Pengelolaan Metode Pembelajaran dengan Memanfaatkan Museum Pada Pembelajaran Sejarah Bagi Guru SMA Muhammadiyah Makasar

  • Merina Merina Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Daniel Fernandez Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA

Abstract

Keberadaan museum merupakan bentuk representative sebuah kota. SMA Unismu Makasar merupakan sekolah yang dikeliling berbagai macam museum. Hal ini dapat menjadial ternatif proses pelaksanaan pembelajaran  sejarah. sebuah Kunjungan ke situs sejarah juga dapat membantu siswa menyerap situasi kejiwaan yang terjadi di kala itu. Pola pembelajaran sejarah dengan observasi langsung ke berbagai situs sejarah dapat memberikan pengalaman yang lebih bermakna dari pada sekerdar belajar dengan cara menghafal oleh karena itu pengembangan metode pembelajaran sejarah dengan kunjungan ke museum adalah satu metode yang dapat dicoba dan diterapkan. Guru sejarah di Unismu  sudah sepantasnya mendapatkan pelatihan mengenai metode pembelajaran ini. Pelatihan pengembangan metode melalui kunjungan museum dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu mulai dari perancangan model, pemilihan media dan bahan ajar dan simulasi kegiatan.

References

Hartono. (2001). Pengembangan Pembelajaran Dengan Pendekatan Model-Model Pengajaran Sejarah. Semarang: PT. Prima Nugraha Pratama.
Irdana, N.,& Kurnarawarman, S. (2018). Konsep Penataan Koleksi Museum untuk Mempermudah Pemahaman Wisatawan dalam Wisata Edukasi Arsip dan Koleksi Perbankan di Musesum Bank Mandiri Jakarta. Diplomatika, 1(2): 132-147.
Kushardjanto. (2015). Museum Nasional Indonesia. Jakarta: Museum Nasional Indonesia.
Mursidi, A. (2010). Pemanfaatan Museum Blambangan sebagai Sumber belajar Sejarah di Kelas X SMA Negeri Kabupaten Banyuwangi. Paramita, 20(2): 190-202.
Nugroho, A., & Mareza, L. (2016). Pemanfaatan Museum BRI dan Museum Jenderal Sudirman sebagai Sumber Belajar IPS oleh Siswa dan Guru SD di Purwokerto. Khazanah Pendidikan, 9(2).
Syafii. (2014). Museum sebagai Sumber Belajar dalam Upaya Pelestarian Ukir di Jepara: Sebuah Wacana. Imajinasi: Jurnal Seni, 7(1): 55-62.
Published
2018-10-30
How to Cite
MERINA, Merina; FERNANDEZ, Daniel. Pengelolaan Metode Pembelajaran dengan Memanfaatkan Museum Pada Pembelajaran Sejarah Bagi Guru SMA Muhammadiyah Makasar. Jurnal SOLMA, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 258-265, oct. 2018. ISSN 2614-1531. Available at: <https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/2235>. Date accessed: 26 apr. 2019. doi: https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.2235.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.