Main Article Content

Abstract

Background: Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan sebagai respons terhadap tantangan global dalam menyebarkan pesan-pesan Islam moderat di tengah meningkatnya arus informasi digital dan isu intoleransi. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kapasitas anggota Forum Daiyah Fatayat dalam menerapkan ayat-ayat dakwah moderat melalui inovasi dakwah digital yang adaptif terhadap konteks sosial lokal. Metode: Metode yang digunakan adalah Community Education dengan pendekatan partisipatif melalui enam sesi pelatihan selama tiga bulan, mencakup literasi digital, desain konten, dan strategi komunikasi publik. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik; pemahaman konsep moderasi meningkat 39,7%, dan 85% peserta mampu menghasilkan minimal dua produk dakwah digital berkualitas. Analisis paired t-test menunjukkan perbedaan signifikan antara pra dan pascapelatihan (p < 0,05). Secara sosial, kegiatan ini memperkuat ekosistem dakwah perempuan berbasis digital dengan kenaikan jumlah tenaga dakwah aktif dari 45 menjadi 75 orang. Implikasi program ini adalah terbentuknya model pemberdayaan dakwah moderat berbasis komunitas perempuan yang dapat direplikasi di wilayah lain dalam mewujudkan Islam publik yang damai, toleran, dan inklusif.

Keywords

Digital Da'wah, Fatayat, Moderation. Dakwah Digital, Fatayat, Moderasi.

Article Details

How to Cite
Ulfa, U., Musyafaah, N., Yuwono, D. P., & Nuha, M. A. U. (2025). Pendampingan Penerapan Ayat-Ayat Dakwah Moderat Melalui Inovasi Dakwah Digital pada Forum Daiyah Fatayat Bojonegoro untuk Mewujudkan Islam Publik Inklusif. Jurnal SOLMA, 14(3), 4520–4530. https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20845

References

  1. Adeoye, M. A., & Noorhayati, S. M. (2024). Sacred Bytes: Assessing the Influence of Social Networks and Virtual Space on Religious Beliefs. 3(1).
  2. Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Cotextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Al-Mutaaliyah: Jurnal Pendidikan Guru …, Query date: 2022-09-22 12:46:18. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/mutaaliyah/article/view/3005
  3. Agustanti, R., Agustin, A., & ... (2022). Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran STAD Berbasis Lesson Study. Prosiding Seminar …, Query date: 2023-08-22 10:01:57. http://research-report.umm.ac.id/index.php/psnpb/article/view/5243
  4. Alim, S. (2020). Revitalisasi Dakwah Islam: Toleransi, Harmonisasi, Dan Moderasi. Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Kemasyarakatan, Query date: 2024-01-19 05:26:47. https://scholar.archive.org/work/wyjwfnseenchzflq5jbdlglb3u/access/wayback/http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/dakwah/article/download/17836/pdf
  5. Anoraga, B. (2020). New Media and Social Engagement The Promotion of Civic Pluralism in Contemporary Indonesia [UNSW Sydney]. https://doi.org/10.26190/UNSWORKS/23886
  6. Anwar, R. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Islam Moderat Pada Anak Usia Dini Dalam Keluarga Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme. Al Fitrah Journal Of Early Childhood Islamic …, Query date: 2023-08-18 17:28:44. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2120391
  7. Atmaja, A., & Rahmawati, A. (2020). Urgensi Inklusifitas Pelaksanaan Dakwah di Tengah Problematika Sosial. Jurnal Ilmiah Syi’ar, Query date: 2024-09-19 12:21:27. https://www.academia.edu/download/74988041/pdf.pdf
  8. Hamidah, K., Hussin, S., & Naharin, S. (2024). From Silence to Strength: A Women-centered Framework in Faith-based Community Organizing. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 19(1), 47–74. https://doi.org/10.21580/sa.v19i1.20832
  9. Idris, M. (2022). Analisis Fenomenologis Pesan Dakwah Digital PCNU Pamekasan. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, Query date: 2024-01-19 05:23:29. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/ulumuna/article/view/5479
  10. Ismawan, D., Tullah, N., Asbari, M., & ... (2022). Community Service in the Higher Education Environment. Journal of Community …, Query date: 2024-03-31 13:15:25. http://www.jocosae.org/index.php/jocosae/article/view/127
  11. Izza, I., Prayogi, S., & Setiawati, D. (2022). Diskriminasi Gender Pada Masa Pra Islam Terhadap Lahirnya Kesetaraan Gender. Dewaruci: Jurnal Studi Sejarah Dan …, Query date: 2024-09-05 13:53:45. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/dewaruci/article/view/195
  12. Naamy, N., & Hariyanto, I. (2021). Moderasi Beragama Di Ruang Publik Dalam Bayang-Bayang Radikalisme. Sophist: Jurnal Sosial Politik Kajian Islam Dan …, Query date: 2024-06-04 14:16:10. http://sophist.or.id/index.php/js/article/view/51
  13. Nurfitria, N. (2023). Peran Fatayat NU dalam Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Provinsi Banten. At TAWASUL: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran …, Query date: 2024-03-20 20:14:36. https://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/at-tawasul/article/view/506
  14. Rakhman, R., Piliang, Y., Ahman, H., & ... (2020). Peran Augmented Reality Dalam Meningkatkan Persepsi Visual Generasi Digital Native. Jurnal Sosioteknologi, Query date: 2022-07-05 14:41:01. https://core.ac.uk/download/pdf/295705757.pdf
  15. Said, M. M., Farhan, Pratama, K. F., Hamzah, A. A., Dwijayanto, A., Setiawan, N., Husurur, F., Ya’kub, E. M., Zaman, M. M., Syayekti, E. I. D., Lailiyah, W. K., Fadhlurrohman, M., Kardi, Habibi, M., Huda, M. M., Hadi, S., Rahman, K. A., Mulyadi, Pratama, F. A., … Setyawan, A. (2024). Trajectory Visi Kemanusiaan Sarjana NU. Publica Indonesia Utama.
  16. Zuhdi, A., & Sunata, I. (2020). Kolaborasi Dakwah Ulama Dan Umara Dalam Perspektif Islam. … : Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah, Query date: 2024-01-19 05:25:13. https://jurnalfuad.org/index.php/ishlah/article/view/12

Most read articles by the same author(s)