Main Article Content

Abstract

Background: Perkembangan industri 4.0 menuntut generasi muda memiliki keterampilan kewirausahaan untuk menghadapi persaingan global. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, keterampilan teknis, dan pemahaman kewirausahaan siswa melalui pembelajaran berbasis art-preneurship dengan memanfaatkan seni kriya pembuatan gantungan kunci dari skeleton daun. Metode: Program dilaksanakan di SMA Dharma Wanita 1 Pare dengan melibatkan 25 siswa melalui pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD) dan metode project-based learning. Tahapan kegiatan meliputi identifikasi potensi lokal, pengenalan konsep art-preneurship, pelatihan teknis pembuatan skeleton daun dan gantungan kunci, perancangan produk, pelatihan kewirausahaan, implementasi produksi, dan evaluasi. Hasil: Hasil pelaksanaan program menunjukkan bahwa siswa mampu memahami prinsip art-preneurship dengan baik, yang tampak pada 25 produk gantungan kunci skeleton daun yang dihasilkan. Sebanyak 90% di antaranya memenuhi standar kualitas, baik dari segi estetika maupun kerapian, serta memiliki kelayakan untuk dipasarkan. Selain itu, siswa juga menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan melalui pemanfaatan limbah daun sebagai bahan baku. Kesimpulan: Pembelajaran berbasis art-preneurship melalui pembuatan gantungan kunci skeleton daun berpotensi untuk membentuk generasi muda yang kreatif, inovatif, dan memiliki jiwa kewirausahaan.

Keywords

Art-preneurship Leaf Skeleton Gantungan Kunci Siswa Art-preneurship Skeleton Daun Gantungan Kunci Siswa

Article Details

How to Cite
Fitriyati, U., Agung, Sa’diyah, H., Khoirunnisa, I. L., & Lelitawati, M. (2025). Pelatihan Pembuatan Gantungan Kunci Skeleton Daun sebagai Upaya Peningkatan Art-Preneurship Siswa . Jurnal SOLMA, 14(3). https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20558

