Main Article Content
Abstract
Pendahuluan: Integrasi kecerdasan buatan dan pemrograman dalam kurikulum pendidikan STEM menjadi langkah strategis untuk memperkuat kemampuan siswa dalam menghadapi tantangan dunia kerja. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah framework Scrum, yang efektif dalam mengembangkan keterampilan teknis dan non-teknis siswa. Studi ini bertujuan untuk mengimplementasikan pelatihan Scrum di SMK dan mengevaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan manajemen proyek siswa. Metode: Persiapan materi, pelaksanaan pelatihan yang dibagi menjadi sesi materi dan simulasi praktis menggunakan Lego, serta evaluasi menggunakan kuesioner. Hasil: 76% peserta merasa mudah mengikuti materi dan memperoleh pengetahuan yang berguna dalam manajemen proyek. Simulasi menggunakan Lego mendapat penilaian sangat baik dengan skor 4,5 dari 5. Evaluasi juga mengungkapkan kepuasan peserta, meskipun ada beberapa saran untuk memperbaiki kegiatan di masa depan. Kesimpulan: Pelatihan ini bermanfaat karena dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi serta pemecahan masalah siswa dalam proyek berbasis teknologi.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
© 2022 Oleh authors. Lisensi Jurnal Solma, LPPM-Uhamka, Jakarta. Artikel ini bersifat open access yang didistribusikan di bawah syarat dan ketentuan Creative Commons Attribution (CC BY) license. (http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/).
References
- Azzariyah, R. N., & Prapanca, A. (2020). Studi Literatur Penerapan Metode Scrum Di Sekolah Tinggi Menggunakan Strategi Cooperative Learning. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(2), 555–563.
- Bourdeau, S., Romero-Torres, A., & Petit, M. C. (2020). Learning Scrum: A LEGO®-Scrum simulation. Agile Scrum Implementation and Its Long-Term Impact on Organizations, May, 169–188. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-4885-1.ch011
- Castellanos-Verdugo, M., Oviedo-Garcia, M. Á., & Vega-Vázquez, M. (2017). Souvenir shopping satisfaction: Antecedents and consequences. European Journal of Tourism Research, 17, 191–205. https://doi.org/10.54055/ejtr.v17i.302
- Fikri, M., Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2024). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Kelas Tinggi Sekolah Dasar. 2228–2234.
- Kemdikbud. (2024). Wamendikdasmen Tekankan Penguatan Soft Skill dalam Pembelajaran AI dan Coding di SMK.
- Nasution, A. A. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Desain Produk, Dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Mitsubishi Xpander (Studi Kasus Pt. Nusantara Berlian Motor Medan). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 4(3), 5–24.
- Nurhayati, S. (2022). Evaluasi Tutorial Online Mata Kuliah Program Linear pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4010–4024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2569
- Omar, M., Khasasi, N. L. A., Abdullah, S. L. S., Hashim, N. L., Romli, R., & Katuk, N. (2018). Defining skill sets requirements for Agile Scrum team formation. Journal of Engineering and Applied Sciences, 13(3), 784–789. https://doi.org/10.3923/jeasci.2018.784.789
- Putri, K. M. F., Ranti, L. R., & Ringkat, G. H. F. (2024). Artikel Model Pembelajaran Cooperative Learning. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 01–06.
- Rahma, D. W., Fajriyah, S. Z., Satria, D., Muftikhali, Q. E., Yanti, H. A., Putro, Z. P., & Scrum, K. K. (2023). DI SMK Citra Negara Depok. 84–87.
- Sabirin, F., & Sulistiyarini, D. (2021). Analisis Soft-Skills Siswa SMK Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika. 10(1). https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1
- Satria, D., Solehuddin, M., Aulia, I., & P, Z. P. (2024). Scrum untuk Pengelolaan Proyek dalam Kelompok. 1(2), 3–9.
- Syaharani, E. R., Cahyaningrum, S. N., & Putri, N. N. E. (2024). Literature Review: Efektivitas Metode Pembelajaran Tanya Jawab dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 12. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.296
- Wahyudi, A., Sunardi, S., & Riadi, I. (2022). Peran Strategis Scrum Master Pada Pengembangan Perangkat Lunak Perpustakaan Sekolah Berbasis Android. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(3), 711–717. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i3.2994
References
Azzariyah, R. N., & Prapanca, A. (2020). Studi Literatur Penerapan Metode Scrum Di Sekolah Tinggi Menggunakan Strategi Cooperative Learning. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(2), 555–563.
Bourdeau, S., Romero-Torres, A., & Petit, M. C. (2020). Learning Scrum: A LEGO®-Scrum simulation. Agile Scrum Implementation and Its Long-Term Impact on Organizations, May, 169–188. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-4885-1.ch011
Castellanos-Verdugo, M., Oviedo-Garcia, M. Á., & Vega-Vázquez, M. (2017). Souvenir shopping satisfaction: Antecedents and consequences. European Journal of Tourism Research, 17, 191–205. https://doi.org/10.54055/ejtr.v17i.302
Fikri, M., Suriansyah, A., & Rafianti, W. R. (2024). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Kelas Tinggi Sekolah Dasar. 2228–2234.
Kemdikbud. (2024). Wamendikdasmen Tekankan Penguatan Soft Skill dalam Pembelajaran AI dan Coding di SMK.
Nasution, A. A. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Desain Produk, Dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Mitsubishi Xpander (Studi Kasus Pt. Nusantara Berlian Motor Medan). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 4(3), 5–24.
Nurhayati, S. (2022). Evaluasi Tutorial Online Mata Kuliah Program Linear pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4010–4024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2569
Omar, M., Khasasi, N. L. A., Abdullah, S. L. S., Hashim, N. L., Romli, R., & Katuk, N. (2018). Defining skill sets requirements for Agile Scrum team formation. Journal of Engineering and Applied Sciences, 13(3), 784–789. https://doi.org/10.3923/jeasci.2018.784.789
Putri, K. M. F., Ranti, L. R., & Ringkat, G. H. F. (2024). Artikel Model Pembelajaran Cooperative Learning. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 01–06.
Rahma, D. W., Fajriyah, S. Z., Satria, D., Muftikhali, Q. E., Yanti, H. A., Putro, Z. P., & Scrum, K. K. (2023). DI SMK Citra Negara Depok. 84–87.
Sabirin, F., & Sulistiyarini, D. (2021). Analisis Soft-Skills Siswa SMK Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika. 10(1). https://doi.org/10.31571/saintek.v9i1
Satria, D., Solehuddin, M., Aulia, I., & P, Z. P. (2024). Scrum untuk Pengelolaan Proyek dalam Kelompok. 1(2), 3–9.
Syaharani, E. R., Cahyaningrum, S. N., & Putri, N. N. E. (2024). Literature Review: Efektivitas Metode Pembelajaran Tanya Jawab dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 12. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.296
Wahyudi, A., Sunardi, S., & Riadi, I. (2022). Peran Strategis Scrum Master Pada Pengembangan Perangkat Lunak Perpustakaan Sekolah Berbasis Android. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 7(3), 711–717. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i3.2994