Main Article Content
Abstract
Pendahuluan: Pengabdian ini bertujuan melakukan pendampingan dan pemberdayaan dalam upaya peningkatan kompetensi guru sekolah dasar untuk merancang, membuat dan mengimplementasikan pembelajaran matematika berbasis media digital dengan pendekatan joyful learning untuk mengembangkan kemampuan literasi numerasi siswa. Kegiatan dilaksanakan di SD Negeri 1 Undaan Tengah, Kabupaten Kudus, dengan melibatkan 14 guru. Metode: metode pelaksanaan terdiri atas empat tahap: analisis situasi, sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Hasil: Analisis awal menunjukkan rendahnya pemanfaatan media digital dan belum optimalnya pengembangan kemampuan literasi numerasi siswa. Pada tahap pelatihan, guru dibekali pemahaman pengembangan kemampuan literasi numerasi pada siswa, prinsip joyful learning (pembelajaran yang menyenangkan), dan keterampilan membuat media digital interaktif yang relevan dengan kebutuhan siswa. Pendampingan difokuskan pada integrasi media tersebut ke dalam modul ajar dan praktik pembelajaran di kelas. Evaluasi dilakukan melalui observasi, refleksi guru, dan peninjauan perangkat ajar. Kesimpulan: Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan guru dalam merancang pembelajaran interaktif, kontekstual, dan menyenangkan. Siswa menjadi lebih termotivasi dan terlibat aktif dalam pembelajaran matematika. Selain itu, terbentuk komunitas belajar guru yang berfungsi sebagai wadah berbagi praktik baik dan mengembangkan inovasi pembelajaran berbasis teknologi. Program ini membuktikan bahwa pelatihan dan pendampingan berbasis praktik langsung efektif mengoptimalkan peran guru sebagai fasilitator pembelajaran literasi numerasi yang kreatif, adaptif, dan relevan dengan perkembangan zaman.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Chasanah, N., Sumarno, & Dwijayanti, I. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP STKIP Subang, 3. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i3.3408
- Hamidah, I. S., Purnama, Z. rizka, Hermin, H., Tukan, K., & Wuwute, J. (2025). Pelatihan Literasi Numerasi Anak SD dengan Metode Kolaboratif Meningkatkan Kemampuan Siswa Secara Signifikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.59141/japendi.v6i2.7312
- Kustantina, V. A., Nuryadi, N., & Marhaeni, N. H. (2022). Respons Siswa Terhadap Komik Matematika Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(1), 01. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i1.8029
- Manurung, D. R., Haloho, B., & Napitu, U. (2023). Pelaksanaan Kegiatan Literasi dan Numerasi Bagi Peserta Didik Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 12(2).
- OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I) WHAT STUDENTS KNOW AND CAN DO. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
- Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2022). Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi. EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.60004/edupedika.v1i1.1
- Rachmawati, D. L., Wardani, P. S., & Oktafiah, Y. (2025). Transformasi Digital Dalam Pendidikan: Pemberdayaan Guru Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Online dan Media Sosial. Jurnal Pengabdian Mandiri, 4(6). https://doi.org/https://bajangjournal.com/index.php/JPM
- Ramadhani, A., Nurhadi, Aprilia, R., & Azainil. (2024). Penerapan Joyful Learning Dalam Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 134–146. https://doi.org/10.31316/jderivat.v10i2.6377
- Safira Datu, Ellis Salsabila, & Vera Maya Santi. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi Joyful Learning pada Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik SMP Negeri 97 Jakarta. JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH, 5(2), 53–60. https://doi.org/10.21009/jrpms.052.06
- Sidi, R. R., & Yunianta, T. N. H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP Kelas VII Pada Materi Aljabar Dengan Manggunakan Strategi Joyfull Learning. Maret, 5(1), 2579–4647.
- Silalahi, T. M., & Hartono. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi COVID-19: Studi Kasus Pada Siswa SD Islam Terpadu Prima Mandiri. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 5(2), 24–30. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v5i2.1730
References
Chasanah, N., Sumarno, & Dwijayanti, I. (2024). Analisis Kemampuan Numerasi Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP STKIP Subang, 3. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i3.3408
Hamidah, I. S., Purnama, Z. rizka, Hermin, H., Tukan, K., & Wuwute, J. (2025). Pelatihan Literasi Numerasi Anak SD dengan Metode Kolaboratif Meningkatkan Kemampuan Siswa Secara Signifikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.59141/japendi.v6i2.7312
Kustantina, V. A., Nuryadi, N., & Marhaeni, N. H. (2022). Respons Siswa Terhadap Komik Matematika Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(1), 01. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i1.8029
Manurung, D. R., Haloho, B., & Napitu, U. (2023). Pelaksanaan Kegiatan Literasi dan Numerasi Bagi Peserta Didik Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 12(2).
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I) WHAT STUDENTS KNOW AND CAN DO. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2022). Analisis Capaian Siswa Indonesia Pada PISA dan Urgensi Kurikulum Berorientasi Literasi dan Numerasi. EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.60004/edupedika.v1i1.1
Rachmawati, D. L., Wardani, P. S., & Oktafiah, Y. (2025). Transformasi Digital Dalam Pendidikan: Pemberdayaan Guru Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Online dan Media Sosial. Jurnal Pengabdian Mandiri, 4(6). https://doi.org/https://bajangjournal.com/index.php/JPM
Ramadhani, A., Nurhadi, Aprilia, R., & Azainil. (2024). Penerapan Joyful Learning Dalam Upaya Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 134–146. https://doi.org/10.31316/jderivat.v10i2.6377
Safira Datu, Ellis Salsabila, & Vera Maya Santi. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi Joyful Learning pada Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik SMP Negeri 97 Jakarta. JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH, 5(2), 53–60. https://doi.org/10.21009/jrpms.052.06
Sidi, R. R., & Yunianta, T. N. H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP Kelas VII Pada Materi Aljabar Dengan Manggunakan Strategi Joyfull Learning. Maret, 5(1), 2579–4647.
Silalahi, T. M., & Hartono. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi COVID-19: Studi Kasus Pada Siswa SD Islam Terpadu Prima Mandiri. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 5(2), 24–30. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v5i2.1730
