Main Article Content

Abstract

Perkembangan teknologi mempengaruhi semua aspek kehidupan, begitupun di dunia pendidikan. Tuntutan guru menjadi lebih banyak, selain administrasi yang harus diselesaikan, ditambah dengan keharusan untuk mampu menggunakan teknologi. Salah satu alternatif solusinya adalah dengan menerapkan pelatihan ASGAR yang bertujuan untuk mendukung kegiatan guru-guru dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan yaitu berupa workshop dan pelatihan secara langsung menggunakan ASGAR kepada guru mulai dari tingkatan SD, SMP dan SMA yang ada di pangalengan. Hasil pelatihannya yaitu pelatihan ASGAR ini mndapat respon positif dari para guru peserta pelatihan.mengetahui bahwa pembelajaran matematika bisa dilakukan dengan menarik sehingga pembelajaran tidak akan terasa membosankan, dan menggunakan media tersebut dalam penyampaian konsep dari suatu materi dengan efisien dan efektif, mengeksplorasi media tersebut sesuai dengan materi yang ingin disampaikan oleh guru.


 

Keywords

ASGAR ICT learning media ASGAR ICT media pembelajaran

Article Details

How to Cite
Aripin, U., Setiawan, W., Hendriana, H., & Masruroh, A. A. (2020). ASGAR (Animasi Software Geogebra Dan Alat Peraga) untuk Mendukung Proses Pembelajaran Matematika di Kelas. Jurnal SOLMA, 9(2), 354–360. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.3975

References

  1. Adam, S. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA ANANDA BATAM. Computer Based Information System Journal, 3(2), 78–90.
  2. Amirullah, G., & Susilo, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 38. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2555
  3. Aripin, U. (2015). P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 128–136. https://doi.org/10.1523/JNEUROSCI.2378-09.2009
  4. Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 225–233.
  5. Budiman, H. (2017). Pengertian MYSQL. Pengertian MYSQL:Journal, 8(I), 183.
  6. Darmawan, Nasa, R., & Yani, A. (2019). Pendampingan Guru-Guru MIS Muhammadiyah Darussalam Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Solma, 8(2), 171–180. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/3563/1145
  7. Handayani, S. L., & Amirullah, G. (2019). Meningkatkan Pemahaman Guru Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Literasi, 4C, PPK dan Hots. Jurnal SOLMA, 8(1), 14. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2949
  8. Hidayat, W., & Aripin, U. (2019). The improvement of students ' mathematical understanding ability influenced from argument- driven inquiry learning The improvement of students ' mathematical understanding ability influenced from argument-driven inquiry learning. Journal of Physics: Conference Series, 1157(3), 032085. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032085
  9. Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
  10. Mulyawati, I., & Kowiyah, K. (2018). Pembelajaran Matematika dan IPA Guru SD Melalui Media Pembelajaran Visual. Jurnal SOLMA, 7(2), 247. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.1652
  11. Noni. (2013). Guru tak Boleh Gaptek. Retrieved from http://edukasi.kompas.com/read/2013/12/18/0508042/Microsoft.Guru.Tak.Boleh.Gaptek
  12. Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended. Prisma, 6(2), 119–131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122
  13. Purwasih, R., Aripin, U., & Fitrianna, A. Y. (2018). Implementasi Pembelajaran Worksheet Berbasis ICT Untuk Peningkatan Kemampuan High Order Mathematical Thinking (HOMT) Siswa SMP. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 57. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i1.3841
  14. Qurrohman, M. T., Romadhon, S. A., & Wulandari, R. (2018). PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA DAN GURU SMK DINAMIKA KOTA TEGALTENTANG PEMANFAATAN PROGRAM KOMPUTASI MATEMATIKA GEOGEBRA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 1–4.
  15. Rahim, M. Y. (2016). Pemanfaatan ICT Sebagai Media Pembelajaran dan Informasi Pada UIN Alauddin Makassar. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 6(2), 127–135. https://doi.org/10.24252/.V6I2.1408
  16. Setiawan, W., & Andika Sari, V. T. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Diferensial Berbasis Konflik Kognitif. Jurnal Elemen, 4(2), 204. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.511
  17. Somantri, O., Abidin, T., Wijayanto, S., Wibowo, D. S., & Dairoh. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui PelatihanKeterampilan PembuatanE-Presentation. Jurnal Solma, 8(2), 219–228.