Main Article Content

Abstract

Background: Pembelajaran di sekolah dasar sering kali menghadapi tantangan dalam pemanfaatan teknologi, terutama dalam mengintegrasikan perangkat lunak pendidikan seperti GeoGebra. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pendampingan guru dalam menggunakan GeoGebra sebagai media pembelajaran interaktif. Metode: Metode yang digunakan adalah pelatihan teknis dan pendampingan berkelanjutan, untuk meningkatkan kemampuan guru dalam merancang bahan ajar sesuai dengan kurikulum nasional. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan komprehensif yang melibatkan literasi digital dan pengembangan kreativitas guru dapat meningkatkan pemahaman dan penggunaan GeoGebra di kelas. Kesimpulan: Berdasarkan hasil yang diperoleh, disarankan agar program pendampingan ini dilanjutkan dengan memperluas jangkauannya ke sekolah-sekolah lain yang menghadapi tantangan serupa. Selain itu, peningkatan fasilitas teknologi di sekolah perlu diprioritaskan untuk memastikan integrasi teknologi yang optimal dalam proses pembelajaran. Dengan bagian Hasil dan Pembahasan, penilaian terhadap hasil program dan dampaknya terhadap guru dan siswa dapat disajikan secara jelas dan sistematis. Oleh karena itu, diharapkan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif jangka panjang terhadap kualitas pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar.

Keywords

Geogebra Pembelajaran Interaktif Pendampingan Guru Geogebra Pembelajaran Interaktif Pendampingan Guru

Article Details

How to Cite
Al Ayyubi, I. I., Indrawan, D., Muhammad, F. R., Prayetno, E., & Nurhikmah, N. (2025). Pendampingan Guru dalam Mengintegrasikan GeoGebra sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar Swasta Sumur Bandung. Jurnal SOLMA, 14(2), 1914–1926. https://doi.org/10.22236/solma.v14i2.18460

