ASGAR (Animasi Software Geogebra Dan Alat Peraga) untuk Mendukung Proses Pembelajaran Matematika di Kelas

Main Article Content

Usman Aripin
Wahyu Setiawan
Heris Hendriana
Ani Ainun Masruroh

Abstract

Perkembangan teknologi mempengaruhi semua aspek kehidupan, begitupun di dunia pendidikan. Tuntutan guru menjadi lebih banyak, selain administrasi yang harus diselesaikan, ditambah dengan keharusan untuk mampu menggunakan teknologi. Salah satu alternatif solusinya adalah dengan menerapkan pelatihan ASGAR yang bertujuan untuk mendukung kegiatan guru-guru dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan yaitu berupa workshop dan pelatihan secara langsung menggunakan ASGAR kepada guru mulai dari tingkatan SD, SMP dan SMA yang ada di pangalengan. Hasil pelatihannya yaitu pelatihan ASGAR ini mndapat respon positif dari para guru peserta pelatihan.mengetahui bahwa pembelajaran matematika bisa dilakukan dengan menarik sehingga pembelajaran tidak akan terasa membosankan, dan menggunakan media tersebut dalam penyampaian konsep dari suatu materi dengan efisien dan efektif, mengeksplorasi media tersebut sesuai dengan materi yang ingin disampaikan oleh guru.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aripin, U., Setiawan, W., Hendriana, H., & Masruroh, A. A. (2020). ASGAR (Animasi Software Geogebra Dan Alat Peraga) untuk Mendukung Proses Pembelajaran Matematika di Kelas. Jurnal SOLMA, 9(2), 354-360. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.3975
Section
Articles

References

Adam, S. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA ANANDA BATAM. Computer Based Information System Journal, 3(2), 78–90.
Amirullah, G., & Susilo, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 38. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2555
Aripin, U. (2015). P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 128–136. https://doi.org/10.1523/JNEUROSCI.2378-09.2009
Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 225–233.
Budiman, H. (2017). Pengertian MYSQL. Pengertian MYSQL:Journal, 8(I), 183.
Darmawan, Nasa, R., & Yani, A. (2019). Pendampingan Guru-Guru MIS Muhammadiyah Darussalam Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Solma, 8(2), 171–180. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/3563/1145
Handayani, S. L., & Amirullah, G. (2019). Meningkatkan Pemahaman Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Literasi, 4C, PPK dan Hots. Jurnal SOLMA, 8(1), 14. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2949
Hidayat, W., & Aripin, U. (2019). The improvement of students ’ mathematical understanding ability influenced from argument- driven inquiry learning The improvement of students ’ mathematical understanding ability influenced from argument-driven inquiry learning. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3), 032085. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032085
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Mulyawati, I., & Kowiyah, K. (2018). Pembelajaran Matematika dan IPA Guru SD Melalui Media Pembelajaran Visual. Jurnal SOLMA, 7(2), 247. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.1652
Noni. (2013). Guru tak Boleh Gaptek. Retrieved from http://edukasi.kompas.com/read/2013/12/18/0508042/Microsoft.Guru.Tak.Boleh.Gaptek
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma, 6(2), 119–131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122
Purwasih, R., Aripin, U., & Fitrianna, A. Y. (2018). Implementasi Pembelajaran Worksheet Berbasis ICT Untuk Peningkatan Kemampuan High Order Mathematical Thinking (HOMT) Siswa SMP. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 57. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i1.3841
Qurrohman, M. T., Romadhon, S. A., & Wulandari, R. (2018). PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA DAN GURU SMK DINAMIKA KOTA TEGALTENTANG PEMANFAATAN PROGRAM KOMPUTASI MATEMATIKA GEOGEBRA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 1–4.
Rahim, M. Y. (2016). Pemanfaatan ICT Sebagai Media Pembelajaran dan Informasi Pada UIN Alauddin Makassar. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 6(2), 127–135. https://doi.org/10.24252/.V6I2.1408
Setiawan, W., & Andika Sari, V. T. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Diferensial Berbasis Konflik Kognitif. Jurnal Elemen, 4(2), 204. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.511
Somantri, O., Abidin, T., Wijayanto, S., Wibowo, D. S., & Dairoh. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui PelatihanKeterampilan PembuatanE-Presentation. Jurnal Solma, 8(2), 219–228.