Main Article Content
Abstract
Background: Pandemi COVID-19 sangat berpengaruh terhadap semua aktivitas kehidupan manusia termasuk dalam dunia pendidikan. Salah satunya di Desa Jati Cianjur beberpa guru matematika khususnya kesulitan dalam mengembangkan media pembelajaran yang sesuai dengan tantangan saat ini, sehingga diperlukan adanya pelatihan untuk mengembangkan media edukasi dengan software (MEDIS) yang mampu mengatasi permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran saat pandemic COVID-19. Tujuan pelatihan ini untuk mengembangkan media dan alat peraga digital yang diperlukan dalam pembelajaran pada saat pandemi COVID-19. Metode: Metode yang digunakan pelatihan secara daring menggunakan zoom meeting kepada guru tingkatan SD, SMP dan SMA di lingkungan Desa Jati Cianjur. Jumlah peserta pelatihan daring ini sebanyak 30 orang guru. Adapun untuk mengetahui respon guru selama pelatihan dengan memberikan angket yang dibuat dengan google form. Hasil: Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini adalah pelatihan MEDIS geogebra mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta pelatihan, mengingat beberapa manfaat yang dihasilkan yaitu MEDIS geogebra sangat efektif dan efisien dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Kesimpulan: Pelatihan ini memberikan suasana pembelajaran yang konstruktif sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif
Keywords
Article Details
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Abdul Syukur, I. (2014). Profesionalisme Guru dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(2), 200. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.138
- Amirullah, G., & Susilo, S. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. Jurnal Solma UHAMKA.
- Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 1–15.
- Aripin, U., Setiawan, W., & Hendriana, H. (2019). Critical Thinking Profile Of Mathematics In Integral Materials. 2(2), 97–106.
- Aripin, U., Setiawan, W., Hendriana, H., & Masruroh, A. A. (2020). ASGAR ( Animasi Software Geogebra dan Alat Peraga ) untuk Mendukung Proses Pembelajaran Matematika di Kelas. 09(02), 354–360.
- Khotimah, K. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis dengan Pendekatan Metacognitive Guidance Berbantuan GEOGEBRA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 53. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.636
- Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 139–146.
- Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
- Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.
- Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2018). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis Ict. Jurnal Petik, 3(1), 28. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.355
- Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230
- Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma, 6(2), 119–131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122
- Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. 'Adalah:Buletin Hukum Dan Keadilan, 4(1), 49–56.
- Purwasih, R., Aripin, U., & Fitrianna, A. Y. (2018). Implementasi Pembelajaran Worksheet Berbasis ICT Untuk Peningkatan Kemampuan High Order Mathematical Thinking (HOMT) Siswa SMP. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 57. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i1.3841
- Rahim, M. Y. (2016). Pemanfaatan ICT Sebagai Media Pembelajaran dan Informasi Pada UIN Alauddin Makassar. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 6(2), 127–135. https://doi.org/10.24252/.V6I2.1408
- Rosnani, R., Sugiyono, S., & Tampubolon, B. (2015). Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran matematika menggunakan alat peraga realita di kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(1), 1–9.
References
Abdul Syukur, I. (2014). Profesionalisme Guru dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(2), 200. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.138
Amirullah, G., & Susilo, S. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. Jurnal Solma UHAMKA.
Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 1–15.
Aripin, U., Setiawan, W., & Hendriana, H. (2019). Critical Thinking Profile Of Mathematics In Integral Materials. 2(2), 97–106.
Aripin, U., Setiawan, W., Hendriana, H., & Masruroh, A. A. (2020). ASGAR ( Animasi Software Geogebra dan Alat Peraga ) untuk Mendukung Proses Pembelajaran Matematika di Kelas. 09(02), 354–360.
Khotimah, K. (2018). Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis dengan Pendekatan Metacognitive Guidance Berbantuan GEOGEBRA. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 53. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.636
Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 139–146.
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.
Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2018). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis Ict. Jurnal Petik, 3(1), 28. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.355
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma, 6(2), 119–131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122
Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. 'Adalah:Buletin Hukum Dan Keadilan, 4(1), 49–56.
Purwasih, R., Aripin, U., & Fitrianna, A. Y. (2018). Implementasi Pembelajaran Worksheet Berbasis ICT Untuk Peningkatan Kemampuan High Order Mathematical Thinking (HOMT) Siswa SMP. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 57. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i1.3841
Rahim, M. Y. (2016). Pemanfaatan ICT Sebagai Media Pembelajaran dan Informasi Pada UIN Alauddin Makassar. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 6(2), 127–135. https://doi.org/10.24252/.V6I2.1408
Rosnani, R., Sugiyono, S., & Tampubolon, B. (2015). Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran matematika menggunakan alat peraga realita di kelas 1 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(1), 1–9.