References

  1. Afri, M. S., Hermita, N., & Putra, Z. H. (2022). Pengukuran kemampuan literasi digital siswa sekolah dasar. Indonesian Journal of Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics Education, 1(2), 92–96. https://doi.org/10.31258/ijsteame.v1i2.7
  2. Al Ayyubi, I. I., Rohmatulloh, R., Suryana, I., & Wijaya, T. T. (2024). Improving Students’ Creative Thinking Skills Assisted by GeoGebra Software. Noumerico: Journal of Technology in Mathematics Education, 2(1), 23–34. https://doi.org/10.33367/jtme.v2i1.4244
  3. Artemieva, V. V, Voronina, L. V, & Utyumova, E. A. (2020). Development of information culture of future teachers in the conditions of digitalization of education. 2nd International Scientific and Practical Conference “Modern Management Trends and the Digital Economy: From Regional Development to Global Economic Growth”(MTDE 2020), 841–847. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.200502.137
  4. Ayu, L. (2024). Analisis Bibliometrik Penggunaan Geogebra Dalam Menyelesaikan Masalah Matematis. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
  5. Birgin, O., & Acar, H. (2022). The effect of computer-supported collaborative learning using GeoGebra software on 11th grade students’ mathematics achievement in exponential and logarithmic functions. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 53(4), 872–889. https://doi.org/10.1080/0020739X.2020.1788186
  6. Birgin, O., & Topuz, F. (2021). Effect of the GeoGebra software-supported collaborative learning environment on seventh grade students’ geometry achievement, retention and attitudes. The Journal of Educational Research, 114(5), 474–494.
  7. Birgin, O., & Uzun Yazıcı, K. (2021). The effect of GeoGebra software–supported mathematics instruction on eighth‐grade students’ conceptual understanding and retention. Journal of Computer Assisted Learning, 37(4), 925–939. https://doi.org/10.1111/jcal.12532
  8. Brockhaus, J., Buhmann, A., & Zerfass, A. (2023). Digitalization in corporate communications: understanding the emergence and consequences of CommTech and digital infrastructure. Corporate Communications: An International Journal, 28(2), 274–292. https://doi.org/10.1108/CCIJ-03-2022-0035
  9. Dhir, H. K. (2021). Handbook of research on barriers for teaching 21st-century competencies and the impact of digitalization. IGI Global.
  10. Diva, D. F., Andriyani, J., Rangkuti, S. A., Prasiska, M., Tobing, T. E. W. L., Irani, A. R., & Saragih, R. M. B. (2023). Pentingnya Pemahaman Konsep Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 5(3), 8441–8446. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1629
  11. Fathurrahman, F., & Fitrah, M. (2023). Software Geogebra Pada Pembelajaran Matematika: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 33–40. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v4i1.2497
  12. Fauzi, H. A. H., Hidayat, W., Al Ayyubi, I. I., Nurhikmah, & Al-Ghatnaini, R. A. S. (2025). Work Stress Levels At Madrasah Tsanawiyah Arrukhshatul’ulum: The Challenges of Digitalization in Developing Islamic Educational Institutions. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 19–27. https://doi.org/10.55352/mudir.v7i1.1469
  13. Hasibuan, N. A., & Yahfizam, Y. (2024). Pembelajaran berbasis proyek menggunakan software matematika Geogebra terhadap kemampuan komputasi siswa. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.62383/katalis.v1i2.196
  14. Meisya, S., & Arnawa, I. M. (2021). The development of mathematical learning devices based on model-eliciting activities and geogebra. Journal of Physics: Conference Series, 1742(1), 12034. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012034
  15. Nuritha, C., & Tsurayya, A. (2021). Pengembangan video pembelajaran berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 48–64. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.430
  16. Pramaswari, A., Franzisca, V., Evareny, L., & Mesalina, R. (2024). The Effectiveness of Peer Educator Mentoring in Increasing Teenagers’ Knowledge About The KRR Triad in The Tageh Youth Group in Bukittinggi City. Proceedinginternational, 4, 84–93. https://doi.org/10.33761/jd.v4i.45
  17. Prayetno, E., Amalia, D., Rahayu, M. A., & Asri, M. R. (2024). Community Service : Tea from Sukun Leaves as a Traditional Beverage with a Modern Approach. Jurnal Al Maesarah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sosial, Dan Kemasyarakatan, 3(2), 92–104.
  18. Prayetno, E., Masfuroh, A. S., Al-ghatnaini, R. A. S., & Saelaemae, T. (2024). Application of Geogebra in Mathematics Learning Using a Realistic Mathematics Education Model. JTL: Journal of Teaching and Learning, 1(2), 121–134.
  19. Prayetno, E., Mubaraq, Z., Nur, A. K., & Al-, R. A. S. (2024). Contemporary Islamic Sects in Indonesia. Jurnal Al Burhan, 4(2), 113–125.
  20. Prayetno, E., Zahro, F., & Fawzani, N. (2024). Implementation of Portfolio Assessment on Tahsin Kitabah Teaching at Al-Hidayah Karangploso Boarding School. Al-Lisan: Jurnal Bahasa (e-Journal), 9(2), 185–199.
  21. Prokopiv, L. M., & Stynska, V. V. (2023). Higher Education Digitalization in the Context of Globalization Changes. Annales Universitatis Mariae Curie-Skłodowska, Sectio J–Paedagogia-Psychologia, 36(3), 7–18. https://www.ceeol.com/search/article-detail?id=1220573
  22. Rostina, R., Yani, A., & Simin, S. (2021). Penggunaan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Pada Materi Bola Siswa Kelas VIII SMP. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 6(1), 44–52. http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v6i1.2345
  23. Setyo, A. A., Fathurahman, M., Anwar, Z., & PdI, S. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra untuk Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Confidence Siswa SMA (Vol. 1). Yayasan Barcode.
  24. Sopanda, L., Sari, S. K. N., & Mardiana, M. (2022). Integrasi Geogebra dan Problem-Based Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi SPLDV. Juwara Jurnal Wawasan Dan Aksara, 2(1), 25–36. https://doi.org/10.58740/juwara.v2i1.36
  25. Vinsensia, D., Utami, Y., Ramadhan, A., & Febriana, A. (2022). Peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika melalui aplikasi geogebra. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 165–169. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7563