Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Rendahnya kapasitas manajerial pengelola serta kurang optimalnya kompetensi pendidik dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar berbasis nilai-nilai keislaman. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para pendidik dalam memberikan pendidikan berbasis agama. Metode: Kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil: Pendampingan ini memberikan dampak positif berupa peningkatan keterampilan manajerial, komunikasi antar pendidik, serta pengelolaan administrasi TPQ yang lebih tertata. Selain itu, program pendampingan juga berhasil meningkatkan motivasi para pendidik dalam melaksanakan tugasnya. Kesimpulan: Pendampingan manajemen pendidik TPQ memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama di tingkat dasar di desa tersebut.

Keywords

Manajemen Pendidikan Pendampingan TPQ Desa Tepusen

Article Details

How to Cite
Rohmah, S., Fuadi, S. I., & Cahyadi, Y. A. (2025). Pendampingan Manajemen Pendidik TPQ Desa Tepusen Kecamatan Kaloran Kabupaten Temanggung. Jurnal SOLMA, 14(2), 2588–2595. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18825

References

  1. Ajhuri KF, S. M. ( 2018 ). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al –Quran (TPQ) melalui Qalamuna, 10 (2), 175 –195
  2. Banks, J. A. (2010). Multicultural Education: Issues and Perspectives. New York: John Wiley & Sons.
  3. Eisner, E. W. (2002). The Arts and the Creation of Mind. New Haven: Yale University Press.
  4. Hidayat, A., & Imam Machali. (2012). Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Kaukabaa
  5. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (n.d.). Mengenal Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
  6. Kurniadin, D., & Imam Machali. (2012). Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Ar-Ruzz Media.
  7. Kusuma, Y. (2018). Model –Model Perkembangan Pembelajaran DI TPQ / TPA
  8. Malik, H. A. (2013). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al Husna Pasadena Semarang. Dimas, 13(2)
  9. Mukhibat, M. (2017). Manajemen Pendidikan Islam: Konsep dan Aplikasinya dalam Mengelola Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Kencan 389
  10. Mulyasa, E. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  11. Syamsuddin, A. (2020). Pengelolaan Pendidikan Islam di Era Modern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  12. Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.