Main Article Content

Abstract

Background: Kehadiran Artificial Intelligence (AI) memberikan manfaat dalam mempercepat penyelesaian tugas, namun sering kali terjadi kesalahan dalam penggunaannya. Guru perlu mempelajari cara mengintegrasikan AI untuk mendorong siswa berpikir kritis, berinovasi, dan mengeksplorasi ide. Kegiatan ini bertujuan memberdayakan guru dalam memanfaatkan dan memahami implikasi etis AI di dunia pendidikan. Metode: Pengabdian ini menggunakan metode pelatihan dengan tahapan perencanaan, implementasi, pendampingan, evaluasi pelaksanaan, dan evaluasi berkelanjutan. Kegiatan dilakukan secara tatap muka, melibatkan pimpinan sekolah dan guru di Pesantren Darul Uloom School, Satun, Thailand Selatan. Tim PKM terdiri dari Dr. Sitti Maryam Hamid, M.Pd. (ketua tim), Dr. Andi Bulkis Maghfirah Mannong, M.Pd., dan Uyunnasirah Hambali, S.Pd., M.Pd.  Hasil: Guru memperoleh pengetahuan baru dalam membuat materi ajar menggunakan Gemini, Perplexity, dan ChatGPT. Mereka juga mampu berinovasi dengan menyediakan materi ajar yang menarik melalui Canva dan Gamma, serta mengintegrasikan aplikasi multimedia AI seperti Kahoot dan Canva untuk mengevaluasi proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum sekolah. Kesimpulan: Melalui pelatihan ini, guru dapat memahami dan mempraktikkan penggunaan Artificial Intelligence dalam penyediaan materi ajar, presentasi, dan evaluasi pembelajaran. Guru dibekali materi, dilatih, dan diberikan kesempatan untuk praktik langsung, diharapkan dapat meningkatkan inovasi dalam pembelajaran.

Keywords

Artificial intelligence Teachers Teaching materials Utilization of technology Artificial intelligence Bahan ajar Guru Pemanfaatan teknologi

Article Details

How to Cite
Hamid, S. M., Mannong, A. B. M., & Hambali, U. (2025). Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) bagi Guru di Darul Uloom School, Satun, Thailand . Jurnal SOLMA, 14(1), 541–549. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.17766

