Main Article Content

Abstract

Background: Latar belakang dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah pentingnya menanamkan pemahaman tentang makanan sehat sejak dini, khususnya di tingkat Sekolah Dasar. Siswa seringkali tertarik pada jajanan manis seperti es krim yang belum tentu memenuhi standar gizi seimbang. Oleh karena itu, kegiatan ini dirancang untuk memberikan edukasi dengan pendekatan yang menyenangkan dan praktis. Tujuan PKM ini adalah untuk mengedukasi siswa SDI Al-Fattah tentang prinsip-prinsip makanan sehat melalui aktivitas pembuatan es krim bergizi serta untuk mengukur tingkat kepuasan mitra terhadap seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan. Metode: Metode pelaksanaan terdiri dari tiga tahap utama: (1) penyampaian materi edukatif mengenai gizi dan bahan-bahan sehat, (2) demonstrasi dan praktik pembuatan es krim yang menyehatkan dengan memanfaatkan bahan bergizi seperti susu dan buah, dan (3) evaluasi melalui angket kepuasan mitra yang menggunakan skala Likert. Angket tersebut mencakup aspek kejelasan materi, kesenangan kegiatan, pemahaman gizi, manfaat, dan keinginan untuk keberlanjutan. Hasil: Kepuasan mitra (guru dan siswa) mencapai 95% hingga 100% pada semua indikator yang diukur. Rata-rata skor untuk semua pernyataan berada pada kisaran 3,4 hingga 3,95 dari skala 4. Kesimpulan: Tingkat kepuasan yang sangat tinggi membuktikan bahwa kegiatan ini relevan dan bermanfaat. Untuk itu, disarankan agar sekolah dapat mengadopsi dan mengembangkan kegiatan serupa dengan variasi tema lain untuk terus memperkuat pemahaman siswa tentang gaya hidup sehat.

Keywords

education ice cream Modul P5 studyin edukasi es krim P5 Pembelajaran

Article Details

How to Cite
Wati, D. A. R., Pramitasari, R. E., Nugroho, M. W., Yuni K, K. C., Wijanarko, N. P., Basuki, B., & Ramadhani, R. (2025). Edukasi Makanan Sehat malalui Pembuatan Es Krim dalam Pendampingan P5 di Siswa SDI Al-Fattah . Jurnal SOLMA, 14(3), 3057–3067. https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20735

References

  1. Abdullatif, Saripa, Fory Armin Nawai, and Arifin Arifin. 2023. “Pengelolaan Digitalisasi Sekolah Pada Sekolah Penggerak.” Pedagogika 14(Nomor 01):46–63. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v14i1.2238
  2. Ahmad, Haslinah, Adi Antoni, and Zuriati Muhamad. 2023. “Edukasi Gizi Seimbang Pada Anak Di SD Negeri Pijorkoling Kota Padangsidimpuan.” Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat Bidang Kesehatan (Abdigermas) 1(1):1–6. https://doi.org/10.58723/abdigermas.v1i1.2
  3. BSKAP. 2022. Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka.
  4. Garside, A. K., & Amallynda, I. . (2020). Pendampingan dalam Implementasi Strategi Pemasaran Produk Olahan Susu Sapi . Jurnal SOLMA, 9(2), 323–334. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.5169
  5. Habibie, Intan Yusuf, Arifatur Rafiqa, and Diana Maghfiroh. 2022. “Efektivitas Edukasi Gizi Berbasis Sekolah Dalam Manajemen Obesitas Remaja Di Indonesia: Literature Review.” Journal of Nutrition College 11(3):220–27. https://doi.org/10.14710/jnc.v11i3.33128
  6. Kartila adha fani. 2020. “penerapan model pembelajaran kooperatif make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa materi perubahan wujud benda di kelas iv sd negeri 10 air merah kecamatankampung rakyat kabupaten labuhan batu selatan.”
  7. Khaulani, Fatma, Neviyarni S, and Irdamurni Irdamurni. 2020. “Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7(1):51. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59
  8. Khayati, F. N., & Daryani, D. (2018). Pemberdayaan Kelompok Ternak "Ngudi Rejeki’ dan Sarjana Membangun Desa Melalui Implementasi Tehnologi dan Pengembangan Aneka Produk Pengolahan Susu. Jurnal SOLMA, 7(2), 266–276. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.2227
  9. Musita, nanti, joan wiratama, and mario mario. 2009. “kajian kandungan dan karakterisik pati resisten dari berbagai varietas pisang [the study of resistant starct content and characteristic of resistant starch from some banana types].” Jurnal teknologi industri dan hasil pertanian 14(1):68–79.
  10. Pramitasari, retno eka, dian anisa, rokhmah wati, fajar satriya hadi, imamatul ummah, and nur kholis. 2025. “analisa hasil belajar menggunakan model pjbl pada.” 6:79–84.
  11. Putri, S. A. ., Nurlaela, R. S. ., Mandira, M. T. ., Azmi, F. N. ., & Wahyuni, A. . D. . (2024). Susu Sebagai Pilihan Utama: Manfaat Kesehatan dan Tips Konsumsi yang Bijak. Karimah Tauhid, 3(3), 3025–3031. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12349
  12. Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
  13. Satria, Denny, and Rida Evalina Tarigan. 2017. “Analisis Kandungan Vitamin C Pada Buah Stroberi (Fragaria x Ananassa Duschesne) Secara Spektrofotometri Ultraviolet (UV).” Jurnal Farmanesia 1–10.
  14. Supena, Ilyas, Agus Darmuki, and Ahmad Hariyadi. 2021. “The Influence of 4C (Constructive, Critical, Creativity, Collaborative) Learning Model on Students’ Learning Outcomes.” International Journal of Instruction 14(3):873–92. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14351a
  15. Widyananda C. S., Purdiyanto J., and Samholi, 2022. “Tingkat Kesukaan Konsumen Terhadap Berbagai Merek Susu Ultra Heat Treatment (Uht) Yang Beredar Di Pamekasan.” Makro : Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan 7(2):205. http://dx.doi.org/10.53712/jmm.v7i2.1620
  16. Winda hurotul ‘aini. 2024. “analisis kepuasan konsumen pada penggunaan ojek online dan ojek konvensional di kabupaten banyuwangi.” 12(1):14–18. https://doi.org/10.62734/analisa.v12i1.233
  17. Yulanda, Melia, Ni Ketut Suarni, and Gede Nugraha Sudarsana. 2021. “Pengembangan Instrumen Pengukuran Karakter Inovatif Pada Masa Pra Remaja.” Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia 6(1):60–71. https://doi.org/10.23887/jurnal_bk.v6i1.578
  18. Yuli Amreta, M., Yuwita, P. E., & Sa’diyah, Z. (2024). Pendampingan Pelaksanaan Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Etnomatematika Kurikulum Merdeka Bagi Peserta Didik SDN Tambakejo 1 Kabupaten Tuban. Jurnal SOLMA, 13(3), 1520–1529. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16444
  19. Yuristia, Fatma, Abna Hidayati, and Maistika Ratih. 2022. “Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Muatan Materi IPA Berbasis Problem Based Pada Pembelajaran Sekolah Dasar Fatma Yuristia 1, Abna Hidayati 2, Maistika Ratih 3 .” Jurnal Basicedu 6(2):2400–2409.

Most read articles by the same author(s)