Main Article Content
Abstract
Background: Pemahaman mengenai Supply Chain Management (SCM) umumnya diperoleh di jenjang pendidikan tinggi atau dalam dunia industri. Namun, konsep dasar SCM sebenarnya dapat dikenalkan sejak dini untuk membentuk pemahaman anak tentang proses distribusi barang. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memperkenalkan konsep SCM kepada siswa sekolah dasar melalui pendekatan edukatif yang menyenangkan, yaitu metode pembelajaran berbasis cerita berjudul Perjalanan Nasi. Cerita ini menggambarkan alur perjalanan nasi mulai dari produksi di sawah hingga ke meja makan. Metode: Siswa dilibatkan secara aktif melalui diskusi dan permainan interaktif guna menanamkan pemahaman terhadap konsep rantai pasok. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan hasil kuisioner dan observasi sebelum dan sesudah kegiatan. Hasil: Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa. Anak-anak lebih mudah mengingat tahapan-tahapan SCM berkat media cerita yang menarik dan penyampaian yang sederhana. Interaksi yang terjadi selama kegiatan juga terbukti meningkatkan antusiasme mereka untuk belajar lebih lanjut tentang proses distribusi barang dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulan: Dengan demikian, pendekatan cerita interaktif terbukti efektif dalam menyampaikan konsep dasar SCM kepada anak usia sekolah dasar. Metode ini dapat menjadi alternatif edukatif yang relevan dan aplikatif untuk mengenalkan konsep logistik secara kreatif dan menyenangkan.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Manora, H., Khasanah, N.L., Solimin, & Sari, M.E. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu untuk Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Bouseik Jurnal Pendidik Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45–67 2024. https://doi.org/10.37092/bouseik.v2i1.734
- Listiana, H., Nada, Z.Q., Izzati, N.A., Widiyawati, R., & Holis, M. (2024). Model ‘Market Day’ Sebagai Upaya Untuk Memperluas Pendekatan Pembelajaran Yang Ramah Anak di RA Nurur Rahmah,” Kiddo J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, Special Edition: Araksa I, 66–83. doi: 10.19105/kiddo.v1i1.12716.
- Neto, S.B., & Costa, L.F. (2021). Perceptions of the World Economic Forum on Labor in the Fourth Industrial Revolution and Reflections From the Perspective of Decent Work. Rev. Eletrônica do Curso Direito da UFSM, 16(1), 1–35. https://doi.org/10.5902/1981369455258
- Fauziah, L., Mashudi, Sukoco, J.B., & Kinasih, W. (2024). Pendidikan Informal dalam Pemberdayaan Kapasitas SDM Pengelola Sampah untuk Optimalisasi Edukasi Green Supply Chain Management. Jurnal Kependidikan, 13(2), 1845–1860. https://doi.org/10.58230/27454312.613
- Pelangi, G. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354
- Khoiroh, A.U., Rahayu, A.W., A’yun, A.Q., Rahman, M.R. & Rusydiyah, E.F. (2023). Identifikasi Penerapan Kerucut Pengalaman di Sekolah Dasar Kota Suarabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 104–116. https://doi.org/10.32332/elementary.v9i1.6309
- Dewi, I.A.P.R., Sukendri, N., & Wiguna, I. B. A. A. (2025). Penguatan Nilai Karakter Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini di Dusun Oman Nyambu. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 64-73. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/sjpkm.v4i2.1462
- Ramadhan, D., Nurlaili, I., Primastuti, K.P., Widyawati, R., Farida,V., & Muhtarom, T. (2025). Mengembangkan Karakter Aktif dan Mandiri Dengan Metode Experiental Learning di SD IT Alam Nurul Islam. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(2), 1672–1685. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i2.7195
- Natarajarathinam, M., Qiu, S., & Lu, W. (2022). Designing and Assessing a Multidisciplinary Service-Learning Course in Supply Chain Management. INFORMS Transactions on Education, 23(3), 137-217. https://doi.org/10.1287/ited.2022.0280
- Lorenzo, X.B. L. (2024). Storytelling is Key for Chief Supply Chain Officers (CSCOs). https://www.linkedin.com/pulse/storytelling-key-chief-supply-chain-officers-cscos-basa%C3%B1ez-lorenzo-m3nue/
- Mashele, F. (2025). The Role of Storytelling in Business Education. Acumen Magazine. https://www.acumenmagazine.co.za/articles/the-role-of-storytelling-in-business-education-12873.html
- Hatidja, S., Suhardi, S., Fauzi, R. U. A., Hudaeni, N., Oktora, R., Afrizal, A., … Yastanti, U. (2025). The Effectiveness of Financial Literacy Education on Children’s Economic Decision-Making: A Meta-Analysis Approach. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6738
- Mandell, L., & Klein, L. S. (2009). The impact of financial literacy education on subsequent financial behavior. Journal of Financial Counseling and Planning, 20(1), 15–24. https://psycnet.apa.org/record/2009-19876-001
- Mccormick, M. H. (2009). The Effectiveness of Youth Financial Education: A Review of the Literature. Journal of Financial Counseling and Planning, 20(1), 70-83. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=2225339
- Pramesthi, Y. (2024). The Role of Economic Education in Building Financial Independence. Berajah Journal, 4(6), 1299–1308. https://doi.org/10.47353/bj.v4i6.434
References
Manora, H., Khasanah, N.L., Solimin, & Sari, M.E. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu untuk Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Bouseik Jurnal Pendidik Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45–67 2024. https://doi.org/10.37092/bouseik.v2i1.734
Listiana, H., Nada, Z.Q., Izzati, N.A., Widiyawati, R., & Holis, M. (2024). Model ‘Market Day’ Sebagai Upaya Untuk Memperluas Pendekatan Pembelajaran Yang Ramah Anak di RA Nurur Rahmah,” Kiddo J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, Special Edition: Araksa I, 66–83. doi: 10.19105/kiddo.v1i1.12716.
