Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat kepada anggota Himpunan Seluruh Pendidik dan Penguji Pendidikan Seluruh Indonesia (HISPPI) ini merupakan pengabdian masyarakat yang kedua kalinya. Pada kesempatan ini pengabdian masyarakat ini membahas pemanfaatan aplikasi perkantoran khususnya Microsoft Power Point untuk pembuatan materi presentasi anggota HISPPI dalam mendemontrasikan cara merias pengantin di Lembaga Kursus Kecantikan. Sebagian besar anggota HISPPI tidak mempunyai latar belakang komputasi, bahkan ada yang buta dengan penggunaan Ms.Office. Padahal setiap acara yang diselenggarakan oleh Lembaga Kursus, diharuskan menggunakan materi presentasi dimana isi presentsi tersebut adalah langkah-langkah tata rias yang langsung dipraktikkan kepada model. Maka para anggota HISPPI dituntut untuk dapat membuat materi presentasi yang dipersembahkan dengan praktik kepada model tanpa harus dioperasikan oleh operator yang mengoperasikan komputer. Pengabdian masyarakat ini dilakukan pada tanggal 1–3 Maret 2019 diikuti oleh anggota HISPPI yang kebanyakan para-para ibu pemilik Salon. Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan cara pendampingan langsung pada pembuatan materi presentasi dengan luaran adalah video presentasi. Hanya 10% anggota HISPPI yang memiliki latar belakang komputer, dan 90% masih buta terhadap pembuatan materi presentasi. Setelah dilakukan pengabdian masyarakat ini 60% anggota HISPPI telah membuat materi presentasi berupa video presentasi.
Keywords
Article Details
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Asrori, I., & Ahsanuddin, M. (2015). Media Pembelajaan Bahasa Arab: dari Kartu Sederhana sampai Web Penjelajah Dunia. VC Bintang Sejahtera Press.
- Badan Pusat Statistik. (2016). Sensus Ekonomi 2016. https://se2016.bps.go.id/umkumb/
- Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor: 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.
- Hamadin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis TIK Dengan Pendekatan Saintifik. Journal of Physics Learning, 3(2), 51–62.
- Indriyanto, J., & Afriliana., I. (2019). Peningkatan Kompetensi Anggota HISPPI Kota Tegal dalam Penggunaan Aplikasi Berbasis Android. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 13–17.
- Irmayani, & Sudirman, A. M. (2019). Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Pelatihan Microsoft Office pada Aparat Desa di Kecamatan Lamasi Timur Kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi Selatan. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 20–27.
- Juliprijanto, W., Sarfiah, S. N., & Priyono, N. (2017). Diskripsi dan Permasalahan Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) (Studi Kasus Ukm di Desa Balesari, Kecamatan Windusari). Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 2(1), 77–90. https://doi.org/10.31002/rep.v2i2.224
- Kemendikbud. (2012). Laporan Akuntabilitas Kinerja Kementrian Pendidikan dan Kebdayaan Tahun 2011. Kemendikbud.
- Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Prenada Media Group.
- Nurhidayati, Asrori, I., Ahsanuddin, & Dariyadi, M. H. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint dan Pemanfaatan Aplikasi Android untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal Karinov, 2(3), 181–184.
- Rokhman, M. M., Wibowo, A. S., Pranoto, A. Y., & Widodo, A. K. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Office Pada Staf Pengajar Di SMPLBN (Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri) Kota Malang. Jurnal MNEMONIC, 1(1). http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3340
- Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. SIMBOLIKA, 4(1), 62–72. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474
- Srimaya, S. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Biotek, 5(1), 53–68.
- Suryani, L., Waliulu, Faisal, R., Murniyasih, & Ery. (2019). Pengembangan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Android dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) untuk Menentukan Prioritas Pengembangan Usaha Kecil Menengah di Kota Sorong. Jurnal Elektro Luceat, 5(2), 1–15.
- Syah, A. Z., Ramdhan, W., Hasanah, U., & Yesputra, R. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Pada Lembaga Kursus Pendidikan (LKP) Mandiri Computer. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 2(2), 139–144. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v2i2.372
References
Asrori, I., & Ahsanuddin, M. (2015). Media Pembelajaan Bahasa Arab: dari Kartu Sederhana sampai Web Penjelajah Dunia. VC Bintang Sejahtera Press.
Badan Pusat Statistik. (2016). Sensus Ekonomi 2016. https://se2016.bps.go.id/umkumb/
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor: 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.
Hamadin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis TIK Dengan Pendekatan Saintifik. Journal of Physics Learning, 3(2), 51–62.
Indriyanto, J., & Afriliana., I. (2019). Peningkatan Kompetensi Anggota HISPPI Kota Tegal dalam Penggunaan Aplikasi Berbasis Android. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 13–17.
Irmayani, & Sudirman, A. M. (2019). Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Pelatihan Microsoft Office pada Aparat Desa di Kecamatan Lamasi Timur Kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi Selatan. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 20–27.
Juliprijanto, W., Sarfiah, S. N., & Priyono, N. (2017). Diskripsi dan Permasalahan Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) (Studi Kasus Ukm di Desa Balesari, Kecamatan Windusari). Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 2(1), 77–90. https://doi.org/10.31002/rep.v2i2.224
Kemendikbud. (2012). Laporan Akuntabilitas Kinerja Kementrian Pendidikan dan Kebdayaan Tahun 2011. Kemendikbud.
Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Prenada Media Group.
Nurhidayati, Asrori, I., Ahsanuddin, & Dariyadi, M. H. (2019). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint dan Pemanfaatan Aplikasi Android untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal Karinov, 2(3), 181–184.
Rokhman, M. M., Wibowo, A. S., Pranoto, A. Y., & Widodo, A. K. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Office Pada Staf Pengajar Di SMPLBN (Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri) Kota Malang. Jurnal MNEMONIC, 1(1). http://eprints.itn.ac.id/id/eprint/3340
Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya. SIMBOLIKA, 4(1), 62–72. https://doi.org/10.31289/simbollika.v4i1.1474
Srimaya, S. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Biotek, 5(1), 53–68.
Suryani, L., Waliulu, Faisal, R., Murniyasih, & Ery. (2019). Pengembangan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Android dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) untuk Menentukan Prioritas Pengembangan Usaha Kecil Menengah di Kota Sorong. Jurnal Elektro Luceat, 5(2), 1–15.
Syah, A. Z., Ramdhan, W., Hasanah, U., & Yesputra, R. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Pada Lembaga Kursus Pendidikan (LKP) Mandiri Computer. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 2(2), 139–144. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v2i2.372