Main Article Content

Abstract

Background: Pemuda merupakan salah satu aset bangsa yang memberikan dampak nyata bagi negara ini. Aktivitas kelompok remaja tidak terlepas dari kemampuannya dalam bersuara, terutama aktivitasnya sebagai moderator. Pengetahuan moderator penting untuk memungkinkan kegiatan organisasi kepemudaan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membekali organisasi kepemudaan muda dengan pelatihan fasilitator dan pengetahuan tentang cara melakukan presentasi di acara. Metode: Diharapkan melalui metode latihan drill ini para pemuda Karang Taruna dapat berlatih secara terus menerus dan direkam dalam format audio visual dan diunggah ke youtube. Kegiatan pelatihan ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 15 dan 16 November 2023 mulai pukul 08.30 hingga 13.00. Sasaran pelatihan ini adalah kelompok pemuda Desa Temulus, Kecamatan Mejobo, Provinsi Kudus. Hasil: Hasil pendampingan menunjukkan bahwa metode latihan praktik dapat memaksimalkan kualitas kegiatan fasilitator dapat memperluas pengetahuan dan pemahaman tentang kegiatan fasilitator, dan memberikan keterampilan praktis kepada remaja di Karang Taruna. Kesimpulan: Pelatihan fasilitator dengan pelatihan remaja di Karang Taruna dapat meningkatkan minat peserta untuk mengikuti pelatihan. Sebagian besar peserta mampu melakukan praktik hosting dengan menggunakan bahasa dan kalimat efektif yang baik dan benar.

Keywords

Drill practice Media Audio Visual Metode Pembawa Acara Audio Visual Media Drill Practice Host Method

Article Details

How to Cite
Darmuki, A., Setiawaty, R., & Hidayati, N. A. (2024). Pendampingan Pembawa Acara Menggunakan Metode Drill practice Dengan Media Audio Visual Bagi Pemuda Karang Taruna. Jurnal SOLMA, 13(2), 1047–1055. https://doi.org/10.22236/solma.v13i2.14975

References

  1. Azhar, F., Madona, P., & Tianur. (2014). Alat pembaca golongan darah dan Rhesus. Jurnal Teknik Elelktro Dan Komputer, 2(2), 145–152.
  2. Oktari, A., & Silvia, N. D. (2016). Pemeriksaan Golongan Darah Sistem ABO Metode Slide dengan Reagen Serum Golongan Darah ABO. Jurnal Teknologi Laboratorium, 5(2), 49–54.
  3. Darmuki, A. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video di Youtube pada Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 655–661. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.687
  4. Hidayati, N. A., & Darmuki, A. . (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 252–259. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.959
  5. Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto & Kundharu Saddhono. (2018). The Development and Evaluation of Speaking Learning Model by Cooperative Approach. International Journal of Instruction .11(2) pp. 115-128.
  6. Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Evaluating Information-Processing-Based Learning Cooperative Model on Speaking Skill Course. Journal of Language Teaching and Reasearch. 8(1) pp. 44-51.
  7. Darmuki, A. ., Hariyadi, A. ., & Hidayati, N. A. . (2022). Pelatihan Kepewaraan Melalui Metode Demonstrasi Berbasis Praktik di SMK Al Mubarok Rembang. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(6), 49–53. https://doi.org/10.55182/jpm.v2i6.242.
  8. Darmuki, A. ., Hariyadi, A. ., Hidayati, N. A. ., Shofwani, S. A. ., & Misidawati, D. N. . (2022). Pelatihan Public Speaking Menggunakan Metode Demonstrasi pada Siswa Anggota OSIS. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(5), 9–13. https://doi.org/10.55182/jpm.v2i5.245
  9. Madhuri, J. N. (2013). Use of Audio Visual Aids in Teaching and Speaking. Research Journal of English Language and Literature, 1(3), 108-122.