Main Article Content

Abstract

Background: SD Negeri Rumpet merupakan salah satu sekolah jenjang SD berstatus Negeri yang berada di wilayah Kec. Krung Barona Jaya yang bernomor NSPN 10107447 dan beralamat di Jln. Makam T. Nyak Arief RT. / RW. Kabupaten Aceh Besar. SD Negeri Rumpet didirikan pada tanggal 1 Januari 1970. SD negeri Rumpet mengalami penurunan akreditasi dari yang sebelumnya A menjadi B, hal ini di akibatkan banyak faktor. Tujuan: Kegiatan PKM ini bertujuan untuk memberikan informasi serta pelatihan bagaimana sebuha media pembelajaran digital mampu membantu proses pembelajaran di dalam kelas, bagaimana media pembelajaran digital mampu memotivasi siswa untuk lebih aktif dan kreatif. Metode: Kegiatan PKM ini akan menggunakan 5 tahapan kegiatan yakni Sosialisasi, Pelatihan, Penerapan teknologi, Pendampingan dan evaluasi, serta Keberlanjutan program. Mitra dalam kegiatan PKM ini adalah guru-guru di SD Negeri Rumpet. Hasil: observasi awal dilakukan guna melihat apa yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran, dan salah satu kekurangannya adalah belum adanya pelatihan media belajar digital bagi guru-guru, dan banyak dari guru bahkan belum mendengar adanya media belajar melalui aplikasi Esembler Edu. Peningkatan kemampuan mitra terlihat mengalami peningkatan terlihat dari kemampuan awal guru sebelum kegiatan sosialisasi dan pendampingan pengembangan media belajar interaktif dan digital sebesar 68% dan setelah kegiatan sosialisasi terlihat menjadi 90%. Penerapan media belajar Esembler Edu yang telah di design dalam bentuk flash card juga memberikan suasana belajar baru bagi siswa, siswa antusias mengikuti pembelajaran. Kesimpulan: pelatihan dan pengembangan media belajar inyeraktif dan digital memberikan peningkatan pengetahuan dan memberikan motivasi belajar bagi siswa.

Keywords

Esemblr_Edu Interaktif Media Pembelajaran Esemblr_Edu Interaktif Media Pembelajaran

Article Details

How to Cite
Maulida, M., Rahmatan, H., Saputri, M., Ulhusna, F. A., & Artika, W. (2025). Penguatan Pengembangan Media Belajar Interaktif dan Digital Melalui Aplikasi Esembler Edu Bagi Guru Di SD Negeri Rumpet . Jurnal SOLMA, 14(3). https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20704

References

  1. Aflah, M. N. (2025). Optimalisasi Pembelajaran Interaktif dengan Teknologi Multimedia untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Menggunakan Media Pembelajaran. Jurnal SOLMA, 14(2), 1679–1685. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18348
  2. Amalia PR, Maulida, Hamama SF. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA. Jurnal Dedikasi Pendidikan 8(1):420–8. https://doi.org/10.30601/dedikasi.v8i1.4568
  3. Aryani, I., et al. (2021). Peningkatan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas UNAYA Vol 2 (1):1–5.
  4. BAN-PDM. (2004). SD Negeri Rumpet. Online. Dapat diakses pada https://ban-pdm.id/satuanpendidikan/10107447
  5. Bice, H., & Tang, H. (2022). Teachers’ beliefs and practices of technology integration at a school for students with dyslexia: A mixed methods study. Education and Information Technologies, 27(7), 10179–10205. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11044-1
  6. Dahliani, E. R., Rahmatan, H., & Djufri. (2020). The correlation between students’ interest and learning outcomes in biology. Journal of Physics: Conference Series, 1460(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012072
  7. Damanik, H. A., et al. (2025). PKM : Peningkatan Kompetensi Guru dan Siswa Melalui Implementasi Computer network dan Network security untuk Meningkatkan Soft Skill dan Cybersecurity Awareness di SMK Pustek Serpong. Jurnal SOLMA, 14(2), 2069–2079. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18481
  8. Hamama SF & Maulida. (2022). Development of Learning Videos with the Kinemaster Application to Facilitate Online Learning at Junior High Schools in Aceh Besar. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidik, 14(2):1957–64. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1263
  9. Maulida & Hasanuddin. (2021). Correlation of teacher extrinsic factors on teacher performance during online learning in Aceh Besar. AL-ISHLAH; Jurnal Pendidikan, Vol 14 (4):7331–8. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2025
  10. Maulida et al. (2023). Strengthening Character Education in Children Through the Play Process and Learning Traditional Games. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 7(5):1417–24. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v7i5.15871
  11. Ningrum, S. K., et al. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva untuk Mengembangkan Budaya Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7432
  12. Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i2.30179
  13. Rahayu, R., & Murti, A. C. (2025). Penggunaan Gamma App dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Pembuatan Media Presentasi Guru Sekolah Dasar. Jurnal SOLMA, 14(2), 1804–1816. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18869
  14. Rahmawati, L. E., et al. (2025). Digitalisasi Pembelajaran melalui Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pedagogi dan Pengembangan Konten Digital Guru Berbasis “ Galerimu .” Jurnal SOLMA, 14(2), 2306–2316.
  15. Sari NP, et al. (2022). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Kreatif Di Era 4.0. COVIT (Community Service of Health): Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2 2(2):285–289. https://doi.org/10.31004/covit.v2i2.10767
  16. Suryani et al. (2022)). Peningkatan Literasi Dan Numerasi TerhadAnak-Anak Pemulung Di Taman Edukasi Anak Aceh. BAKTIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 4(4):2338.
  17. Simorangkir, R., Sinaga, R., Limbong, R., & Nazwa, Z. (2024). Analisis Penggunaan Media Digital Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika DI Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 10. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v5i2.3444

Most read articles by the same author(s)