Main Article Content
Abstract
Program agrofood technopreneur merupakan salah satu bentuk program pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk memfasilitasi semua kreatifitas mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) Brebes yang bisa bernilai ekonomis. Metode pelaksanaan program ini dibagi menjadi tiga fase yaitu fase penyadaran kewirausahaan, fase peningkatan kapasitas dan fase pembinaan. Program agrofood technopreneur ini juga membuka pola pikir mahasiswa untuk dapat memanfaatkan waktu luang yang dimiliki untuk lebih produktif dengan memulai bisnis termasuk bisnis pengolahan pangan atau bidang agribisnis yang dapat dilakukan di rumah dengan konsep Small Office Home Office (SOHO). Program agrofood Technopreneur juga bekerja sama dengan laboratorium teknologi pangan UMUS untuk memberikan pelatihan-pelatihan dengan produk unggulan nata de coco dan nata de soya. Program ini juga melaukan pelatihan pemasaran secara ofline dengan mengikuti banyak event serta pemasaran secara online dengan aktif memasarkan produk di bukalapak, shoope, tokopedia, dan google bisnisku.
Keywords
Article Details
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
-
Hasbullah, R., Surahman, M., A, Y., Almada, D., & Faizaty, E. N. (2014). Model Pendampingan UMKM Pangan Melalui Inkubator Bisnis Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 19(1).
Maria, M., & Cuato, J. P. . (2012). The triple helix model and dynamics of innovation: a case study,. Journal of Knowledge-Based Innovation, 4(1), 36–54.
Masrikhiyah, R. (2019). Peningkatan Mutu Pengetahuan Siswa Mengenai Natural Science in MI Ikhsaniyah Kupu: Pengenalan dan Praktik Penggunaan Mikroskop. Randang Tana. Jurnal Pengabdian Masyarakat., 2(1).
Mohammad, A. . (2012). The Measurement of Entrepreneurial Personality and Business Performance in Trenggano Creative Industry, International. Journal of Business and Management, 6(6), 183–192.
Utami, N. S., & Adita, M. D. (2019). Pengenalan Analisis Break Even Point (BEP) Sebagai Bekal bagi Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan Dalam Menumbuhkan Jiwa wirausaha. Randang Tana"¯: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 54–60.
References
Maria, M., & Cuato, J. P. . (2012). The triple helix model and dynamics of innovation: a case study,. Journal of Knowledge-Based Innovation, 4(1), 36–54.
Masrikhiyah, R. (2019). Peningkatan Mutu Pengetahuan Siswa Mengenai Natural Science in MI Ikhsaniyah Kupu: Pengenalan dan Praktik Penggunaan Mikroskop. Randang Tana. Jurnal Pengabdian Masyarakat., 2(1).
Mohammad, A. . (2012). The Measurement of Entrepreneurial Personality and Business Performance in Trenggano Creative Industry, International. Journal of Business and Management, 6(6), 183–192.
Utami, N. S., & Adita, M. D. (2019). Pengenalan Analisis Break Even Point (BEP) Sebagai Bekal bagi Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan Dalam Menumbuhkan Jiwa wirausaha. Randang Tana"¯: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 54–60.