Main Article Content

Abstract

Background: Meskipun guru memiliki akses ke teknologi modern, guru sering kali tidak memanfaatkannya untuk membuat media karena keterbatasan kemampuan penguasaan teknologi, rendahnya pemahaman konsep desain, dan sibuknya jadwal mengajar. Guru-guru di SD 3 Klaling membutuhkan pelatihan tentang inovasi media presentasi melalui pemanfaatan artificial integelence salah satunya yaitu Gamma App. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini yaitu untuk mentransfer pengetahuan kepada guru SD 3 Klaling melalui pemanfaatan Gamma App untuk membuat media presentasi. Metode: PkM ini dilaksanakan di SD 3 Klaling Kabupaten Kudus dengan peserta 11 orang guru. Metode PkM ini yaitu pelatihan interaktif dan advokasi (pendampingan). Tahapan pelaksanaan PkM yaitu: perencanaan, pelaksanaan, follow up, dan evaluasi. Sebelum dan setelah pelatihan diberikan tes untuk menganalisis peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru. Hasil tes kemudian diolah untuk memperoleh nilai N-Gain dan kriteria peningkatannya. Hasil: Kegiatan PkM berdampak pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru dalam pembuatan media presentasi dengan memanfaatkan Gamma App. Adapun skor N-Gain 68,52 dengan kriteria sedang. Kesimpulan: Kegiatan PKM ini mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru SD 3 Klaling mengenai pemanfaatan Gamma App dalam penyusunan media presentasi. Gamma App dapat membantu guru dalam menyusun media presentasi yang dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai media pembelajaran di kelas.

Keywords

Artificial Intelligence Gamma App Teacher Media Presentation Artificial Intelligence Gamma App Guru Media Presentasi

Article Details

Author Biography

Alif Catur Murti, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Muria Kudus, Jl. Lingkar Utara UMK, Gondangmanis, Bae, Kudus, 59327 Jawa Tengah, Indonesia

Informatics Engineering Study Program

How to Cite
Rahayu, R., & Catur Murti, A. (2025). Penggunaan Gamma App dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Pembuatan Media Presentasi Guru Sekolah Dasar. Jurnal SOLMA, 14(2). https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18869

