Pendidikan Kesehatan Terintegrasi di Desa Anggadita Kabupaten Karawang

  • Hidayati Hidayati Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka
  • Lelly Qadariah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Arovah Widiani Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Pendidikan kesehatan menurut pengertiannya adalah sekumpulan pengalaman yang mendukung kebiasaan sikap dan pengetahuan yang berhubungan dengan kesehatan individu dan masyarakat. Pendidikan kesehatan terintegrasi di lakukan untuk meleburkan lapisan sosial masyarakat yang terdiri dari kelompok umur yang berbeda dengan metode dan teknik yang berbeda pula. Kegiatan Pendidikan kesehatan terintegrasi di Desa Anggadita dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan untuk kelompok umur dewasa dan lansia melalui pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan gula darah sewaktu serta penyampaian informasi terkait pencegahan penyakit hipertensi dan diabetes. Sedangkan untuk kelompok usia sekolah (Sekolah Dasar) dilakukan pelatihan kader kesehatan melalui pelatihan dokter cilik. Pendidikan kesehatan ditujukan agar masyarakat Desa Anggadita sadar, mau, mampu dan menjadi mandiri untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan yang terjadi pada diri sendiri, keluarga maupun masyarakat di Desa Anggadita.
Kata Kunci: Pendidikan Kesehatan, Pendidikan Kesehatan Terintegrasi, Pemeriksaan kesehatan, Pemberian Informasi, Pelatihan.
Abstract
Health education according to its understanding is a set of experiences that support attitudes and knowledge related to the health of individuals and society. Integrated health education is carried out to merge social layers consisting of different groups with different methods and techniques. Educational activities in Anggadita Village were carried out with health checks for the adult and elderly groups through blood pressure checks and blood sugar checks as well as the delivery of information related to prevention of hypertension and diabetes. For elementary schools, gait trainingdokter cilik for students. Health education is intended so that the people of Anggadita are aware, willing, capable and independent to overcome health problems that occur in themselves, their families or communities in the village of Anggadita.
 
Keywords: Health Education, Integrated Health Education, Health Screening, Information Giving, Training.
 
 

References

1. Kementerian Kesehatan RI. Undang-Undang Republik Indonesia No.36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. (2009).
2. Notoadmodjo, S. Ilmu perilaku kesehatan. (Rineka Cipta, 2010).
3. Mardhiah, A., Abdullah, A., Masyarakat, K., Muhammadiah, U. & Aceh, B. Pendidikan Kesehatan Dalam Peningkatan Pengetahuan , Sikap Dan Keterampilan Keluarga Dengan Hipertensi - Pilot Study. J. Ilmu Keperawatan (2013).
4. Windasari, N. N., Wibowo, S. & Afandi, M. Pendidikan Kesehatan Dalam Meningkatkan Kepatuhan Merawat Kaki pada Pasien Diabetes Melitus Tipe II. 1–5 (2014). doi:10.1007/s13398-014-0173-7.2
5. Delamater & M, A. Improving Patient Adherence. Clin. Diabetes 24, (2006).
6. Ministry of Health Republic of Indonesia. Indonesia Health Profile 2015. (2016).
7. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016. (2017). doi:10.1111/evo.12990
8. R.S, K. & Wardani, Y. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pola Pencarian Pengobatan Ke Pelayanan Kesehatan Alternatif Pasien Suspek Tuberculosis Di Komunitas. KESMAS 7, 55–112 (2013).
9. Shaikh, B. T., Haran, D., Hatcher, J. & Iqbal Azam, S. Studying health-seeking behaviours: Collecting reliable data, conducting comprehensive analysis. J. Biosoc. Sci. 40, 53–68 (2008).
10. Short, S. E., Yang, Y. C. & Jenkins, T. M. Sex, gender, genetics, and health. Am. J. Public Health 103, 93–101 (2013).
11. Ayub, A. M. PELATIHAN , MODUL Dan MATERI ‘Dokter Cilik’. (2017).
12. Mondy, R. W. Manajemen Sumber Daya Manusia (Jilid 1) (Edisi 10). (Erlangga, 2009).
13. Kirkpatrick, D. L. & Kirkpatrick, J. D. Implementing the Four Levels: A Practical Guide for Effective Evaluation of Training Programs. (Berrett-Koehler Publishers; 1 edition, 2007).
Published
2019-04-30
How to Cite
HIDAYATI, Hidayati; QADARIAH, Lelly; WIDIANI, Arovah. Pendidikan Kesehatan Terintegrasi di Desa Anggadita Kabupaten Karawang. Jurnal SOLMA, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 80-89, apr. 2019. ISSN 2614-1531. Available at: <https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/2825>. Date accessed: 23 oct. 2019. doi: https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2825.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.