Main Article Content
Abstract
Background: Keterbatasan pemanfaatan media pembelajaran digital di sekolah, khususnya pada forum MGMP Matematika SMA Kota Lhokseumawe, berdampak pada rendahnya variasi metode pembelajaran yang digunakan guru. Kondisi ini mendorong perlunya pelatihan dalam pengembangan media berbasis teknologi, salah satunya Augmented Reality (AR) menggunakan aplikasi Assemblr Edu. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam merancang media pembelajaran interaktif yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di era society 5.0. Metode: Metode yang digunakan adalah Participatory Rural Appraisal (PRA) dengan melibatkan 13 guru secara aktif sejak tahap analisis kebutuhan hingga implementasi. Pelatihan dilaksanakan dalam dua pertemuan, meliputi pengenalan konsep AR, praktik pembuatan media melalui Assemblr Edu, serta pendampingan dalam evaluasi hasil karya guru. Hasil: Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan guru dalam mengembangkan media AR, ditunjukkan dengan meningkatnya rasa percaya diri, kreativitas, serta relevansi produk dengan kebutuhan siswa. Evaluasi juga memperlihatkan tingkat kepuasan tinggi, di mana 100% peserta berminat mengikuti pelatihan lanjutan dan 85,7% merasa lebih percaya diri menggunakan AR. Kesimpulan: Pelatihan ini tidak hanya memperkuat kompetensi guru dalam pemanfaatan teknologi, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap kualitas pembelajaran dan motivasi belajar siswa.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Alfitriani, N., Maula, W. A., Hadiapurwa, A. (2021). Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 38(1), 30-38. https://doi.org/10.15294/jpp.v38i1.30698
- Ardian, Z., Ariani, P. E., Nuzul, R. (2021). Pembuatan Aplikasi AR Geokul Sebagai Media Pembelajaran Bentuk Molekul Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Journal of Informatics and Computer Science, 7(2), 68-71. https://jurnal.uui.ac.id/index.php/jics/article/view/1641/858
- Joylitha, R. U., Agusdianita, N., & Lusa, H. (2024). Pengaruh Media Augmented Reality Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang (Kubus dan Balok) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Seminar Nasional &Amp; Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 10–15. Retrieved from https://semnaspendas.unpak.ac.id/index.php/SEMNASPENDAS/article/view/6
- Lesatri, M. A., Santoso, M. B., Mulyana, N. (2020). Penerapan Teknik Participatory Rural Appraisal (PRA) Dalam Menangani Permasalahan Sampah. Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (JPPM), 1(1), 55-61. https://doi.org/10.24198/jppm.v1i1.30953
- Muin, A. A., Hafiz, A., Karyadiputra, E., Rahman, F. Y., Pratama, S., Setiawan, A. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Di SDN Tabing Rimbah 2. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 193 – 198. https://doi.org/10.52072/abdine.v3i2.603
- Najri, P. (2020). MGMP dalam Meningkatkan Keprofesionalan Guru Mata Pelajaran. AKTUALITA Jurnal Penelitian Sosial dan Keagamaan, 10(1), 130-144.
- Rachim, M. R., Salim, A., Qomario, Q. (2024). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa dalam Pendidikan Modern. Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran (JRIP), 4(1), 594-605. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1407
- Sakinah, A. N., Mahya, A. F. P., Santoso, G. (2022). Revolusi Pendidikan di Era society 5.0; Pembelajaran, Tantangan, Peluang, Akses, dan Keterampilan Teknologi. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 1(2), 18-28.
- Salsabila, B., Akhyar, A., Setiawan, A., Chandra, D. A. (2023). Pemanfaatan Augmented Reality (AR) sebagai Media Pembelajaran Kelas VII SMPN 1 Rambah. Journal on Education, 6(1), 856-863. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3002
- Sapulette, V. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Teacher Education, 5(1), 208-213.
- Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era society 5.0. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial, 9(1), 24-35.
- Wiliyanti, V., Ayu, S. N., Noperi, H., Suryani, Y. A. (2024). Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Peserta Didik. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(2), 953-964. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i2.1359
- Yusup, A. H., Azizah, A., Rejeki, E. S., Silviani, M., Mujahidin, E., Hartono, R. (2023). Literature Review: Peran Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dalam Media Sosial. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(5), 209-217. https://doi.org/10.59818/jpi.v3i5.575
References
Alfitriani, N., Maula, W. A., Hadiapurwa, A. (2021). Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 38(1), 30-38. https://doi.org/10.15294/jpp.v38i1.30698
Ardian, Z., Ariani, P. E., Nuzul, R. (2021). Pembuatan Aplikasi AR Geokul Sebagai Media Pembelajaran Bentuk Molekul Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Journal of Informatics and Computer Science, 7(2), 68-71. https://jurnal.uui.ac.id/index.php/jics/article/view/1641/858
Joylitha, R. U., Agusdianita, N., & Lusa, H. (2024). Pengaruh Media Augmented Reality Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang (Kubus dan Balok) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. Seminar Nasional &Amp; Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 10–15. Retrieved from https://semnaspendas.unpak.ac.id/index.php/SEMNASPENDAS/article/view/6
Lesatri, M. A., Santoso, M. B., Mulyana, N. (2020). Penerapan Teknik Participatory Rural Appraisal (PRA) Dalam Menangani Permasalahan Sampah. Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (JPPM), 1(1), 55-61. https://doi.org/10.24198/jppm.v1i1.30953
Muin, A. A., Hafiz, A., Karyadiputra, E., Rahman, F. Y., Pratama, S., Setiawan, A. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Di SDN Tabing Rimbah 2. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 193 – 198. https://doi.org/10.52072/abdine.v3i2.603
Najri, P. (2020). MGMP dalam Meningkatkan Keprofesionalan Guru Mata Pelajaran. AKTUALITA Jurnal Penelitian Sosial dan Keagamaan, 10(1), 130-144.
Rachim, M. R., Salim, A., Qomario, Q. (2024). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa dalam Pendidikan Modern. Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran (JRIP), 4(1), 594-605. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1407
Sakinah, A. N., Mahya, A. F. P., Santoso, G. (2022). Revolusi Pendidikan di Era society 5.0; Pembelajaran, Tantangan, Peluang, Akses, dan Keterampilan Teknologi. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 1(2), 18-28.
Salsabila, B., Akhyar, A., Setiawan, A., Chandra, D. A. (2023). Pemanfaatan Augmented Reality (AR) sebagai Media Pembelajaran Kelas VII SMPN 1 Rambah. Journal on Education, 6(1), 856-863. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3002
Sapulette, V. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Teacher Education, 5(1), 208-213.
Subandowo, M. (2022). Teknologi Pendidikan di Era society 5.0. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial, 9(1), 24-35.
Wiliyanti, V., Ayu, S. N., Noperi, H., Suryani, Y. A. (2024). Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Terhadap Pemahaman Konsep dan Minat Belajar Peserta Didik. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(2), 953-964. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i2.1359
Yusup, A. H., Azizah, A., Rejeki, E. S., Silviani, M., Mujahidin, E., Hartono, R. (2023). Literature Review: Peran Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Dalam Media Sosial. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(5), 209-217. https://doi.org/10.59818/jpi.v3i5.575
