Main Article Content

Abstract

Bersuci merupakan pintu bagi diterima atau tidaknya (sahnya) beberapa ibadah yang mensyaratkan kesucian. Bersuci sebagai syarat ibadah merupakan sesuatu yang sangat penting bagi seorang muslim. Kesalahan dalam bersuci akan mengakibatkan tidak disahnya suatu ibadah. Bersuci yang benar harus diajarkan sejak masa anak-anak, karena kesalahan pada masa anak akan selalu terbawa setelah orang tersebut dewasa. Tarjih Muhammadiyah telah memberikan pedoman tatacara bersuci yang benar menurut ajaran Rasulullah SAW. Pelatihan ini berusaha untuk peningkatkan pemahaman tata cara bersuci sebagaimana yang di keputusan Tarjih Muhammadiyah. Metode palatihan melalui video based learning, ceramah, simulasi dan praktik. Hasil pelatihan menujukkan adanya peningkatan yang signifikan terhadap pemahaman tata cara bersuci menurut Tarjih Muhammadiyah. Kesimpulan pengabdian kepada masyarakat ini adalah peningkatan pemahaman pengetahuan dan keterampilan dapat ditingkatkan melalui aktivitas menonton video yang benar, karena seseorang dapat melihat dan mendengarkan materi secara langsung.


 


 


 

Keywords

Pemahaman thaharah video base learning tarjih Muhammadiyah Pemahaman thaharah video base learning tarjih muhammadiyah

Article Details

How to Cite
Ru’iya, S., Nur Kurniawati, A., & Oktaviani Saputri, H. (2020). Peningkatan Pemahaman Bersuci Menurut Tarjih Muhammadiyah dengan Metode Video Based Learning Bagi Anak-Anak Di Omah Ngaji Yogyakarta. Jurnal SOLMA, 9(2), 420–427. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.5394

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Daryanto, Joko. 2018. "Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Tembang Macapat dalam Pembelajaran Bahasa Daerah pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 6(1):8–15.
  3. Dewi, Ni Pt. Asrika Maha, I. Kt. Dibia, dan Dw. Nyoman Sudana. 2013. "Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Negeri Pergung.” Mimbar PGSD Unidiksha 1(1):11–20.
  4. Fakhrudin, A. R. 2016. Tuntunan Shalat. Yogyakarta: Surya Mediatama.
  5. Hadi, Sofyan. 2017. "Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar.” Hlm. 96–102 dalam Transformasi Pendidikan Abad 21. Vol. 15.
  6. Majelis Tarjih PP Muhammadiyah. 2019. Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah (1). Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.
  7. Majid, Ahmad Sarwiji. 2015. Tata Cara Wudlu Majlis Tarjih PP Muhammadiyah. Youtube.
  8. Pasha, Musthafa Kamal. 2000. Fikih Islam (Disusun Berdasarkan Keputusan Majlis Tarjih). Yogyakarta: Pengurus Wilayah Muhammadiyah DI Yogyakarta.
  9. Rahayu, Yulius Prasetyo. 2013. "Penerapan Bimbingan Kelompok dengan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Bahaya Narkoba pada Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 2 Ngoro.” Jurnal BK UNESA 4(1):127–34.
  10. Robet. 2013. "Pembuatan Materi Belajar Dengan Pendekatan Video-Based Learning.” Jurnal TIME II(2):39–41.
  11. Shalahudin, Asep. 2019. Tuntunan Ibadah Praktis. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.
  12. Silberman, Mel. 2002. Active Learning (101 Strategi Pembelajaran Aktif). Yogyakarta: Yappendis.
  13. Suryansah, Titi, dan Suwarjo Suwarjo. 2016. "Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD.” Jurnal Prima Edukasia 4(2):209–21.
  14. Thontowi, Atang Solihin, dan Hatib Rahmawan. 2015. Tuntunan Ibadah Praktis (Thaharah, Shalat, Puasa, dan Perawatan Jenazah). Yogyakarta: LPSI UAD.
  15. Utami, Khurnia. 2013. "Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 01(01):1–10.
  16. Wahab, Abdullah. 2018. Cara Tayamum Menurut Tarjih Muhammadiyah. Youtube.

Most read articles by the same author(s)