Main Article Content

Abstract

Background: Guru pamong memiliki peran strategis dalam membimbing mahasiswa PPG, namun masih banyak yang menghadapi keterbatasan dalam mengaitkan pembelajaran matematika, khususnya materi bangun datar, dengan konteks budaya lokal. Artikel pengabdian ini bertujuan meningkatkan kompetensi pedagogis guru pamong melalui pelatihan dan pendampingan berbasis etnomatematika. Metode: Metode kegiatan meliputi pelatihan, workshop, dan implementasi pembelajaran di kelas. Data dikumpulkan melalui pretest, posttest, observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan kognitif dan reflektif guru pamong. Skor reflektif meningkat antara 80–125%, dan persentase jawaban benar pada posttest mencapai 100% untuk beberapa indikator kunci. Guru pamong juga mampu mengaitkan konsep bangun datar dengan unsur budaya seperti kue tradisional, motif batik, dan arsitektur rumah adat. Kesimpulan: pelatihan berbasis etnomatematika efektif memperkuat kompetensi pedagogis dan kemampuan reflektif guru pamong sekaligus mendukung pembelajaran yang lebih kontekstual dan bermakna. Program serupa direkomendasikan untuk diperluas agar dampaknya menjangkau lebih banyak guru di berbagai wilayah.

Keywords

Bangun Datar Etnomatematika Matematika SD Pendidikan Profesi Guru (PPG) Guru Pamong

Article Details

How to Cite
Yuniawatika, Surayanah, Wibowo, S., Bringesti, J. E., & Lestari, F. O. (2025). Transformasi Pembelajaran Bangun Datar Melalui Etnomatematika: Pendampingan untuk Guru Pamong SD Mitra PPG Universitas Negeri Malang. Jurnal SOLMA, 14(3). https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20694

References

  1. Andayanie, L. M., Adhantoro, M. S., Purnomo, E., & Kurniaji, G. T. (2025). Implementation of Deep Learning in Education: Towards Mindful, Meaningful, and Joyful Learning Experiences Journal of Deep Learning. Journal of Deep Learning, 1(1), 47–56. https://journals2.ums.ac.id/index.php/jdl
  2. Dari, S. W., & Jatmiko. (2024). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Sains, Kesehatan, Dan Pembelajaran 3, 269–278. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/wv109q65
  3. Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Penggunaan Kearifan Budaya Lokal Berbasis Etnomatematika sebagai Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 03(04), 312–317. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i4.5534
  4. Fitrianti, L. (2018). Prinsip Kontinuitas dalam Evaluasi Proses Pembelajaran. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 10(1), 2597–2940. https://doi.org/https://doi.org/10.35445/alishlah.v10i1.68
  5. Kaluge, A. H., & Gawa, M. G. M. (2018). Pembelajaran Literasi Matematika Berbasis Budaya Lokal di Nusa Tenggara Timur (Model PLMBL). Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya, 331–339. https://proceedings.ums.ac.id/knpmp/article/view/2019
  6. Khaerani, Arismunandar, & Tolla, I. (2024). Peran Etnomatematika dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Matematika: Tinjauan Literatur. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1, 20–26. https://doi.org/https://doi.org/10.51577/ijipublication.v5i1.579
  7. Maulana, I., Rahma, N. A., Mahfirah, N. F., Alfarizi, W., & Darlis, A. (2023). Meningkatkan Profesional Guru dengan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Journal on Education, 05(02), 2158–2167. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.867
  8. Mukhid, Abd., & Habibullah, M. (2020). Profesionalisme Guru PPL dan Kompetensinya (Perspektif Guru Pamong dan Peserta Didik) (Busahwi, Ed.). Duta Media Publishing. http://repository.iainmadura.ac.id/811/1/Profesionalisme%20Guru%20PPL%20dan%20Kompetensinya%20%28Abd.%20Mukhid%29%20B5.pdf
  9. Ningrum, E. (2012). Membangun Sinergi Pendidikan Akademik (S1) dan Pendidikan Profesi Guru (PPG). Gea: Jurnal Pendidikan Geografi, 12(2), 49–55. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/gea.v12i2.1783.g1219
  10. Pangestika, R. R., & Alfarisa, F. (2015). Pendidikan Profesi Guru (PPG): Strategi Pengembangan Profesionalitas Guru dan Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi FE UNY "Profesionalisme Pendidik Dalam Dinamika Kurikulum Pendidikan Di Indonesia Pada Era MEA, 671–683. https://eprints.uny.ac.id/21965/
  11. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2013, Pub. L. No. Nomor 87 Tahun 2013, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 1 (2013). https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/Permendikbud87-2013PendidikanProfesiGuru.pdf
  12. Putra, R. W. Y., & Indriani, P. (2017). Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar. NUMERICAL (Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika), 1(1), 21. https://doi.org/10.25217/numerical.v1i1.118
  13. Sa’Diyah, H. A. (2023). Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai Upaya Peningkatan Profesional Guru. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(1), 1. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/a2t8q
  14. Sausanti, S., Anggraini, A. E., & Saadah, H. (2025). Implementasi Etnomatematika melalui Makanan Tradisional Berbasis Pendekatan Culturally Responsive Teaching Materi Balok dan Kubus. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(3), 519–525. https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p519-525
  15. Sekretariat Nasional SDGs. (2025). SDGs Knowledge Hub. Sekretariat Nasional SDGs. https://sdgs.bappenas.go.id/17-goals/goal-4/
  16. Solihin, A., & Habibie, R. K. (2024). Pengaruh Integrasi Budaya Karapan Sapi Berbasis Etnomatematika Terhadap Hasil Belajar Geometri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(8), 1466–1475. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/61971
  17. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
  18. Suningsih, T., Rukiyah, Akbari, Herdady, S. A., Salsabillah, A.-S., & Anggriyani, P. R. (2025). Pelatihan Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berdiferensiasi bagi Guru TK di Kabupaten Banyuasin. Jurnal SOLMA, 14(2), 1652–1660. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18637
  19. Suyanto, S., & Mahmud, A. (2022). Peran Guru Pamong Pada Program PPG Sebagai Wujud Sinergi Perguruan Tinggi Mempersiapkan Guru Profesional. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 1069–1074. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes
  20. Umar, V., Syamsi, I., & Diniarti, G. (2025). Peningkatan Kompetensi Guru Tentang Layanan Pendidikan Anak dengan Hambatan Majemuk. Jurnal SOLMA, 14(2), 2051–2059. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18447
  21. Zulfitri, H., Setiawati, N. P., & Ismaini, I. (2019). Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. LINGUA J. Bhs. Dan Sastra, 19(2), 130–136.

Most read articles by the same author(s)