Main Article Content

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Lengkong Kota Bandung belum menggunakan teknologi berbasis digital. Padahal penerapan pembelajaran untuk menuju abad 21 harus berbasis digital dan pembelajaran merupakan tolak ukur sebagai sarana dalam meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Dengan demikian, diperlukan pemahaman dan keterampilan KKG untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini untuk memberikan pengetahuan mengenai penggunaan teknologi berbasis e-learning bagi KKG Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Metode kegiatan dilakukan dengan workshop melalui teknik ceramah, tanyajawab, diskusi dan latihan praktik. Pemberian materi dimulai dari pengenalan e-learning dan praktik penggunaan moodle dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil kegiatan, semua peserta sangat antusias dan mengikuti setiap sesi kegiatan sampai akhir. Kegiatan ini pun dilaksanakan dengan sukses, lancar dan sesuai dengan rencana serta berdampak pada peningkatan pemahaman pengetahuan dan keterampilan KKG dalam penggunakan e-learning berbasis moodle dari 19% menjadi 35%. Artinya adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru sebesar 16% didalam penggunaan moodle untuk pembelajaran. Diharapkan melalui workhop ini, KKG dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan teknologi bebasis moodle untuk menumbuhkan motivasi dan aktivitas belajar siswa

Keywords

E-learning KKG Sekolah Dasar Moodle

Article Details

How to Cite
Inggriyani, F., Fazriyah, N., & Purbasari, A. (2019). Penggunaan E-learning Berbasis Moodle bagi KKG Sekolah Dasar di Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Jurnal SOLMA, 8(2), 268–277. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3695

References

    Andayani, A., Darma, D., Vitalocca, D., & Mardiana, M. (2018). Pelatihan membuat e-learning berbasis moodle bagi guru dan siswa SMP Negeri 1 Pallangga. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 313–316.
    Batubara, H. H. (2018). Pelatihan E-Learning Berbasis Moodle untuk Dosen-Dosen Universitas IslamKalimantan Mab Banjarmasin. Journal of Character Education Society, 1(1), 57–66.
    Choudhury, H., & Khataniar, G. (2016). Features Based Comparison and Evaluation of E-Learning Platform in Academic Environment learning Platform in Academic Environment. IJDACR International Journal of Digital Application & Contemporary Research, 4(6).
    Crompton, H., Burke, D., Gregory, K. H., & Gräbe, C. (2016). The Use of Mobile Learning in Science: A Systematic Review. Journal of Science Education and Technology, 25(2), 149–160. https://doi.org/10.1007/s10956-015-9597-x
    Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, Edisi 56.
    Fahmi, S., Syaiful, S., & Soffi, W. P. (2017). Pendampingan Pembuatan E-Learning dengan Moodle yang dipadukan dengan Sofware Matematika Geogebra untuk Guru Matematika di SMP Muhammadiyah Se Kecamatan Godean Sleman Yogyakarta. Jurnal Aksiologi, 1(2), 135–141.
    Faxen Tor. (2011). Improving the outcomeof e-learning using new technologies in LMS systems,” Thesis Master of Software Engineering and Management (University). Sweden.
    Haag, J. (2011). From elearning to mlearning: The effec- tiveness of mobile course delivery. In: Interservice/ Industry Training, Simulation, and Education Conference (I/ITSEC). Orlando, Florida, U.S.A.
    Handal, B., MacNish, J., & Petocz, P. (2013). Adopting Mobile Learning in Tertiary Environments: Instructional, Curricular and Organizational Matters. Education Sciences, 3(4), 359–374. https://doi.org/10.3390/educsci3040359
    Herayanti, L., Fuadunnazmi, F., & Habibi, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Cakrawala Pendidikan, 36(2), 210–219.
    Husain, C. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 184–192.
    Majid, N., & Sudira, P. (2017). Proses Perolehan Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pada Industri Pasangan SMKN 2 Pengasih Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(1), 14–29.
    Perpres. Peraturan Presidan RI No. 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019. (2015).
    Utami, I. S. (2016). Implementasi E-Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Komputer Terapan, 2(2), 169–178.
    Wahid, A., & Luhriyani, S. (2015). Pelatihan Penerapan E-Learning dan M-Learning Berbasis Moodle bagi Guru Siswa SMK Persada dan Bajiminasa Makasar. Jurnal Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 102–107.
    Winarno, J. S. (2013). Penerapan Sistem E-Learning pada Komunitas Pendidikan Sekolah Rumah (Home schooling). ULTIMA InfoSys, 4(1), 45–51.
    Yunis, R., & Kristian, T. (2017). Pengembangan e-learning berbasis LSM untuk Sekolah, Studi Kasus SMA/SMK di Sumatera Utara. JNTETI, 6(1), 32–36.