Main Article Content

Abstract

Background: Yayasan Amaliah Astra (YAA) adalah sebuah badan amal yang dibentuk dan berada di bawah naungan PT. Astra International Tbk.  Melalui Program Astra Gema Islami (AGI), YAA bersama dengan Politeknik Astra mengadakan Pesantren Koding selama Bulan Ramadhan 1443 H. Kegiatan ini ditujukan untuk siswa/i tingkat sekolah dasar dalam mengembangkan keterampilan teknologi sejak dini. Metode: Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu pembuatan modul belajar yang berbentuk digital (E-modul ) yang berisi teks dan gambar untuk membantu proses pembelajaran.  Materi yang digunakan dalam E-modul  terdiri dari 5 (lima) studi kasus. Software yang digunakan pada materi pelatihan yaitu MIT APP Investor, salah satu aplikasi ponsel blok logika, untuk memudahkan pengguna dalam membuat aplikasi mobile. Hasil: Kegiatan ini 100% sudah sesuai dengan harapan dari peserta maupun orang tua. Melalui pelatihan pesantren koding, peserta dapat melatih kreatifitas dalam membuat aplikasi dan dapat mengetahui cara lain untuk mengoperasikan ponsel dan laptop selain digunakan bermain game. Kesimpulan: Berdasarkan hasil yang diperoleh setelah kegiatan pesantren koding yaitu peserta 100% berhasil memahami dan mengimplementasikan dasar-dasar pemrograman serta mampu membuat aplikasi sederhana seperti menampilkan nama, menampilkan foto, membuat kalkulator sederhana, menggambar, dan membuat animasi bola bergerak.

Keywords

MIT App Investor Pemrograman Dasar Pesantren Koding MIT App Investor Pemrograman Dasar Pesantren Koding

Article Details

How to Cite
Wardani, D. K., Arie Kusumawati, & Kusuma Winahyu, R. R. K. (2025). Pelatihan Logika Pemrograman Dasar Bagi Siswa/I Sekolah Dasar Menggunakan MIT APP Investor. Jurnal SOLMA, 14(2), 1872–1881. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18608

References

  1. Adrezo, M., Indriana, I. H., & Yulnelly. (2023). Pengenalan Coding Dalam Rangka Peningkatan Literasi Digital Bagi Siswa M.I. Jami’Atul Khair Ciledug Tangerang. 6(3), 706–713. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i3.47490
  2. Amaliah. (2024). Tentang yayasan amaliah astra. https://amaliah.id/amaliahastra
  3. Edriati, S., Husnita, L., Amri, E., Samudra, A. A., & Kamil, N. (2021). Penggunaan Mit App Inventor untuk Merancang Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(4), 652–657. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i4.6648
  4. Hasanah, N., & Monica, A. V. (2023). Pengabdian Kepada Masyarakat: Pemilihan Pendekatan, Strategi, Model dan Metode Pembelajaran pada Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 3(1), 45–53. https://doi.org/10.51805/jpmm.v3i1.122
  5. Hidayat, A., & Maesyaroh, S. S. (2022). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(5), 356. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i5.159
  6. Hidayati, N., Sari, B. N., Utami, M. R., & Mutiara, A. N. (2024). Pelatihan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Produktifitas Usaha Kue di Teluk Jambe Timur Karawang. 8(4), 1070–1076. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v8i4.
  7. Hignasari, L. V. (2022). Pembelajaran Coding Dan Peluang Usaha Kursus Coding Di Era Digital Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Vastuwidya, 5(2), 82–89. https://doi.org/10.47532/jiv.v5i2.674
  8. Lastri, Y. (2023). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-modul Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139–1146. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1914
  9. Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
  10. Putri, R., Mardhatillah, F., & Tunnur, L. (2024). Online Based Baitul Mal Wat Tamwil ( Bmt ) Management Training In Gampong Panggoi Pelatihan Pengelolaan Baitul Mal Wat Tamwil ( Bmt ) Berbasis Online Di Gampong Panggoi. 8(3), 661–667.
  11. Rofah, F., Hasanah, N., Rofah, F., Hasanah, N., Fathir, A., Fisika, P., Biologi, P., & Madura, U. I. (2023). Pengaruh pembelajaran eksperimen terhadap minat belajar siswa di sma bustanul mubtadiin pada materi pengukuran. Jurnal Riset, 96–101.
  12. Sriati, Y. I., Ningsih, A. N. T., Sofiandira, V. T., & Fauzi, A. (2021). Penerapan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di MI Darul Ulum Genengan Pendahuluan Mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2021 yang menerangkan , bagi daerah yang sudah memasuki level 1 sampai 3 seluruh sisw. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 192–197. https://doi.org/10.37478/abdika.v1i4.1264
  13. Suhadi Prayito, Rusdianah, E., & Yuliana, F. (2024). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial- Emosional Pada Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun). Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 6(5474), 1333–1336.
  14. Sulaeman, A., Bramasta, D., & Makhrus, M. (2023). Pemberdayaan Masyarakat dengan Pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA). Jurnal Literasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 87–96. https://doi.org/10.61813/jlppm.v2i2.34
  15. Susilo, J., Saogi, & Nomleni, A. P. (2022). Pelatihan Dan Knowledge Management. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 1–6.