Penerapan Dapur Sehat Dan Penggunaan Laru Alami Untuk Meningkatkan Kualitas Gula Kelapa

  • Tarjoko Tarjoko Universitas Jenderal Soedirman
  • Suyono Suyono Universitas Jendral Soedirman
  • Yulia Yulia Universitas Jendral Soedirman
  • Lilia Nawang Anjasari Universitas Jendral Soedirman
Keywords: Dapur sehat, laru, Gula kelapa

Abstract

Desa rangkah merupakan salah satu sentra penghasil gula di Kabupaten Kebumen. Terdapat sekitar 51 unit industri gula kelapa dalam skala rumah tangga. Gula kelapa masih diproduksi secara tradisional, menggunakan dapur yang kurang bersih dan laru sintetis (“Sodium metabisulfida”) yang turut andil dalam menghasilkan gula yang tidak sehat. Salah satu program kegiatan yang dilaksanakan adalah pembenahan dapur dan penggunakaan laru alami untuk memperbaiki kualitas gula kelapa menjadi lebih sehat. Kegiatan KKN dapat meningkatkan kualitas dapur sehat sebesar 33,60% dan dengan gula menggunakan laru alami menampilkan warna, tekstur, rasa dan flavor yang lebih disukai daripada gula dengan menggunakan laru sintetis “Sodium metabisulfida”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, S. 2002. Tinjauan Aspek Mutu dalam Kegiatan Industri Pangan. Institut Pertanian Bogor.
BPOM. (2002). Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga. http://www. ebookpangan.com/EBOOK%20GRATIS/Ebook%20Pangan/PRODUKSI%20 PAN-GAN%20YANG%20BAIK%20SKALA%20RT% 20DAN%20PEDOMAN% 20PE-NILAIAN.pdf. 20 Agustus 2017
Cahyadi, S. 2006. Analisis dan Aspek Kesehatan Bahan Tambahan Pangan. Cetakan Pertama. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Muhtadi, T.R., dan Sugiono. 1992. Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan. Departemen Pedididikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Tinggi, Pusat Aantar Universitas Pangan dan Gizi. Institut Pertanian Bogor.
Nurjanah, N. 2004. Diversifikasi Penggunaan Cengkeh. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca Panen Pertanian, Bogor.
Suhardiyono, 1991. Tanaman krlapa, budidaya dan pemanfaatannya. Kanisius, Yogyakarta.
Suliantari. 2009. Aktivitas antibakteri dan mekanisme penghambatan Ekstrak Sirih Hijau(piper Betle Linn) Terhadap bakteri Patogen Pangan (On line). Sekolah Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor.
Published
2019-04-30
How to Cite
Tarjoko, T., Suyono, S., Yulia, Y., & Anjasari, L. N. (2019). Penerapan Dapur Sehat Dan Penggunaan Laru Alami Untuk Meningkatkan Kualitas Gula Kelapa. Jurnal SOLMA, 8(1), 39-46. https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2967