Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Kurikulum Merdeka mendorong guru untuk menciptakan pembelajaran yang mandiri dan berorientasi pada pengembangan keterampilan abad ke-21, termasuk kemampuan beradaptasi dengan teknologi digital. Namun kenyataannya, banyak guru matematika di Kota Lhokseumawe masih menghadapi kendala yang signifikan dalam memanfaatkan teknologi digital dan belum cukup familiar dengan teknologi digital yang dibutuhkan untuk mendukung pencapaian tujuan kurikulum Merdeka secara efektif. Pelatihan ini bertujuan untuk Meningkatkan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran digital dengan menggunakan platform digital Quzizz, serta menghasilkan media pembelajaran digital untuk pembelajaran matematika yang sesuai dengan standar Kurikulum Merdeka. Metode: Metode pelaksanaan terdiri dari survei kebutuhan, pelatihan teknis dalam dua pertemuan, pendampingan, dan evaluasi hasil pelatihan. Pelatihan pembuatan media pembelajaran digital dilaksanakan oleh tim pengabdian bekerja sama dengan MGMP Matematika Tingkat SMP Kota Lhokseumawe dengan jumlah peserta sebanyak 13 guru. Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama dua hari. Pada hari pertama, para guru menerima materi pelatihan dan pada hari kedua, para guru didampingi untuk mempraktikkan secara langsung pembuatan media digital sesuai dengan karakteristik siswa, dan tingkat kelas yang mereka ajar di sekolah masing-masing. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan pemberian kuisioner kepada para peserta pelatihan. Hasil: Pelatihan ini berdampak positif dalam meningkatkan kompetensi guru-guru matematika, khususnya dalam merancang dan memanfaatkan media pembelajaran digital secara efektif. Kemampuan ini sangat mendukung implementasi Kurikulum Merdeka secara optimal. Kesimpulan: Setelah dilaksanakan pelatihan diperoleh informasi bahwa terjadi peningkatan kemampuan guru sebesar 89% dalam membuat dan mengembangkan media pembelajaran digital.

Article Details

How to Cite
Mahmuzah, R., Zahara, Y., Ardian, Z., Syafirly Ramadhana, & Rizka Suhaila. (2025). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Digital Sebagai Upaya Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada MGMP Matematika Tingkat SMP Se-Kota Lhokseumawe . Jurnal SOLMA, 14(1), 514–523. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.16890

References

  1. Ahyani, N., Fitria, H., Lian, B., & Nugroho, H. (2024). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Kinerja Guru. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(3 SE-Articles). https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i3.1283
  2. Arifin, Z. (2017). Kompetensi Guru dan Upaya Pengembangannya. PT Remaja Rosdakarya.
  3. Asril, R. (2022). Penerapan Media Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika , 3(1 SE-Articles), 326–332. https://doi.org/10.59098/mega.v3i1.495
  4. Fakhri Akhmad. (2023). Kurikulum Merdeka dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran : Menjawab Tantangan Sosial dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21. C.E.S (Confrence Of Elementary Studies), 1(1), 32–40. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19711/6716
  5. Fitriani, N., & Faridah, F. (2022). Pengelolaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS Di Kota Makassar. Jurnal Administrasi, Kebijakan, Dan Kepemimpinan Pendidikan (JAK2P), 3, 48. https://doi.org/10.26858/jak2p.v3i1.19447
  6. Guntur, M., Sahronih, S., & Ismuwardani, Z. (2023). Pengembangan Komik Sebagai Media Belajar Matematika di Sekolah Dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 8(1), 34–44.
  7. Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(0 SE-Articles). https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829
  8. Mongkau, J. G., & Pangkey, R. D. H. (2024). Kurikulum Merdeka: Memperkuat Keterampilan Abad 21 untuk Generasi Emas. Journal on Education, 6(4), 22018–22030. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6323
  9. Muin, A., Hafiz, A., Karyadiputra, E., rahman, F., Pratama, S., & Setiawan, A. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Di SDN Tabing Rimbah 2. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3, 193–198. https://doi.org/10.52072/abdine.v3i2.603
  10. Rachmi, Surachman, A., Putri, D. E., Nugroho, A., & Salfin. (2024). Transformasi Pendidikan di Era Digital Tantangan dan Peluang. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2 SE-Articles), 52–63. https://doi.org/10.62504/6y4qb169
  11. Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
  12. Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, 13–28.
  13. Wardana, A., Handayani, D., Kaunang, R., & Setijadi, N. (2024). Peranan Ict Dan Digital Media Dalam Edukasi. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 4, 450–457. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v4i2.1693
  14. Widya, W., Afriyani, M., Fadieny, N., & Raseukina, G. (2023). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Digital untuk Guru sebagai Upaya Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 5 Takengon. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIRA),

Most read articles by the same author(s)