Main Article Content
Abstract
Pendahuluan: Rendahnya kapasitas manajerial pengelola serta kurang optimalnya kompetensi pendidik dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar berbasis nilai-nilai keislaman. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para pendidik dalam memberikan pendidikan berbasis agama. Metode: Kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil: Pendampingan ini memberikan dampak positif berupa peningkatan keterampilan manajerial, komunikasi antar pendidik, serta pengelolaan administrasi TPQ yang lebih tertata. Selain itu, program pendampingan juga berhasil meningkatkan motivasi para pendidik dalam melaksanakan tugasnya. Kesimpulan: Pendampingan manajemen pendidik TPQ memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama di tingkat dasar di desa tersebut.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2025 Oleh authors. Lisensi Jurnal SOLMA, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Ajhuri KF, S. M. ( 2018 ). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al –Quran (TPQ) melalui Qalamuna, 10 (2), 175 –195
- Banks, J. A. (2010). Multicultural Education: Issues and Perspectives. New York: John Wiley & Sons.
- Eisner, E. W. (2002). The Arts and the Creation of Mind. New Haven: Yale University Press.
- Hidayat, A., & Imam Machali. (2012). Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Kaukabaa
- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (n.d.). Mengenal Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
- Kurniadin, D., & Imam Machali. (2012). Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Ar-Ruzz Media.
- Kusuma, Y. (2018). Model –Model Perkembangan Pembelajaran DI TPQ / TPA
- Malik, H. A. (2013). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al Husna Pasadena Semarang. Dimas, 13(2)
- Mukhibat, M. (2017). Manajemen Pendidikan Islam: Konsep dan Aplikasinya dalam Mengelola Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Kencan 389
- Mulyasa, E. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Syamsuddin, A. (2020). Pengelolaan Pendidikan Islam di Era Modern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
References
Ajhuri KF, S. M. ( 2018 ). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al –Quran (TPQ) melalui Qalamuna, 10 (2), 175 –195
Banks, J. A. (2010). Multicultural Education: Issues and Perspectives. New York: John Wiley & Sons.
Eisner, E. W. (2002). The Arts and the Creation of Mind. New Haven: Yale University Press.
Hidayat, A., & Imam Machali. (2012). Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Kaukabaa
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (n.d.). Mengenal Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Kurniadin, D., & Imam Machali. (2012). Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Ar-Ruzz Media.
Kusuma, Y. (2018). Model –Model Perkembangan Pembelajaran DI TPQ / TPA
Malik, H. A. (2013). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al Husna Pasadena Semarang. Dimas, 13(2)
Mukhibat, M. (2017). Manajemen Pendidikan Islam: Konsep dan Aplikasinya dalam Mengelola Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Kencan 389
Mulyasa, E. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syamsuddin, A. (2020). Pengelolaan Pendidikan Islam di Era Modern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syaodih. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
