Main Article Content

Abstract

Background: Pondok Pesantren Adnan Al-Charis (PPAC) merupakan lembaga pendidikan agama Islam yang memiliki sejarah panjang dalam menyebarkan ajaran Islam. Meskipun PPAC telah lama berdiri dan memiliki banyak prestasi dalam bidang kajian kitab turats, pemanfaatan teknologi komputer dan informasi di pondok masih terbatas. Program pengabdian ini bertujuan untuk melakukan pendampingan dan pelatihan pemanfaatan teknologi komputer dan informasi bagi guru nahwu di pesantren tersebut, yang mana selaras dengan misi dari pondok tersebut ialah sebagai pondok yang salaf, modern dan juga inovatif. Metode: Kegiatan yang dilakukan meliputi pelatihan dasar-dasar teknologi informasi dan komputer, pendampingan dalam pemanfaatan teknologi komputer dan informasi untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar, serta pelatihan pembuatan soal sekaligus input pada aplikasi TCExam untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di pondok tersebut. Hasil: Hasil dari program pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan warga pondok dalam memanfaatkan teknologi komputer dan informasi, peningkatan integrasi dan pemanfaatan teknologi dalam kegiatan belajar-mengajar dan administrasi, serta peningkatan kapasitas pondok dalam melakukan publikasi dan syiar melalui konten digital. Program pengabdian ini dapat menjadi model bagi pondok pesantren lain yang memiliki permasalahan serupa dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komputer. Kesimpulan: Meningkatkan kapasitas pondok dalam melakukan publikasi dan syiar melalui konten digital.

Keywords

Pondok Pesantren Teknologi Informasi Aplikasi TCExam Islamic Boarding School TCExam Application Information Technology

Article Details

How to Cite
Musyafa’ah, N., Santi, N. C., Hambali, M. R., Wahyudi, S., & Nuha, M. A. U. (2024). Pendampingan Pembuatan Soal Nahwu dengan Aplikasi Tcexam Bagi Guru Nahwu di Pesantren Adnan Al-Charis Bojonegoro. Jurnal SOLMA, 13(3), 2944–2954. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16986

References

Read More