Main Article Content

Abstract

Background: Kampung seni dan budaya Jelekong di Kabupaten Bandung dikenal dengan kekayaan seni seperti wayang golek, seni lukis, tari, dan pencak silat. Masyarakat setempat yang mayoritas pengrajin lukisan dan wayang menghadapi tantangan dalam mempromosikan hasil karyanya di era digital. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital melalui pelatihan dan pendampingan penggunaan website dan media sosial untuk memperkenalkan seni dan budaya Jelekong secara lebih luas. Metode: Mitra kegiatan adalah Karang Taruna Kelurahan Jelekong dengan 20 peserta. Metode yang digunakan meliputi ceramah, presentasi, diskusi dan tanya jawab, praktik langsung di lapangan dan pendampingan. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest yang terdiri dari 30 soal pilihan ganda mengenai website dan media sosial yang disajikan pada google form. Hasil: peningkatan kemampuan peserta dalam mengelola website dan media sosial sebagai sarana promosi seni budaya. Peningkatan kemampuan tersebut dapat dilihat dari hasil pretes dan postes. Rata-rata pretes yaitu 30 dan rata-rata postes yaitu 82, peningkatan (n-gain) yaitu 0,75 termasuk dalam peningkatan kategori tinggi. Kesimpulan: Pelatihan ini berhasil meningkatkan keterampilan digital masyarakat Jelekong dalam mempromosikan seni dan budaya lokal secara efektif dengan menggunakan website dan media sosial.

Keywords

Jelekong Digital Literacy Social Media Arts and Culture Website Jelekong Literasi Digital Media Sosial Seni Budaya Website

Article Details

How to Cite
Rohimah, S. M., Inggriyani, F., Nurcahyo, A. A., Oktapianti, B. Y., & Meilany, P. (2024). Pelatihan Penggunaan Website dan Media Sosial Seni dan Budaya Jelekong . Jurnal SOLMA, 13(3), 2199–2209. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16642

References

Read More