Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Integrasi kecerdasan buatan dan pemrograman dalam kurikulum pendidikan STEM menjadi langkah strategis untuk memperkuat kemampuan siswa dalam menghadapi tantangan dunia kerja. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah framework Scrum, yang efektif dalam mengembangkan keterampilan teknis dan non-teknis siswa. Studi ini bertujuan untuk mengimplementasikan pelatihan Scrum di SMK dan mengevaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan manajemen proyek siswa. Metode: Persiapan materi, pelaksanaan pelatihan yang dibagi menjadi sesi materi dan simulasi praktis menggunakan Lego, serta evaluasi menggunakan kuesioner. Hasil: 76% peserta merasa mudah mengikuti materi dan memperoleh pengetahuan yang berguna dalam manajemen proyek. Simulasi menggunakan Lego mendapat penilaian sangat baik dengan skor 4,5 dari 5. Evaluasi juga mengungkapkan kepuasan peserta, meskipun ada beberapa saran untuk memperbaiki kegiatan di masa depan. Kesimpulan: Pelatihan ini bermanfaat karena dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi serta pemecahan masalah siswa dalam proyek berbasis teknologi.

Keywords

Kerangka Kerja Scrum Keterampilan Kolaborasi Manajemen Proyek

Article Details

How to Cite
Wazaumi, D. D., & Wardani, D. K. (2025). Pelatihan Scrum Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Pembelajaran Manajemen Proyek di SMKN 1 Depok. Jurnal SOLMA, 14(1), 487–493. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.18066

References

Read More