References

  1. Anas, I. (2024). Penggunaan Aplikasi Gamma bagi Guru dalam Membuat Presentasi yang Menarik dan Otomatis. Jised: Journal of Information System and Education Development, 2(1), 39–43.
  2. Anggoro, D., Rolia, E., Rahayu, S., Hidayat, A., & Mujito, M. (2024). Optimalisasi Pembuatan Media Pembelajaran Dengan AI Di SMK Muhammadiyah Way Sulan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(11), 3230–3236. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i11.700
  3. Ariestya, W. W., Astuti, I., Ruhama, S., Hapsari, D. A. P., & Adhayanti, N. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Pembelajaran Di SD Global Islamic School Depok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(3), 712–718. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i3.877
  4. Baker, R. S., & Smith, L. L. (2022). Leveraging AI to design personalized educational experiences in K-12 schools. Journal of Educational Data Mining, 14(2), 45–64.
  5. Chen, L., & Zhang, W. (2022). AI-powered personalized learning and the transformation of education. Educational Technology & Society, 25(3), 111–125.
  6. Dina, Herlina Batan, Elthon Glorya Tandiayu, E. (2023). Pemanfaatan Media Presentasi Berbasis Canva dalam Pembelajaran Website. PROSIDING TP UKI TORAJA, 60–67.
  7. Fajri, Nurul., Akbar, Ali., Zakir, Supratman., Rila, A. (2021). Penerapan Aplikasi Kahoot dalam Evaluasi Pembelajaran PAI pada Materi Masuknya Islam ke Nusantara SMPN 1 Banuhampu Kabupaten Agam. Kajian Dan Pengembangan Umat, 4(2), 78–89.
  8. Fischer, D., & Schmid, P. (2024). Advancing personalized education with AI: Insights and case studies. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 21(1), 78–95.
  9. Freeman, L., & McKinney, S. (2021). The role of AI in education: Enhancing efficiency and effectiveness in the classroom. Journal of Educational Technology & Society, 24(1), 42–55.
  10. Hermila, A, R. T. R. . B. (2024). Penggunaan ChatGPT Sebagai Sumber Pembelajaran Adaptif Untuk Menanggapi Kebutuhan Individu Siswa. VOCATECH: Vocational Education and Technology Journal, 5(2), 126–135.
  11. Holmes, W., & Bialik, M. (2021). Artificial intelligence in education: Insights for educators and leaders. Routledge.
  12. Li, Y., Zhang, X., & Wei, L. (2023). Artificial intelligence in education: Personalizing the learning journey. International Journal of Educational Technology, 38(4), 123–136.
  13. Li, Y., & Li, L. (2023). AI in education: Automating administrative tasks to enhance teaching quality. Educational Technology Research and Development, 71(4), 867–882.
  14. Luckin, R., & Kelly, P. (2021). Artificial intelligence and the future of education: A guide for teachers and learners. Routledge.
  15. Maharani, D., Anggraeni, D., & Nofitri, R. (2024). Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Pembuatan Presentasi Bagi Guru-Guru Brainfor Islamic School Kisaran. Journal of Indonesian Social Society (Jiss), 2(1), 45–51. https://doi.org/10.59435/jiss.v2i1.219
  16. Nguyen, A., & Zheng, B. (2023). AI-driven administrative automation in education: Enhancing teaching effectiveness through technology. Journal of Educational Technology, 70(2), 121–135.
  17. Prasetyo, D. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Gemini AI untuk Penyusunan Modul Ajar bagi Guru TK/RA/BA di Kecamatan Pacitan Tahun 2024. L-Fattah: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 1(2), 56–61.
  18. Rashid, M., Islam, M., & Ahmed, S. (2022). AI chatbots for education: Enhancing student learning and support systems. Journal of Education and Technology Development, 32(1), 101–115.
  19. Ravi, R., & Jha, S. (2020). Artificial intelligence in education: Transforming teaching and learning in the digital age. International Journal of Educational Technology, 13(1), 17-31.
  20. Sahren, S., Dalimunthe, R. A., Afrisawati, A., & Butar-Butar, M. W. (2023). Pelatihan Penerapan Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence Di UPT SD Negeri 04 Sei Muka. Journal of Indonesian Social Society (Jiss), 1(3), 132–139. https://doi.org/10.59435/jiss.v1i3.205
  21. Spector, J. M. (2020). The future of AI in education: Transforming learning in the digital age. Journal of Educational Computing Research, 58(4), 831–847.
  22. Subowo, E., Dhiyaulhaq, N., & Wahyu, I. (2022). Pelatihan Artificial Intelligence Untuk Tenaga Pendidik Dan Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah (Online Thematic Academy Kominfo RI). Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 3(3), 247–254. https://doi.org/10.37295/jpdw.v3i3.296
  23. Syeptiani, S. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Kimia Terapan. Journal Pendidikan MIPA, 13(2).
  24. Tri Mardika Wati, G. (2021). Pengetahuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Terkait Pemafaatan Perplexity AI dalam Membantu Pembelajaran di Perguruan Tinggi. TJoLE: Tanjungpura Journal of Language Education, 1(1).
  25. Woolf, B. P., & D'Mello, S. K. (2022). The future of AI in education: Implications for teachers and students. IEEE Transactions on Learning Technologies, 15(1), 18–30.
  26. Woolf, B. P. (2022). Building intelligent interactive systems: AI in education. MIT Press.
  27. Zawacki-Richter, O., & Latchem, C. (2021). The role of artificial intelligence in education: Current progress and future prospects. Springer.

Most read articles by the same author(s)