaran dan Informasi Pada UIN Alauddin Makassar. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 6(2), 127–135. https://doi.org/10.24252/.V6I2.1408
  16. Rosnani, R., Sugiyono, S., & Tampubolon, B. (2015). Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran matematika menggunakan alat peraga realita di kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(1), 1–9.