Isi Artikel Utama

Abstrak

Lembaga pendidikan mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) telah memasukkan program pembelajaran Tahfizh Al Quran di dalam kurikulum sekolah. Menghafal Al Quran bukan seperti menghafal pelajaran lain. Dalam menghafal Al Quran ada kaidah yang harus diperhatikan. Metode menghafal Al Quran menentukan keberhasilan peserta didik dalam menghafal Al Quran. Pada tingkat PAUD metode menghafal Al Quran harus memperhatikan tahap perkembangan peserta didik. Kegiatan Workshop ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pelatihan tentang metode menghapal Al Quran kepada peserta didik khususnya anak usia dini. Workshop disampaikan kepada para guru PAUD yang tergabung di HIMPAUDI  Pakuhaji.Pada saat kegiatan diketahui bahwa 74,4% para guru PAUD selama ini mengajarkan Tahfizul Quran tanpa metode khusus. Workshop ini dinilai sangat bermanfaat, sehingga terdapat permintaan untuk dilakukan pelatihan lanjutan terkait penerapan metode el Talaqi qu.


Kata kunci:Tahfizh Al Quran, Metode El Talaqqi qu, PAUD

Rincian Artikel

Biografi Penulis

yessy yanita sari, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.HAMKA

 

 

Cara Mengutip
sari, yessy yanita. (2021). Workshop Metode Menghapal Al Quran el Talaqqi qu bagi Guru Pendidikan Anak Usia Dini . Jurnal SOLMA, 10(1s), 266–279. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1s.5162

Referensi

    Ahsin W. (2010). Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur'an , Jakarta: Bumi Aksara
    As-Sirjani, Raghib. (2007). Cara Cerdas Hafal Al-Qur'an , Solo: AQWAM
    Az-Zawawi, Yahya Abdul Fatah. (2011), Revolusi Menghafal Al-Qur'an , Surakarta: Insan Kamil
    Etra Naufal,dkk. (2015), el Talaqqi qu: Metode Menghafal Al Quran yang Efektif dan Panduan Membangun Lembaga Tahfizh di Lingkungan Sekitar, Depok: Jejak Ilmu Foundation
    Hanafi, Ristu. (2018), Jumlah Penghafal Alquran meningkat di Indonesia, detikNews, Selasa, 03 Apr 2018 12:55 WIB
    Hidayah, Aini. (2017). Metode Tahfidz Al Qur'an untuk Anak Usia Dini, Ejournal uin Vol/18. No.1. Januari 2017
    Lubis, Awwaliya Mursyida, Ismet Syahrul. (2019). Metode Menghafal Alquran Pada Anak Usia Dini di Tahfidz Center Darul Hufadz. Aulad : Journal on Early Childhood, 2019, 2(2), Pages 8-14 ISSN : 2655-4798 (Printed); 2655-433X (Online)
    Munadi, Muhammad. (2019). Penghafal Quran dan Perguruan Tinggi Kita, https://iain-surakarta.ac.id/penghafal-al-quran-dan-perguruan-tinggi-kita/
    Papalia, D. E., Old s, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human Development Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika
    Tim Dosen PAI (2016), Bunga Rampai Penelitian Dalam Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Feepublish
    Wahid, Wiwi Alawiyah. (2015), Panduan Menghafal Al-Qur'an Super Kilat, Yogyakarta: DIVA Press
    Zamani, Zaki, Maksum, Syukron. (2014), Metode Cepat Menghafal Al-Qur'an , Yogyakarta: Al Barokah