Main Article Content

Abstract

Dakwah tidak dapat ditinggalkan dari keberadaan masjid sebagai pusat ibadah dan pengembangan keilmuan. Transformasi pemanfaatan media digital telah merambah ke berbagai kebutuhan komunikasi, termasuk didalamnya strategi dalam berdakwah secara virtual dengan memanfaatkan media social. Dakwah tidak lagi dilakukan oleh kelompok-kelompok yang dianggap mumpuni dalam pemahaman agama namun setiap individu dapat melakukan dakwah virtual ini. Dalam kerangka memakmurkan masjid, Remaja Masjid Mubasysyirin (REISMI) Setiabudi Jakarta Selatan mulai memanfaatkan media social untuk menyebarkan nilai-nilai positif keagamaan namun belum diiringi dengan kesadaran pentingnya konsep dan strategi yang kuat dalam pesan-pesan persuasif dakwah virtual sehingga mereka sangat membutuhkan penguatan-penguatan. Metode dalam pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan memperkuat konsep dakwah virtual, branding remaja masjid, dan pelatihan audio visual untuk membuat konten kreatif media social yang menarik perhatian kaum muda milenial. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat menunjukkan adanya kesadaran social REISMI untuk merancang strategi dakwah virtual melalui konten kreatif media social dan meningkatnya kreatifitas dalam menentukan ide dalam rangka menebarkan nilai-nilai agama bagi remaja.

Keywords

Dakwah Virtual Memakmurkan Masjid Remaja Masjid Media Sosial

Article Details

How to Cite
Hariyati, F., & Wahdiyati, D. (2019). Penguatan Dakwah Virtual Sebagai Upaya Memakmurkan Masjid Berbasis Kegiatan Remaja Masjid. Jurnal SOLMA, 8(2), 239–247. https://doi.org/10.29405/solma.v8i2.3392

References

    Astuti, S. (2002). Tinjauan Aspek Mutu dalam Kegiatan Industri Pangan. Institut Pertanian Bogor.
    Baran, Stanley J. & Davis, D. K. (2010). Teori Komunikasi Massa"¯: Dasar, Pergolakan, dan Masa Depan. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.
    George, P., Dumenco, L., Dollase, R., Taylor, J., Wald, H., & Reis, S. (2013). Introducing technology into medical education: Two pilot studies. Patient Education and Counseling, 293(3), 522–524. https://doi.org/https://doi. org/10.1016/j.pec.2013.04.018.
    Nasikin, M. (2017). Memakmurkan Masjid Melalui Gerakan Shalat Berjama'ah di Desa Parampuan Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 16(1), 93–102. Nevihwa, N., Maya, R., & Yasyakur, M. (2018). Peran Perhimpunan Remaja Masjid At-Taqwa (Permat. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 16(1), 93–102.
    Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
    Nevihwa, N., Maya, R., & Yasyakur, M. (2018). Peran Perhimpunan Remaja Masjid At-Taqwa (Permata) Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Masyarakat Kampung Ciampea Ilir Desa Tegalwaru Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1), 19–27.
    Nuraini dan Muhtarima, M. F. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo. Jurnal Pendidikan Islam, 1, 52–80.
    Restendy, M. S. (2018). Dakwah Virtual Yayasan Spirit Dakwah Indonesia (SPIDI) Tulungagung. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (pp. 298–305).
    Risdiana, A., & Ramadhan, R. B. (2019). Dakwah Virtual sebagai Banalitas Keberagamaan di Era Disrupsi. FIKRAH, 7(1), 133–154.
    Siswanto, B. (2019). Peranan Masjid Dalam Membentuk Karakter Akhlak Muslim Mahasiswa Stsn. Tadrib, 5(1), 21–33.
    Supratman, L. P. (2018). Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native.
    Surjono, H. D. (2013). Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) dalam Peningkatan Proses Pembelajaran yang Inovatif. Seminar Nasional Pendidikan & Saintec UMS.
    Tjahyadi, S. (2007). Ilmu Teknologi dan Kebudayaan. yogyakarta: Liberty Yogyakarta.
    Wasesa, S. A. (2011). Political Branding & Public Relations. Jakarta: PT Gramedia.
    Weiss, M. L. (2018). Media Power in Indonesia: Oligarchs, Citizens and The Digital Revolution by Ross Tapsell (Review). USA: Cornell University Press.

Most read articles by the same author(s)