Isi Artikel Utama
Abstrak
Lembaga pendidikan mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) telah memasukkan program pembelajaran Tahfizh Al Quran di dalam kurikulum sekolah. Menghafal Al Quran bukan seperti menghafal pelajaran lain. Dalam menghafal Al Quran ada kaidah yang harus diperhatikan. Metode menghafal Al Quran menentukan keberhasilan peserta didik dalam menghafal Al Quran. Pada tingkat PAUD metode menghafal Al Quran harus memperhatikan tahap perkembangan peserta didik. Kegiatan Workshop ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pelatihan tentang metode menghapal Al Quran kepada peserta didik khususnya anak usia dini. Workshop disampaikan kepada para guru PAUD yang tergabung di HIMPAUDI Pakuhaji.Pada saat kegiatan diketahui bahwa 74,4% para guru PAUD selama ini mengajarkan Tahfizul Quran tanpa metode khusus. Workshop ini dinilai sangat bermanfaat, sehingga terdapat permintaan untuk dilakukan pelatihan lanjutan terkait penerapan metode el Talaqi qu.
Kata kunci:Tahfizh Al Quran, Metode El Talaqqi qu, PAUD
Rincian Artikel
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
Referensi
-
Ahsin W. (2010). Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur'an , Jakarta: Bumi Aksara
As-Sirjani, Raghib. (2007). Cara Cerdas Hafal Al-Qur'an , Solo: AQWAM
Az-Zawawi, Yahya Abdul Fatah. (2011), Revolusi Menghafal Al-Qur'an , Surakarta: Insan Kamil
Etra Naufal,dkk. (2015), el Talaqqi qu: Metode Menghafal Al Quran yang Efektif dan Panduan Membangun Lembaga Tahfizh di Lingkungan Sekitar, Depok: Jejak Ilmu Foundation
Hanafi, Ristu. (2018), Jumlah Penghafal Alquran meningkat di Indonesia, detikNews, Selasa, 03 Apr 2018 12:55 WIB
Hidayah, Aini. (2017). Metode Tahfidz Al Qur'an untuk Anak Usia Dini, Ejournal uin Vol/18. No.1. Januari 2017
Lubis, Awwaliya Mursyida, Ismet Syahrul. (2019). Metode Menghafal Alquran Pada Anak Usia Dini di Tahfidz Center Darul Hufadz. Aulad : Journal on Early Childhood, 2019, 2(2), Pages 8-14 ISSN : 2655-4798 (Printed); 2655-433X (Online)
Munadi, Muhammad. (2019). Penghafal Quran dan Perguruan Tinggi Kita, https://iain-surakarta.ac.id/penghafal-al-quran-dan-perguruan-tinggi-kita/
Papalia, D. E., Old s, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human Development Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika
Tim Dosen PAI (2016), Bunga Rampai Penelitian Dalam Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Feepublish
Wahid, Wiwi Alawiyah. (2015), Panduan Menghafal Al-Qur'an Super Kilat, Yogyakarta: DIVA Press
Zamani, Zaki, Maksum, Syukron. (2014), Metode Cepat Menghafal Al-Qur'an , Yogyakarta: Al Barokah
Referensi
As-Sirjani, Raghib. (2007). Cara Cerdas Hafal Al-Qur'an , Solo: AQWAM
Az-Zawawi, Yahya Abdul Fatah. (2011), Revolusi Menghafal Al-Qur'an , Surakarta: Insan Kamil
Etra Naufal,dkk. (2015), el Talaqqi qu: Metode Menghafal Al Quran yang Efektif dan Panduan Membangun Lembaga Tahfizh di Lingkungan Sekitar, Depok: Jejak Ilmu Foundation
Hanafi, Ristu. (2018), Jumlah Penghafal Alquran meningkat di Indonesia, detikNews, Selasa, 03 Apr 2018 12:55 WIB
Hidayah, Aini. (2017). Metode Tahfidz Al Qur'an untuk Anak Usia Dini, Ejournal uin Vol/18. No.1. Januari 2017
Lubis, Awwaliya Mursyida, Ismet Syahrul. (2019). Metode Menghafal Alquran Pada Anak Usia Dini di Tahfidz Center Darul Hufadz. Aulad : Journal on Early Childhood, 2019, 2(2), Pages 8-14 ISSN : 2655-4798 (Printed); 2655-433X (Online)
Munadi, Muhammad. (2019). Penghafal Quran dan Perguruan Tinggi Kita, https://iain-surakarta.ac.id/penghafal-al-quran-dan-perguruan-tinggi-kita/
Papalia, D. E., Old s, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human Development Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika
Tim Dosen PAI (2016), Bunga Rampai Penelitian Dalam Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Feepublish
Wahid, Wiwi Alawiyah. (2015), Panduan Menghafal Al-Qur'an Super Kilat, Yogyakarta: DIVA Press
Zamani, Zaki, Maksum, Syukron. (2014), Metode Cepat Menghafal Al-Qur'an , Yogyakarta: Al Barokah
