Main Article Content

Abstract

Background: Kasus perundungan dan kekerasan seksual pada siswa sekolah dasar masih menjadi persoalan serius yang memengaruhi perkembangan psikologis dan sosial anak. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa, guru, dan orang tua di SDN Pojok, Magetan, mengenai bentuk-bentuk bullying dan kekerasan seksual serta cara pencegahannya. Metode: Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Participatory Action Research dengan pendekatan edukatif-partisipatif melalui diskusi interaktif, pemasangan poster edukasi, pembagian angket, serta pre-test dan post-test kepada siswa kelas 4, 5, dan 6. Hasil: Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap definisi, jenis, dampak, serta langkah perlindungan diri dari tindakan bullying dan kekerasan seksual. Guru dan pihak sekolah juga menjadi lebih sadar akan pentingnya menciptakan lingkungan yang aman dan ramah anak. Media edukatif yang dipasang di kelas membantu menginternalisasi pesan antikekerasan secara visual dan berkelanjutan. Kegiatan ini membuktikan bahwa sosialisasi berbasis partisipasi mampu membangun budaya sekolah yang mendukung tumbuh kembang anak secara aman dan bermartabat.

Keywords

Bullying Kekerasan Seksual Sekolah Dasar Sosialisasi Partisipasi Siswa Pencegahan Kekerasan Pendidikan Karakter Bullying Kekerasan Seksual Sekolah Dasar Sosialisasi Partisipasi Siswa

Article Details

How to Cite
Eviningrum, S., Nugraha, B. E., & Kusuma, W. A. (2025). Sosialisasi Anti Bullying dan Kekerasan Seksual pada Anak (di SDN Pojok Desa Pojok Kawedanan Magetan). Jurnal SOLMA, 14(3), 4119–4129. https://doi.org/10.22236/solma.v14i3.20358

