Main Article Content

Abstract

Background: Platform edukatif dapat digunakan sebagai sarana dalam proses pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan berdampak positif bagi perkembangan siswa. Pendampingan penyusunan bahan ajar dan asesmen digital yang terintegrasi dalam platform BrainyLand dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengembangkan dunia pendidikan, sehingga menghasilkan proses belajar yang menyenangkan sekaligus bermakna bagi siswa. Metode: Metode realisasi pemecahan masalah dilakukan dengan melakukan pendampingan pembuatan bahan ajar dan asesmen digital yang dintegrasikan dalam plarform BrainyLand (Bringing Numeracy and Literacy for Young Learners through Local Wisdom Tanah Wali) yang diikuti oleh 14 guru SD 1 Mijen dan siswa kelas 5 SD. Materi pendampingan dan pelatihan yang diberikan meliputi: 1) Identifikasi jenis-jenis bahan ajar dan asesmen digital, 2) Pembuatan bahan ajar dan asesmen digital berbasis kearifan lokal, 3) Pengembangan plarform BrainyLand dengan mengunggah bahan ajar dan asesmen digital yang telah dibuat, 4) Implementasi penggunaan dan pengujian plarform BrainyLand kepada siswa kelas 5. Hasil: Pendampingan ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menyusun bahan ajar dan asesmen digital berbasis kearifan lokal, sehingga menciptakan ekosistem pembelajaran yang menyenangkan dengan tetap mengedepankan nilai-nilai budaya lokal. Kesimpulan: Kegiatan ini berhasil meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam penyusunan bahan ajar dan asesmen digital yang terintegrasi dalam platform BrainyLand sebagai jembatan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa.

Keywords

Asesmen Bahan Ajar BrainyLand Platform Asesmen Bahan Ajar BrainyLand Platform

Article Details

How to Cite
Amaliyah, F., Setiaji, P., & Setiawaty, R. (2025). Pendampingan Penyusunan Bahan Ajar dan Asesmen Digital Terintegrasi BrainyLand bagi Guru SD 1 Mijen . Jurnal SOLMA, 14(3), 3987–3994. https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20417

References

  1. Aldina, N. A. A., & Rusilowati, A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa. Unnes Physics Education Journal, 13(1), 27–36. https://doi.org/10.15294/upej.v13i1.8622
  2. Amaliyah, F., & Setiawaty, R. (2025). Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengajar Guru Di Sdn 2 Nalumsari. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 113–120. https://doi.org/10.46368/dpkm.v5i1.3270
  3. Cahayani, N. N., Witono, A. H., & Setiawan, H. (2022). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Kelas III SDN 2 Kuta Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 534–538. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.546
  4. Gameil, A. A., & Al-Abdullatif, A. M. (2023). Using Digital Learning Platforms to Enhance the Instructional Design Competencies and Learning Engagement of Preservice Teachers. Education Sciences, 13(4). https://doi.org/10.3390/educsci13040334
  5. Handayani, R., & Wulandari, D. (2021). Modern Assessment dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21 dan Hambatan di Negara Berkembang. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1), 13. https://doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1363
  6. Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. 6(2), 2089–2098.
  7. Kinas, A. A., & Nilawati, F. (2024). Tantangan Guru Dalam Menghadapi Era Digital 5.0 (Studi pada SDN 5/81 Kampuno Kec. Barebbo Kab. Bone). Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 14(2), 109–117. https://doi.org/10.30863/ajmpi.v14i2.7213
  8. Kusuma, Y. Y., Faizah, H., Nur, M., Elmustian, E., & Hermandra, H. (2023). Penggunaan Bahan Ajar Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1375–1388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i2.4939
  9. Martiana, A. A., Karenina, A., Putri, D. A., Aldini, F., & Zulfadewina. (2025). Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Bahan Ajar, LKS dan Instrumen Evaluasi Yang Tepat. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP UNIVERSITAS MANDIRI, 11(2), 420–434.
  10. Muyassaroh, I., Amiroh, A., Maryadi, M., & Masruroh, N. (2024). Integrasi Kearifan Lokal dalam Kurikulum Sains di Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur Sistematis. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i3.93360
  11. Putra, M. S., Lasmawan, I. W., Suharta, I. G. P., & Widiana, I. W. (2025). Transformasi Pendidikan di Era Digital Solusi Kreatif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. JPSL: Jurnal Pendidikan Sosial dan Lingkungan, 3(2), 68–78.
  12. Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi pendidikan menyongsong masa depan indonesia di era society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100.
  13. Santoso, G. (2022). Revolusi Pendidikan di Era Society 5.0; Pembelajaran, Tantangan, Peluang, Akses, dan Keterampilan Teknologi. Jurnal Pendidikan Transformatif, 1(2), 18–28.
  14. Sunanti, T., & Apriyanti, I. (2024). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 8(2), 348–358. https://doi.org/10.31949/th.v8i2.7735
  15. Yulianto, H., & Iryani, I. (2023). Pendampingan Asesmen Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada SMAN 13 Takalar. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 488–503. https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i3.1769
  16. Zein, M. (2024). Transformasi Pendidikan Islam di Era Digital: Tantangan dan Solusi dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. JIPDAS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(3), 146–156.
  17. Zhao, L., Zhao, B., & Li, C. (2023). Alignment Analysis Of Teaching-Learning-Assessment Within The Classroom: How Teachers Implement Project-Based Learning Under The Curriculum Standards. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 5(1), 1–23. https://doi.org/10.1186/s43031-023-00078-1