Pengembangan Unit Bisnis Jasa Konsultasi Green Building di Universitas Widya Kartika

  • Ary Dwi Jatmiko Universitas Widya Kartika Surabaya
  • Agustinus Angkoso Universitas Widya Kartika

Abstract

Beberapa tahun terkahir kita merasakan perubahan yang terjadi pada cuaca. Terjadi pergeseran dan perubahan tidak menentu. Diantaranya tingginya curah hujan dan tidak turun hanya pada musim penghujan, tetapi juga ditengah-tengah musim kemarau. Juga terjadinya kemarau yang berkepanjangan, dan peningkatan suhu. Hal ini adalah fenomena perubahan iklim, yang dipengaruhi oleh kadar gas rumah kaca melebihi batas. Semua hal ini dipengaruhi oleh kegiatan manusia, terutama peningkatan kebutuhan energi, yang dimana kebutuhan ini juga meningkatkan kadar karbon dioksida di atmosfir. Banyak terjadi gerakan untuk memperbaiki, atau mengurangi dampak itu semua. Salah satu gerakannya adalah Green Building. Kebutuhan untuk mewujudkan gedung ramah lingkungan meningkat di beberapa negara. Peluang inilah yang diambil oleh unit bisnis yang dibentuk di Universitas Widya Kartika. Unit bisnis yang diajukan ke dalam program PPUPIK yang didanai oleh Kemenristekdikti ini memiliki nama Green Building Widya Kartika. Unit ini merupakan kerja sama antara Program Studi Arsitektur dan Program Studi Teknik Sipil. Solusi yang diajukan yaitu peningkatan kompetensi sumber daya manusia dalam bidang Green Building, berperan aktif dalam komunitas Green Building, aktif melakukan sosialisasi, dan pelatihan, sebagai media promosi, serta meningkatkan kemampuan untuk membuat modeling bangunan dengan menggunanakan Building Information Modeling untuk kebutuhan simulasi. Dengan aktif di Green Building Council Indonesia, dipercaya untuk menjadi representatif Green Building Council Indonesia di Surabaya dan sekitar. Informasi terbaru dan peluang yang menyangkut Green Building, dapat didapat dengan mudah. Ditunjang dengan banyaknya tenaga ahli yang dimiliki dan penguasaan Building Information Modeling, menjadikan unit ini memiliki peluang yang besar.

References

Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia. Permen no. 02/PRT/M/2015. Jakarta: Kementrian PU dan PR RI, 2015.
Pusat Penanggulangan Krisis Kesehatan, Kemenkes RI. http://www.penanggulangankrisis.depkes.go.id. 26 Januari 2015. 30 April 2015.
Salanto, Ferry. Kompas.com. 13 Januari 2014. 29 April 2015.
Green Building Council Indonesia. Apa itu Green Building?. www.YouTube.com. https://www.youtube.com/watch?v=DitBPAkFQUE, diakses 31 Oktober 2018.
Published
2019-04-30
How to Cite
JATMIKO, Ary Dwi; ANGKOSO, Agustinus. Pengembangan Unit Bisnis Jasa Konsultasi Green Building di Universitas Widya Kartika. Jurnal SOLMA, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 91-100, apr. 2019. ISSN 2614-1531. Available at: <https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/2563>. Date accessed: 23 oct. 2019. doi: https://doi.org/10.29405/solma.v8i1.2563.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.