References

  1. Adawiyah, R., Muin, A., & Khairunnisa, K. (2017). Mathematical Inductive-Creative Reasoning , A Theoretical Study. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 57, 247–251.
  2. Adpriyadi, A. (2018). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Perspektif Ki Hajar Dewantara. DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i1.275
  3. Agbo, F. J., Olaleye, S. A., Bower, M., & Oyelere, S. S. (2023). Examining the relationships between students’ perceptions of technology, pedagogy, and cognition: The case of immersive virtual reality mini games to foster computational thinking in higher education. Smart Learning Environments, 10(1), 16. https://doi.org/10.1186/s40561-023-00233-1
  4. Al-Adawiyah, R., Mesiono, M., & Rifa’i, M. (2024). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN PROGRAM UNGGULAN DI SMA SAINS TAHFIZ QUR’AN AL-AMMAR TANJUNG MORAWA. Research and Development Journal of Education, 10(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v10i1.21227
  5. Amalina, A. (2020). Pembelajaran Matematika Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19 Tahun 2020. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 538. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.592
  6. Anaya, L. S., Faridi, F., & Maknin, N. A. K. (2023). Pendidikan Karakter Disiplin Santri Berbasis Tahfidzul Qur’an di SMP ‘Aisyiyah Boarding School Malang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2019–2028. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1611
  7. Anggraini, D. R., Huda, S., & Agushybana, F. (2021). Faktor Perilaku dengan Kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD) di Daerah Endemis Kota Semarang. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.26751/jikk.v12i2.1080
  8. Arifin, Z., Ariantini, M. S., Sudipa, I. G. I., Chaniago, R., Suryani, Dwipayana, A. D., Adriani, Adhicandra, I., Ariana, A. A. G. B., Rahmania, Yulianti, M. L., Rumata, N. A., & Alfiah, T. (2023). Green Technology: Penerapan Teknologi Ramah Lingkungan Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
  9. Cahyani, A. P., Oktaviani, D., Putri, S. R., Kamilah, S. N., Caturiasari, J., & Wahyudin, D. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dan Budaya Melalui Permainan Tradisional Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.51574/judikdas.v2i3.796
  10. Faizah, N. (2019). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Disiplin Tata Tertib Sekolah di SMA Negeri 2 Klaten. Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, 1(1).
  11. Fuady, A., Purwanto, P., Bambang, E., & Rahardjo, S. (2019). Abstraksi Reflektif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 464–471.
  12. Gunawan, H., Andara, M. R., & Hardayu, A. P. (2025). DAMPAK MEDIA SOSIAL, INFLUENCER MARKETING DAN PERIKLANAN ONLINE TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIFIKASI GENERASI Z DI INDONESIA: PERAN FOMO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 874–880. https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41622
  13. Harahap, B. S., Aini, N., & Nasution, S. (2025). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Anak Usia Golden Age. Jurnal Transformasi Pendidikan Modern, 6(1), Article 1. https://ejurnals.com/ojs/index.php/jtpm/article/view/819
  14. Karina, M., Judijanto, L., Rukmini, A., Fauzi, M. S., & Arsyad, M. (2024). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Prestasi Akademik: Tinjauan Literatur Pada Pembelajaran Kolaboratif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), Article 5. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i5.15351
  15. Krisna Anjasmani, R., & Widyananda Putra, R. (2025). REPRESENTASI TOXIC MASCULINITY & BULLYING PADA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT KEMENDIKBUD RI “INI GAK LUCU.” Kartala, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.36080/kvs.v4i1.233
  16. Mawah, S. R. R., Alim, A., & Wardi, A. H. A. K. (2021). Program Bimbingan Perilaku Etis di Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), Article 1.
  17. Pratiyaksi, N. M. D., Suja, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2024). Analisis peran modul ajar Kurikulum merdeka dalam penerapan profil Pancasila terhadap pembentukan karakter siswa SMP terkait Tri Hita Karana. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(12), 23. https://doi.org/10.17977/um065.v4.i12.2024.23
  18. Rohmat, D. (2021). Manajemen Inovasi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 18(1), 41–52. https://doi.org/10.54124/jlmp.v18i1.16
  19. Ruwaida, H. (2019). Proses Kognitif dalam Taksonomi Bloom Revisi: Analisis Kemampuan Mencipta (C6) Pada Pembelajaran Fikih Di MI Miftahul Anwar Desa Banua Lawas. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 51. https://doi.org/10.35931/am.v4i1.168
  20. Saniyah, D. Mi., & Farhisiyati, R. H. (2025). Program Unggulan Tahfiizh: Implementasinya dalam Perkembangan Kognitif Anak. Journal of Elementary Education Research, 3(1), 92–112. https://doi.org/10.56322/jeer.v3i1.92
  21. Tan, D. S., Phang, J., Kho, M. H., Zaspin, Z., & Julyance, Z. (2025). Analisis Pengaruh Faktor Individu, Citra Merek, dan Iklan Sosial Terhadap Perilaku Konsumen dalam Pembelian Merek Pakaian Fashion di Kota Batam. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 6(3), 1204–1216. https://doi.org/10.38035/jemsi.v6i3.2227
  22. Wahyuni, A., Sulaiman, & HR, M. (2016). Hubungan Kecerdasan Interpersonal Siswa Dengan Perilaku Verbal Bullying Di Sd Negeri 40 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 34–42.
  23. Waskitoningtyas, R. S., Khotimah, H., Sari, T. H. N. I., & Maharani, S. (2022). Peningkatan Pengetahuan Orangtua tentang Perkembangan Kognitif dan Sosial Peserta Didik di Kelurahan Sepinggan Balikpapan. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), 89–97. https://doi.org/10.31334/jks.v5i1.2414
  24. Wijaya, A. P. (2020). Gaya Kognitif Field Dependent Dan Tingkat Pemahaman Konsep Matematis Antara Pembelajaran Langsung Dan STAD. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 1–16. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v3i2.713
  25. Zilfan, M., Ilham, I., & Masitha, D. (2024). Implementasi Program Tahfidz Qur’an dalam Pembentukan Karakter Religius pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches, 4(4), 223–233. https://doi.org/10.53621/jider.v4i4.336

Most read articles by the same author(s)