Main Article Content

Abstract

Background: Penjualan ikan dan pendapatan tiap bulan di Unit Pembenihan Rakyat (UPR) Karya Yuda tidak stabil. Tingkat penjualan ikan maupun pendapatan bulanan terkadang tidak sesuai target, yaitu tingkat penjualan ikan kurang dari 50.000 dan tingkat pendapatan kurang dari Rp. 4000.000,00.  Pemasaran secara digital yang sudah dilakukan yaitu menggunakan media sosial Facebook. Akan tetapi, hasilnya masih belum optimal. Oleh sebab itu diperlukan kegiatan penyuluhan terkait dengan perbaikan strategi pemasaran yang berfokus pada media sosial Facebook. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu untuk meningkatkan pendapatan mitra. Metode: Tahapan yang dilakukan selama kegiatan pengabdian kepada masyarakat meliputi persiapan, pelaksanaan penyuluhan, pendampingan dan evaluasi. Hasil: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat memberikan beberapa perubahan untuk media sosial Facebook, antara lain: penambahan nomor kontak untuk memudahkan komunikasi antara penjual dan pembeli dan isi profil yang tidak sesuai untuk budidaya perikanan sudah dihilangkan, serta terdapat konten terbaru yang di upload ke Facebook seperti jenis-jenis benih ikan yang di jual. Selain itu, juga terdapat peningkatan jumlah ikan yang terjual dan terjadi peningkatan pendapatan mitra. Kesimpulan: Kegiatan penyuluhan memberikan dampak positif, karena mampu meningkatkan pendapatan. Selain itu, juga menambah wawasan terkait strategi pemasaran menggunakan media sosial. Demi menjaga keberlanjutan usaha, mitra perlu rutin memperbarui konten. Selain itu, juga dapat memanfaatkan media sosial lain seperti Instagram. 

Keywords

Social media Strategi pemasaran Pendapatan

Article Details

How to Cite
Puspitasari, D., Andriani, T., Zahar, I., Alfaresa, A., Hariyani, R., & Rumiati. (2025). Peningkatan Penjualan Benih Ikan dan Pendapatan di Unit Pembenihan Rakyat Karya Yuda melalui Perbaikan Konten Pemasaran Facebook. Jurnal SOLMA, 14(3). https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20618

References

  1. Amir, A., Gani, A., Sufri, M., & Syahnur, M. H. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Bisnis dan Online dalam Meningkatkan Penjualan Pada Jejaring Media Sosial, Facebook Marketplace. Center of Economic Student Journal, 6(3), 278–286. https://doi.org/10.56750/csej.v6i3.622
  2. Anonim. (2024, February 22). Potensi Budidaya Ikan Air Tawar Di Asahan. Waspada.
  3. Asfan, D. F., Triyasari, S. R., Widodo, S., Maflahah, I., Lestari, S. A., Hananiyah, H., & Isnaini, A. F. (2025). Pendampingan Peternak dalam Optimalisasi Produksi dan Pemasaran Pakan untuk Mendukung Nafkah Berkelanjutan. Jurnal SOLMA, 14(2), 2820–2828. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18586
  4. Bharata, W., & Nur Arifin, M. (2023). Meningkatkan Sektor Perikanan Berkelanjutan Untuk Menyongsong Pembangunan Ekonomi Desa Liang Ulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 43–47.
  5. BPS. (2024). Kecamatan pulo Bandring Dalam Angka 2024 (Vol. 15). BPS Kabupaten Asahan.
  6. Dharmawan, A., & Rahman, A. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Pada UMKM Toko Busana Gerai Medi Pamekasan Di Era Digital Dalam Membangun Brand Awareness Melalui Media Sosial Perspektif Studi Kelayakan Bisnis. IQTISODINA: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Hukum Islam, 7(2), 136–147.
  7. Gobel, E. S., Paat, C., & Goni, S. Y. V. I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Media Pemasaran Online Oleh Masyarakat Desa Soguo Kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. JURNAL ILMIAH SOCIETY, 3(3), 1–6.
  8. Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran. Pascal Books.
  9. Hardianto, T., & Sucipto, M. (2024). Manajemen Industri Budidaya Perikanan. PT Media Penerbit Indonesia.
  10. Imam Bushiri, M., Asiyah, S., & Farida, E. (2024). Penerapan Strategi Digital Marketing dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan pada UMKM Sarbini Kepiting di Desa Pinggirpapas Kabupaten Sumenep. Jurnal SOLMA, 13(1), 513–522. https://doi.org/10.22236/solma.v13i1.14604
  11. Nasution, D. A., Batoebara, M. U., & Junaidi. (2021). Peran Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jual-Beli Online Pada Facebook. 6(2), 102–106.
  12. Nugrahaini, A. D., Humaidi, T. R., Syahnaz, C., Agustina, J., & Mutmainah, D. N. (2025). Peran Sektor Perikanan Budidaya Dalam Mendukung Ketahanan Pangan Perikanan Di Provinsi Jawa Timur. Orchid Agri, 5(1), 7–16. https://doi.org/10.35138/orchidagri
  13. Purwaningrum, J. P., Bhakti, S., & Murrinie, E. D. (2024). Pendampingan Pembuatan dan Penggunaan Aplikasi Instagram sebagai Media Pemasaran bagi Petani Perempuan Jamur Tiram Putih di Desa Kandangmas Kabupaten Kudus. Jurnal SOLMA, 13(2), 1097–1106. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.15128
  14. Puspitasari, D., Rumiati, R., Hariyani, R., Zahar, I., & Purba, D. W. (2024). Implementasi Teknologi Ozonisasi Untuk Meningkatkan Produksi Benih Ikan Pada Pembudidaya Ikan Mekar Jaya Kabupaten Asahan. Jurnal SOLMA, 13(3), 2191–2198. https://doi.org/10.22236/solma.v13i3.16382
  15. Zainurossalamia ZA, S. (2020). Manajemen Pemasaran Teori dan Strategi. Forum Pemuda Aswaja.

Most read articles by the same author(s)