Main Article Content
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat ini di latar belakangi oleh kurangnya peran TPQ dalam penanaman pendidikan karakter (religius). Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah adanya pembaharuan kurikulum yang di terapkan di TPQ, penguatan peran TPQ dalam pendidikan karakter religius . pengabdian ini dilakukan dengan menggunakan metode Konsultasi, yaitu berupa diskusi interaktif ,Mediasi, tim pengabdian sebagai mediator terkait penyelesaian masalah, Pendampingan, yaitu tim pengabdian melakukan pengabdian terhadap santri di TPQ Silastra dan terhadap pengajar TPQ Silastra. Adapun hasil dan temuan dalam pengabdian ini adalah 1). Terdapat penguatan karakter religious (Islam) pada santri TPQ Salastra, 2) pengajar dapat mengembangkan pembelajaran dengan memasukan unsur karakter, 3) habituasi yang di laksanakan di TPQ Silastra, merupakan salah satu alternatif dalam usaha penguatan pendidikan karakter religious (Islam) kepada santri.
Keywords
Article Details
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
-
F Kh & Mukhlis. (2017). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Menurut Q.S. LUKMAN : 13 – 19, PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume 3 Nomor 3a Desember 2017 P-ISSN: 2599-0438; E-ISSN: 2599-042X
Faizah, dkk dalam Zuhdi. (2010). Pengembangan model pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran bidang studi di Sekolah Dasar. e-jurnal Cakrawala Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Fujiawati.(2016). Pemahaman Konsep Kurikulum Dan Pembelajaran Dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni, Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni Vol.1, No.1, April 2016 ISSN 2503-4626
Hadisi. (2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini, Jurnal Al-Ta'dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember
Hidayah, et al. (2018). Pendidikan Karakter Religius pada Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Awal. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan. Volume 2, Issue 2, Desember 2018. DOI: https://doi.org/10.25217/ji.v3i2.333
Retnasari & Suharno. (2018). Strategi SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta Dalam Pembiasaan Karakter Kewarganegaraan Pada Peserta Didik, Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 1 hal.52-62. Diakses dari e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/1903
Sudaryanti. (2012). Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak, Volume 1, Edisi 1, Juni 2012 DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2902
Tim PPK. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta : Kemendikbud.
References
Faizah, dkk dalam Zuhdi. (2010). Pengembangan model pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran bidang studi di Sekolah Dasar. e-jurnal Cakrawala Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Fujiawati.(2016). Pemahaman Konsep Kurikulum Dan Pembelajaran Dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni, Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni Vol.1, No.1, April 2016 ISSN 2503-4626
Hadisi. (2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini, Jurnal Al-Ta'dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember
Hidayah, et al. (2018). Pendidikan Karakter Religius pada Sekolah Dasar: Sebuah Tinjauan Awal. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan. Volume 2, Issue 2, Desember 2018. DOI: https://doi.org/10.25217/ji.v3i2.333
Retnasari & Suharno. (2018). Strategi SMP Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta Dalam Pembiasaan Karakter Kewarganegaraan Pada Peserta Didik, Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 1 hal.52-62. Diakses dari e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/view/1903
Sudaryanti. (2012). Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak, Volume 1, Edisi 1, Juni 2012 DOI: https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2902
Tim PPK. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta : Kemendikbud.