Main Article Content
Abstract
Latar Belakang: Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru digital di SD Negeri 12 Biraeng dengan mengajarkan penggunaan Google Sites sebagai media pembelajaran interaktif. Fokus pelatihan meliputi fitur dasar seperti antarmuka drag-and-drop , penambahan teks, gambar, video, dan integrasi dengan Google Forms . Para guru juga belajar mendesain halaman yang menarik dan mudah dinavigasi. Metode: Metode yang digunakan adalah kombinasi ceramah, konferensi, dan praktik langsung. Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman guru dalam mengoperasikan media berbasis teknologi seperti Google Sites , yang disebabkan oleh tidak adanya pelatihan atau workshop. Hasil: Hasil kuesioner menunjukkan keberhasilan yang tinggi: 93% peserta memahami fitur dasar, 90% percaya diri mengimplementasikannya, dan 86% merasa lokakarya sangat bermanfaat. Namun, 7% peserta masih memerlukan bimbingan untuk fitur lanjutan, dan 14% menyarankan agar materi lebih fokus pada penerapan praktis di kelas. Kesimpulannya: diharapkan, lokakarya ini akan menciptakan pembelajaran yang lebih inovatif, interaktif, dan efektif di sekolah, sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan bermanfaat.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Anjelita, K., & Supriyanto, A. (2024). Teori Belajar Konstruktivistik Dan Implikasinya Di Sekolah Dasar. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 3(1), 916–922. https://doi.org/10.38048/jcpa.v3i1.2822
- Aeni, A. N., Djuanda, D., Nursaadah, R., Baliani, S., & Sopian, P. (2022). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Sd. 11, 1835–1852. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9313
- Anugrah, A., Istiningsih, S., & Mataram, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Edukasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SDN 48 Cakranegara. 2, 208–216.
- Arrosyad, M. I., Antika, D., Dzulqa, E. T., Balqis, M., Muhammadiyah, U., & Belitung, B. (2023). Analisis Penggunaan Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Terpadu untuk Meningkatkan Daya Tarik Belajar Siswa di Sekolah Dasar. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1, 414–423. https://journal.csspublishing/index.php/ijm.
- Dariyadi, M. W., Mahliatussikah, H., & Fauzan, M. (2021). Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Tifani, 1, 65–74.
- Felany, Y. I., & Rigianti, H. A. (2024). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas II Sekolah Dasar. 8(1), 52–59
- Islanda, E., & Darmawan, D. (2023). Pengembangan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. 27.
- M, D. K., & Samsiah, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Bamboozle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas X di SMAN 1 Pamarayan. https://doi.org/10.33627/es.v6i1.1457
- Meilawati, G., Gunansyah, G., Guru, P., Dasar, S., Surabaya, U. N., & Info, A. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “ Belmara ” Berbasis Google Sites. 13(10), 2764–2778.
- Pangestu, F., Hasan, N., Imron, I. F., & Saidah, K. (2025). Pengembangan Multimedia Berbasis Google Site Pada Materi “Keanekaragaman Budaya Lokal Provinsi Jawa Timur ” Bagi Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar”. 1416–1432.
- Ratih Noverlika, Mujahidawati, M., & Ilham Falani. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Wegos (Web Google Sites) Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(2), 365–372.
- Shobri, M., & Rifqi, Q. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites di UPT SMP Negeri 19 Gresik. 3(1).
- Suryana, E., Prahasti, P., & Iskandar, A. P. (2023). Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Siswa Pada SMKN 3 Kota Bengkulu. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(1). https://doi.org/10.37676/jdun.v2i1.3583
- Syarif Fitriyanto, R. A., Suji Aridianti, S. N. W., Erma Suryani, H., & Fahmi Yahya, A. P. (2024). Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Sites Bagi Guru Di Sman 1 Moyo Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1–7.
- Yulius, H. (2023). Pemanfaatan Google Site Terintegrasi E-Worksheet Bagi Guru Paud Kota Banjarmasin. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19503
References
Anjelita, K., & Supriyanto, A. (2024). Teori Belajar Konstruktivistik Dan Implikasinya Di Sekolah Dasar. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 3(1), 916–922. https://doi.org/10.38048/jcpa.v3i1.2822
Aeni, A. N., Djuanda, D., Nursaadah, R., Baliani, S., & Sopian, P. (2022). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Sd. 11, 1835–1852. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9313
Anugrah, A., Istiningsih, S., & Mataram, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Edukasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SDN 48 Cakranegara. 2, 208–216.
Arrosyad, M. I., Antika, D., Dzulqa, E. T., Balqis, M., Muhammadiyah, U., & Belitung, B. (2023). Analisis Penggunaan Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Terpadu untuk Meningkatkan Daya Tarik Belajar Siswa di Sekolah Dasar. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1, 414–423. https://journal.csspublishing/index.php/ijm.
Dariyadi, M. W., Mahliatussikah, H., & Fauzan, M. (2021). Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Tifani, 1, 65–74.
Felany, Y. I., & Rigianti, H. A. (2024). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas II Sekolah Dasar. 8(1), 52–59
Islanda, E., & Darmawan, D. (2023). Pengembangan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. 27.
M, D. K., & Samsiah, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Bamboozle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas X di SMAN 1 Pamarayan. https://doi.org/10.33627/es.v6i1.1457
Meilawati, G., Gunansyah, G., Guru, P., Dasar, S., Surabaya, U. N., & Info, A. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “ Belmara ” Berbasis Google Sites. 13(10), 2764–2778.
Pangestu, F., Hasan, N., Imron, I. F., & Saidah, K. (2025). Pengembangan Multimedia Berbasis Google Site Pada Materi “Keanekaragaman Budaya Lokal Provinsi Jawa Timur ” Bagi Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar”. 1416–1432.
Ratih Noverlika, Mujahidawati, M., & Ilham Falani. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Wegos (Web Google Sites) Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(2), 365–372.
Shobri, M., & Rifqi, Q. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites di UPT SMP Negeri 19 Gresik. 3(1).
Suryana, E., Prahasti, P., & Iskandar, A. P. (2023). Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran Siswa Pada SMKN 3 Kota Bengkulu. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(1). https://doi.org/10.37676/jdun.v2i1.3583
Syarif Fitriyanto, R. A., Suji Aridianti, S. N. W., Erma Suryani, H., & Fahmi Yahya, A. P. (2024). Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Sites Bagi Guru Di Sman 1 Moyo Utara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1–7.
Yulius, H. (2023). Pemanfaatan Google Site Terintegrasi E-Worksheet Bagi Guru Paud Kota Banjarmasin. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19503
