Main Article Content

Abstract

Background: Pondok Pesantren Adnan Al-Charis (PPAC) merupakan lembaga pendidikan agama Islam yang memiliki sejarah panjang dalam menyebarkan ajaran Islam. Meskipun PPAC telah lama berdiri dan memiliki banyak prestasi dalam bidang kajian kitab turats, pemanfaatan teknologi komputer dan informasi di pondok masih terbatas. Program pengabdian ini bertujuan untuk melakukan pendampingan dan pelatihan pemanfaatan teknologi komputer dan informasi bagi guru nahwu di pesantren tersebut, yang mana selaras dengan misi dari pondok tersebut ialah sebagai pondok yang salaf, modern dan juga inovatif. Metode: Kegiatan yang dilakukan meliputi pelatihan dasar-dasar teknologi informasi dan komputer, pendampingan dalam pemanfaatan teknologi komputer dan informasi untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar, serta pelatihan pembuatan soal sekaligus input pada aplikasi TCExam untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di pondok tersebut. Hasil: Hasil dari program pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan warga pondok dalam memanfaatkan teknologi komputer dan informasi, peningkatan integrasi dan pemanfaatan teknologi dalam kegiatan belajar-mengajar dan administrasi, serta peningkatan kapasitas pondok dalam melakukan publikasi dan syiar melalui konten digital. Program pengabdian ini dapat menjadi model bagi pondok pesantren lain yang memiliki permasalahan serupa dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komputer. Kesimpulan: Meningkatkan kapasitas pondok dalam melakukan publikasi dan syiar melalui konten digital.

Keywords

Pondok Pesantren Teknologi Informasi Aplikasi TCExam Islamic Boarding School TCExam Application Information Technology

Article Details

How to Cite
Musyafa’ah, N., Santi, N. C., Hambali, M. R., Wahyudi, S., & Nuha, M. A. U. (2024). Pendampingan Pembuatan Soal Nahwu dengan Aplikasi Tcexam Bagi Guru Nahwu di Pesantren Adnan Al-Charis Bojonegoro. Jurnal SOLMA, 13(3), 2944–2954. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16986

References

  1. Ahmadi, F. (2017). Guru SD di Era Digital: Pendekatan, Media, Inovasi. CV. Pilar Nusantara.
  2. Aljannah, N., & Supadmi, F. (2021). Incompatible Results on Matched Cross Test Examination. Al-Jannah, 3(2). https://doi.org/10.31983/jlm.v3i2.8027
  3. Amalia, R., Ulin Nuha, M. A., & Nashoih, A. K. (2022). Development of Kosbarab Learning Media to Improve Arabic Vocabulary Mastery of Elementary Level Students Based on Android Construct 2. Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 10(2). https://doi.org/10.23971/Altarib.V10i2.4529
  4. Astika, W. D., Brata, A. H., & Brata, K. C. (2020). Perancangan Aplikasi Asistensi Skripsi Mahasiswa berbasis Progressive Web App dengan Metode Prototyping. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(11), 10738–10748. Diakses pada: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6764
  5. Bairizki, A. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia (Tinjauan Strategis Berbasis Kompetensi)—Jilid 1. Pustaka Aksara.
  6. Humaisi, M., Thoyib, M., Arifin, I., Imron, A., & ... (2019). Pesantren Education and Charismatic Leadership: A Qualitative Analysis Study on Quality Improvement of Islamic Education in Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton, Probolinggo. Universal Journal of Educational Research, 7(7), 1509-1516. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070704.
  7. Isti’ana, A. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Indonesian Research Journal on Education, 4(1). https://doi.org/10.31004/irje.v4i1.493
  8. Mardiah Astuti, Herlina, H., Ibrahim, I., Miftahur Rahma, Siska Salbiah, & Ima Jumratus Soleha. (2023). Mengoptimalkan Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Islam. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(3), 28–40. https://doi.org/10.55606/concept.v2i3.504
  9. Maulana, D. (2021). Pelaksanaan Ujian Madrasah Menggunakan Aplikasi Tcexam pada Bidang Keagamaan di MTSN 1 Palangka Raya. Diakses pada: digilib.iain-palangkaraya.ac.id. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/3415
  10. Muliasari, H., Ananto, A. D., Annisa, B. S., Hidayat, L. H., & Puspitasari, C. E. (2021). Edukasi dan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat) dengan Metode CBIA. INDRA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 53–57. https://doi.org/10.29303/indra.v2i2.131
  11. Muryadi, A. D. (2017). Model Evaluasi Program dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran), 3(1).
  12. Musyafa’ah, N. (2021). Assignment-Based Balaghah Learning Module Application to Increase Literary Appreciation. Journal of Social Science, 2(6). https://doi.org/10.46799/jss.v2i6.250
  13. Nuha, M. & Faedurrohman. (2022). Manajemen Perencanaan Kurikulum Bahasa Arab (Tinjauan Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi). Al-Muyassar: Journal of Arabic Education and Arabic Studies, 1(2), 203–224. http://dx.doi.org/10.31000/al-muyassar.v1i2.6488
  14. Nurkholis, N., & Santosa, A. B. (2022). Manajemen Pengembangan Kurikulum Berbasis Pesantren. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 7(2). https://doi.org/10.18860/jmpi.v7i2.17023
  15. Woodcock, C., Shekhar, P., & Huang-Saad, A. (2019). Examining Project-Based Entrepreneurship and Engineering Design Course Professional Skills Outcomes. International Journal of Engineering Education, 35(2), 631-644. https://www.ijee.ie/1atestissues/Vol35-2/17_ijee3744.pdf