Main Article Content

Abstract

Background: Kampung seni dan budaya Jelekong di Kabupaten Bandung dikenal dengan kekayaan seni seperti wayang golek, seni lukis, tari, dan pencak silat. Masyarakat setempat yang mayoritas pengrajin lukisan dan wayang menghadapi tantangan dalam mempromosikan hasil karyanya di era digital. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital melalui pelatihan dan pendampingan penggunaan website dan media sosial untuk memperkenalkan seni dan budaya Jelekong secara lebih luas. Metode: Mitra kegiatan adalah Karang Taruna Kelurahan Jelekong dengan 20 peserta. Metode yang digunakan meliputi ceramah, presentasi, diskusi dan tanya jawab, praktik langsung di lapangan dan pendampingan. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda mengenai website dan media sosial yang disajikan pada google form. Hasil: peningkatan kemampuan peserta dalam mengelola website dan media sosial sebagai sarana promosi seni budaya. Peningkatan kemampuan tersebut dapat dilihat dari hasil pretes dan postes. Rata-rata pretes yaitu 30 dan rata-rata postes yaitu 82, peningkatan (n-gain) yaitu 0,75 termasuk dalam peningkatan kategori tinggi. Kesimpulan: Pelatihan ini berhasil meningkatkan keterampilan digital masyarakat Jelekong dalam mempromosikan seni dan budaya lokal secara efektif dengan menggunakan website dan media sosial.

Keywords

Jelekong Digital Literacy Social Media Arts and Culture Website Jelekong Literasi Digital Media Sosial Seni Budaya Website

Article Details

How to Cite
Rohimah, S. M., Inggriyani, F., Nurcahyo, A. A., Oktapianti, B. Y., & Meilany, P. (2024). Pelatihan Penggunaan Website dan Media Sosial Seni dan Budaya Jelekong . Jurnal SOLMA, 13(3), 2199–2209. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16642

References

  1. Adnyana, I. W. E., Arimbawa, I. G. M. D. P., & Andika, I. G. A. I. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi oleh Generasi Muda Terhadap Kesenian Tradisional dalam Mewujudkan Indonesia Emas. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 3, 192–205.
  2. Alfiandra, dkk. (2023). Pelatihan Penggunaan Website Wordwall Sebagai Sarana Assessment Bagi Guru di SMP Negeri 26 Palembang. Jurnal SOLMA, 12(3), 1399–1410. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.12703
  3. Brunchilda Hubner, I., Pramono, R., Maleachi, S., Asthyn Pakasi, D., Bernedetta Sitorus, N., & Pelita Harapan, U. (2021). Pelatihan Penggunaan Instagram dalam Promosi Produk Kuliner. Ta’awun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 162–176. https://journal.stitaf.ac.id/index.php/taawun.
  4. Hake, R. R. (1999). ANALYZING CHANGE/GAIN SCORES. https://web.physics.indiana.edu/sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf
  5. Inggriyani, F., Ali, S., & Fauzy, D. M. (2018). Pemanfaatan Website Pemasaran Bagi Pelaku Kerajinan Usaha Anyam Mendong di Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal SOLMA, 7(2), 193. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.2009
  6. Iriyani, A., & Puji Lestari, D. (2023). Literasi Digital sebagai Upaya Membangun Karakter Masyarakat Digital. Jurnal Pemerintahan dan Politik, 8(3), 167–172.
  7. Kumoro, N. B., Kewuel, H. K., Sutopo, D. S., Apriwan, F., Ismanto, M., Faidlal, A., & Setiawan, R. (2021). Pemetaan Potensi Seni dan Budaya untuk Mendukung Industri Pariwisata. Berdikari: Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 9(2), 120–142. https://doi.org/10.18196/berdikari.v9i2.10553
  8. Kurniawan, G. (2019). Kewirausahaan di Era Revolusi Industri 4.0. Sasanti Institute.
  9. Maarif, S., Mumtazah, N., Zahra Zelika, S., & Kudus, F. A. (2022). Kebudayaan di Kampung Seni dan Budaya Jelekong dalam Presfektif Islam. Jurnal Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 20(2), 27–34.
  10. Mardiyana, O. E., Gusnadi, D., & Raharjo, T. P. (2023). Peran Community Based Tourism dalam Mendukung Kampung Jelekong Sebagai Desa Wisata Seni dan Budaya. JCI Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(5), 2279–2286. http://bajangjournal.com/index.php/JCI
  11. Putri, et. al. (2024). Pendampingan Digital Marketing Communication untuk Memperluas Pemasaran Produk Batik dan Kerajinan pada Kelompok Wanita Tani Jasmine Padukuhan Nologaten. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(3), 812–822. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i3.1834
  12. Setiawan, N. A., & Farid, H. U. (2014). Strategi Promosi dalam Pengembangan Pariwisata Lokal di Desa Wisata Jelekong. Trikonomika, 13(2), 184–194. http://www.unesco.org/culture/ich/RL/00063
  13. Sidqi, M. U., Choiriyah, R. N., Mahrunisa, T. El, Nurhayati, L., Astuti, W., & Mukaromah, H. (2022). Strategi Pengembangan Kampung Seni dan Budaya Jelekong, Kabupaten Bandung. Desa-Kota, 4(2), 210–225. http://jurnal.uns.ac.id/jdk
  14. Sumantri, D. (2019). Strategi Pengembangan Desa Wisata di Kelurahan Jelekong, Kabupaten Bandung. Jurnal Geografi Lingkungan Tropik, 2(2). https://doi.org/10.7454/jglitrop.v2i2.47
  15. Syarifuddien Sjadja, U., Tri Djatmika Rudijanto Wahyu Wardhana, E., Manajemen, M., & Ekonomi, F. (2024). Utilization Of Social Media and Online Marketplace For The Development Of Marketing Of Small And Medium Enterprises (Smes) In The Clothing Industry (A Study On Clothing Companies In Malang). Eduvest-Journal of Universal Studies, 4(7), 5961–5975. http://eduvest.greenvest.co.id
  16. Tresnawati, Y. (2017). Pemanfaatan Media Sosial dalam Promosi Potensi Wisata Bahari Cilacap Jawa Tengah. Jurnal PERSPEKTIF Komunikasi UMJ, 1(2).
  17. Ulfah Izzati, A., & Nurcahaya, C. (2022). Dampak Pemberian Workshop Terhadap Literasi Digital Peserta Workshop: Studi Kasus Salah Satu Komunitas UMKM di Kota Palembang. Among Makarti, 15(2), 168–181.
  18. Yasir, M., Warmansyah Abbas, E., Husni Rahmia, S., & Nur, F. (2024). The Innovation of Social Studies Journal the Attraction of Martapura Intan Market As A Tourist Object In Banjar District Article Info Abstract. 6(1), 2723–1119. https://doi.org/10.20527/iis
  19. Zulfa Puspita Sari, N., Mawatie Khaylilla Salsabilla Daniswanto, A., Nur Oktavia, K., & Junaidi Putri, S. (2024). Media Sosial Dan Penguatan Nasionalisme dalam Tren dan Implikasinya Era Digital. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(5), 3031–5220. https://doi.org/10.62281