References

  1. Astuti, Y., Suciati, R., & Lestari, S. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Tulang Daun (Leaf Skeleton) Di Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 939–948. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/4499
  2. Azzaki, D. A., Jati, D. R., Sulastri, A., Irsan, R., & Jumiati, J. (2022). Analisis Pemanfaatan Sampah Plastik dengan Metode Buang, Pisah, dan Untung Menggunakan Sistem Barcode. Jurnal Ilmu Lingkungan, 20(2), 252–262. https://doi.org/10.14710/jil.20.2.252-262
  3. Berampu, L. T., Syamsuri, A. R., & Utami, B. C. (2025). Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Keluarga: Pemberdayaan Perempuan dalam UMKM Lauk Kemasan di Pekanbaru. Jurnal SOLMA, 14(1), 209–223. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.17182
  4. Ediana, D., Andriani, N., Ilmi, A. R. M., & Zulfikhar, R. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Aplikasi Dan Platform Web: Kajian Literatur Terhadap Pengembangan Keterampilan Holistik Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 860–866. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/19498
  5. Fahmi, N. A., Yudha, T. K., Tarigan, N. M. R., Elviani, S., Azim, F., Indria, T., & Rahman, Y. (2022). Pelatihan Wirausaha pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Dolok Masihul untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Motivasi Berwirausaha. Jurnal SOLMA, 11(3), 580–585. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.9877
  6. Ginon, J., & Setiawan, K. (2021). Penerapan Project Based Learning pada Perkuliahan Wirausaha Kreatif di Program Studi Desain Komunikasi Visual. Sosio E-Kons, 13(3), 261. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v13i3.11275
  7. Harrison, R., Blickem, C., Lamb, J., Kirk, S., & Vassilev, I. (2019). Asset-Based Community Development: Narratives, Practice, and Conditions of Possibility—A Qualitative Study With Community Practitioners. SAGE Open, 9(1). https://doi.org/10.1177/2158244018823081
  8. Haryono, E., Ridwan, M., Murtaqi, A., Nur, A., Izzah, L., Septian, D., Al, I. A. I., Cepu, M., Al, I. A. I., Cepu, M., Khozinatul, I. A. I., Blora, U., Al, I. A. I., & Cepu, M. (2024). Metode-Metode Pelaksanaan PkM ( Pengabdian Kepada Masyarakat ) Untuk Perguruan Tinggi. Al Fattah Juernal Pendidikan, 5(2), 1–21.
  9. Khasanah, R. A. N., & Qotrunnada, D. A. (2022). Eksplorasi kreativitas masyarakat Desa Kalipancur Ngaliyan Semarang melalui pelatihan pembuatan kerajinan tulang daun. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 3(3), 267–274. https://doi.org/10.36596/jpkmi.v3i3.455
  10. Kudri, K., Said, H. M. M., & Supriyanto, S. (2025). Peran Ekonomi Kreatif Dalam Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan Di Lingkungan Pondok Pesantren. Jurnal SOLMA, 14(1), 1254–1259. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.15889
  11. Kusumawardani, N., Meidasari, E., & Sukmasari, D. (2023). Peningkatan Kompetensi Wirausaha Ekonomi Kreatif Bagi Siswa Kejuruan Melalui Produk Kerajinan Tangan. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(4), 478–482. https://doi.org/10.59025/js.v2i4.166
  12. Mahaputra, I. N. K. A., Rustiarini, N. W., Sudiana, I. M., & Anggraini, N. P. N. (2020). Program Kewirausahaan Pembuatan Hiasan Penjor: Pemberdayaan Ibu PKK Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal SOLMA, 9(2), 458–467. https://doi.org/10.22236/solma.v9i2.5520
  13. Mallapiang, F., Kurniati, Y., Syahrir, S., Lagu, A. M. H., & Sadarang, R. A. I. (2020). Pengelolaan sampah dengan pendekatan Asset-Based Community Development (ABCD) di wilayah pesisir Bulukumba Sulawesi Selatan. Riau Journal of Empowerment, 3(2), 79–86. https://doi.org/10.31258/raje.3.2.79-86
  14. Marliana, E., Rini, G. P., & Faidah, F. (2021). Pelatihan untuk Meningkatan Semangat Green Entrepreneur pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal SOLMA, 10(1), 42–51. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1.5348
  15. Nurroniah, Z., Sani, S. A., Wulandari, R. D., & Anggraeni, N. P. (2023). Inquiry-based olericulture seed cultivation program to increase industrial agricultural insight and student entrepreneurship spirit. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 8(November), 782–792.
  16. Perdana, D. R., Izzatika, A., Hariyanto, Appriliyani, R., & Nurwahidin, M. (2024). Desain Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning dengan Ciri Kearifan Lokal untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif pada Era Society 5.0. Inspirasi : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 53–63.
  17. Ramadhani, A. A. P., Nadia, Haryana, Sapar, & Samsinar. (2023). Utilization of Ice Cream Sticks As Decorative Lamp Crafts With Selling Value Pemanfaatan Stik Es Krim Menjadi Kerajinan Lampu Hias Yang Bernilai Jual. Jurnal Qardhul Hasan, 9(April), 87–93.
  18. Widodo, A. S., Mulyono, M., Setyonugroho, W., Hardin, H., Qomariyah, P., & Ulum, B. (2025). Teknologi Pemanfaatan Limbah Gergaji Kayu dalam Pengembangan Baglog Jamur Tiram di Desa Karangsari, Wonosobo. Jurnal SOLMA, 14(1), 1489–1496. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.16920
  19. Yuwana, S. I. P. (2022). Pemberdayaan dan Peningkatan Kualitas SDM Masyarakat dengan Menggunakan Metode Asset Bassed Community Development (ABCD) di Desa Pecalongan Kec. Sukosari Bondowoso. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(3), 330–338. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i3.735
  20. Zahroh, U., Darmayanti, R., C, C., & Soebagyo, R. I. (2023). Project-Based Learning Training and Assistance for Prospective High School Teacher. Jurnal Inovasi Dan Pengembangan Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(2), 115–121. https://doi.org/10.61650/jip-dimas.v1i2.237