Neto, S.B., & Costa, L.F. (2021). Perceptions of the World Economic Forum on Labor in the Fourth Industrial Revolution and Reflections From the Perspective of Decent Work. Rev. Eletrônica do Curso Direito da UFSM, 16(1), 1–35. https://doi.org/10.5902/1981369455258
Fauziah, L., Mashudi, Sukoco, J.B., & Kinasih, W. (2024). Pendidikan Informal dalam Pemberdayaan Kapasitas SDM Pengelola Sampah untuk Optimalisasi Edukasi Green Supply Chain Management. Jurnal Kependidikan, 13(2), 1845–1860. https://doi.org/10.58230/27454312.613
Pelangi, G. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354
Khoiroh, A.U., Rahayu, A.W., A’yun, A.Q., Rahman, M.R. & Rusydiyah, E.F. (2023). Identifikasi Penerapan Kerucut Pengalaman di Sekolah Dasar Kota Suarabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 104–116. https://doi.org/10.32332/elementary.v9i1.6309
Dewi, I.A.P.R., Sukendri, N., & Wiguna, I. B. A. A. (2025). Penguatan Nilai Karakter Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini di Dusun Oman Nyambu. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 64-73. https://doi.org/https://doi.org/10.53977/sjpkm.v4i2.1462
Ramadhan, D., Nurlaili, I., Primastuti, K.P., Widyawati, R., Farida,V., & Muhtarom, T. (2025). Mengembangkan Karakter Aktif dan Mandiri Dengan Metode Experiental Learning di SD IT Alam Nurul Islam. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(2), 1672–1685. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i2.7195
Natarajarathinam, M., Qiu, S., & Lu, W. (2022). Designing and Assessing a Multidisciplinary Service-Learning Course in Supply Chain Management. INFORMS Transactions on Education, 23(3), 137-217. https://doi.org/10.1287/ited.2022.0280
Lorenzo, X.B. L. (2024). Storytelling is Key for Chief Supply Chain Officers (CSCOs). https://www.linkedin.com/pulse/storytelling-key-chief-supply-chain-officers-cscos-basa%C3%B1ez-lorenzo-m3nue/
Mashele, F. (2025). The Role of Storytelling in Business Education. Acumen Magazine. https://www.acumenmagazine.co.za/articles/the-role-of-storytelling-in-business-education-12873.html
Hatidja, S., Suhardi, S., Fauzi, R. U. A., Hudaeni, N., Oktora, R., Afrizal, A., … Yastanti, U. (2025). The Effectiveness of Financial Literacy Education on Children’s Economic Decision-Making: A Meta-Analysis Approach. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6738
Mandell, L., & Klein, L. S. (2009). The impact of financial literacy education on subsequent financial behavior. Journal of Financial Counseling and Planning, 20(1), 15–24. https://psycnet.apa.org/record/2009-19876-001
Mccormick, M. H. (2009). The Effectiveness of Youth Financial Education: A Review of the Literature. Journal of Financial Counseling and Planning, 20(1), 70-83. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=2225339
Pramesthi, Y. (2024). The Role of Economic Education in Building Financial Independence. Berajah Journal, 4(6), 1299–1308. https://doi.org/10.47353/bj.v4i6.434