References

  1. Anas, I. (2024). Penggunaan Aplikasi Gamma bagi Guru dalam Membuat Presentasi yang Menarik dan Otomatis. Journal of Information System and Education Development, 2(1), 39–43. https://doi.org/10.62386/jised.v2i1.52
  2. Asbara, N. W., Agunawan, A., Latief, F., Nurani, N., Ifani, A. Z., Deviv, S., Nianty, D. A., Mahendra, Y., & Wulandari, T. (2024). Penerapan Ai Sebagai Alat Bantu Proses Pembelajaran Di Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 831. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20083
  3. Ayu, K. G., Sari, D. W., & Wahab, A. (2025). Pengoptimalan Penggunaan Teknologi AI dalam Pembelajaran Inovatif Bagi Guru SMAN 85 Jakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Aplikasi Teknologi (Adipati), 4(2), 59–65.
  4. Bice, H., & Tang, H. (2022). Teachers’ beliefs and practices of technology integration at a school for students with dyslexia: A mixed methods study. Education and Information Technologies, 27(7), 10179–10205. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11044-1
  5. Boentolo, F., Manu, C.-C. C. R., Saragih, O. G., & Zalukhu, S. (2024). Peran Guru Memanfaatkan Ai Dalam Membangun Generasi Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Aletheia Christian Educators Journal, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.9744/aletheia.5.1.42-48
  6. Bower, M. (2017). Designing for Learning Using Virtual Worlds. In Design of Technology-Enhanced Learning (pp. 305–364). Emerald Publishing Limited. https://doi.org/10.1108/978-1-78714-182-720171012
  7. Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning. Performance Improvement, 42(5), 41–43. https://doi.org/10.1002/pfi.4930420510
  8. Eriana, E. S., & Zein, A. (2023). Artificial Intelligence (AI). Eureka Media Aksara.
  9. Hakim, L. (2022). Peranan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) dalam Pendidikan.
  10. Hakkeu, F., I, P., R, D., U, Z., & M, T. (2023). Workshop Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Dengan Teknologi AI (Artificial Intelligence). Mohuyula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–14.
  11. Hariadi, S. (2018). MEDIA PRESENTASI PEMBELAJARAN: dari Teori ke Praktik. Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kota Probolinggo.
  12. Hawarni. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Multimedia Terhadap Hasil Belajar Informatika Di Sma Negeri 1 Tilamuta. Normalita (Jurnal Pendidikan), 9, 63–74.
  13. Johnson, L., Adams, B., Estrada, V., & Freeman, A. (2014). Horizon Report: 2014 K-12 Edition. In Horizon Report. The New Media Consortium. https://doi.org/ISBN 978-0-9914828-5-6
  14. Khakim, L., Budihartono, E., & Sutanto, A. (2025). Peningkatan Hardskill Siswa SMK NU 1 Islamiyah Kramat melalui Pelatihan Pembuatan Alat Ukur Suhu Ruang Berbasis Mikrokontroler. SOLMA, 14(1), 262–270.
  15. Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33
  16. Marhadi, H., Syafriyafdi, N., Cindy, V., Uyun, K., Syahfrika, E., Septiana, L., Harmadani, P., & Andini, S. (2025). Penggunaan Media Pembelajaran Card Match Circle Berbasis Budaya Melayu dalam Upaya Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. SOLMA, 14(1), 983–991.
  17. Mayer, R. E. (2014). The Cambridge Handbook of Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9781139547369
  18. Mustika, D., Hidayat, B., & Utami, M. (2025). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbantu Artificial Intelligence untuk Guru Sekolah Dasar. 2(5), 3581–3587.
  19. Putra, L. D., Fitriyani, D. A., Fatimah, S., & Berlianti, D. S. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Teknologi Media Digital dalam Pembelajaraan Siswa Secara Kontekstual dan Audio Visual di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(4), 2672–2678. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5921
  20. Rahayu, S., Hadi, K. Al, Wahyudi, & Sutrio. (2023). Pelatihan pemanfaatan artificial intelligence ( AI ) untuk keefektifan presentasi yang menarik dan komunikatif. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 6(4), 2021–2024. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v6i4.6601
  21. Ruwaidah, Betti Megawati, Maisaroh Ritonga, Rahmad Aditiya, Ahmad Habin, Sagala, & Wahyu Azhar Ritonga. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Artificial Intelligence /Ai Untuk Meningkatkan Keterampilan Pembelajaran. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service , 4(2), 205–214.
  22. Wahdaniah, Jamilah, Fitri, G., Surbakti, E. B., & Ginting, S. D. B. (2025). Pemanfaatan Gamma App Berbasis AI sebagai Alat Bantu Inovatif untuk Guru dalam Pembelajaran C-266 C-267. Proceeding Seminar Nasional Politeknik Negeri Lhokseumawe, 8(1), 266–269.
  23. Wangdi, T., Dhendup, S., & Gyelmo, T. (2023). Factors Influencing Teachers’ Intention to Use Technology: Role of TPACK and Facilitating Conditions. International Journal of Instruction, 16(2), 1017–1036. https://doi.org/10.29333/iji.2023.16254a
  24. Wijnen, F., Walma van der Molen, J., & Voogt, J. (2023). Primary school teachers’ attitudes toward technology use and stimulating higher-order thinking in students: a review of the literature. Journal of Research on Technology in Education, 55(4), 545–567. https://doi.org/10.1080/15391523.2021.1991864
  25. Zhang, Y., & Zhang, J. (2020). Teachers’ Use of Technology in Primary Education: A Case Study. Computers & Education, 148(103786).

Most read articles by the same author(s)