Main Article Content

Abstract

Pendahuluan: Penilaian digital memberikan banyak manfaat, seperti hasil yang objektif dan cepat, fleksibilitas waktu, serta ketersediaan bank soal digital. Namun, berdasarkan observasi di Dabin III dr. Wahidin Sudirohusodo, Kecamatan Nalumsari, Jepara, sebagian besar guru masih menggunakan metode konvensional yang memerlukan waktu lama dan rentan terhadap kesalahan penilaian. Hal ini dapat menghambat pengambilan keputusan yang tepat dalam mengembangkan potensi siswa. Metode: Kegiatan ini melibatkan pelatihan dan pendampingan bagi 14 guru perwakilan dari 12 SD di Dabin III dalam menyusun instrumen penilaian berbasis STEM menggunakan aplikasi DIGASS. Pelatihan mencakup pemahaman konsep penilaian, pengenalan platform digital STEM, serta penyusunan dan pengujian instrumen di DIGASS. Hasil: Pelatihan ini mendapat respon positif, dengan 69,23% guru menilai sangat baik dan 30,77% menilai baik. Guru mampu meningkatkan keterampilan dalam menyusun instrumen penilaian berbasis STEM melalui aplikasi DIGASS. Kesimpulan: Pengabdian ini berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan penilaian digital berbasis STEM, sehingga dapat menjadi solusi untuk penilaian yang lebih efektif dan akurat di sekolah dasar.

Keywords

DIGASS Penilaian Digital STEM

Article Details

How to Cite
Ermawati, D., Riswari, L. A., & Wijayanti, E. (2025). Penyusunan Instrumen Penilaian Digital Berbasis STEM melalui Aplikasi DIGASS oleh Guru Sekolah Dasar . Jurnal SOLMA, 14(1), 1109–1119. https://doi.org/10.22236/solma.v14i1.17570

References

  1. Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 125–129.
  2. Ermawati, D., Hilyana, F. S., & Ardana, L. (2024). The Development of STEM-Based DIGASS Application to Improve College Student Assessment Skills. IRJE : Indonesian Research Journal in Education, 8(1), 134–144.
  3. Ermawati, D., Riswari, L. A., & Wijayanti, E. (2022). Pendampingan Pembuatan Aplikasi Mat Joyo (Mathematics Joyful Education) bagi Guru SDN 1 Gemiring Kidul. Jurnal SOLMA, 11(3), 510–514. https://doi.org/10.22236/solma.v11i3.9892
  4. Ermawati, D., Riswari, L. A., Wijayanti, E., Prameswari, A., & Lathif, M. I. A. (2024). Pengaruh Media Mabarung Berbasis Augmented Reality Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Matematis Siswa SD. SCIENTIA: SOCIAL SCIENCES & HUMANITIES, 3(2), 327–333. https://doi.org/10.51773/sssh.v3i2.324
  5. Fitriani, F. (2021). Analisis Penilaian Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Implikasinya terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan SD/MI. Genderang Asa: Journal Of Primary Education, 2(2), 18-30.
  6. Hasanah, U., Edwita, & Januar, A. (2020). Pelatihan Pengembangan Digital Assesment Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kepulauan Seribu. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 338–346. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.448
  7. Hendraningrat, D., & Fauziah, P. (2021). Media Pembelajaran Digital untuk Stimulasi Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 58–72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1205
  8. Mahardika, A. I., Saputra, N. A. B., Muda, A. A. A., Riduan, A., Luzuardi, N. S., & Nurmalinda, N. (2023). Pelatihan Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Digital Menggunakan Quizizz bagi Guru di Kota Banjarmasin. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.37640/japd.v3i1.1540
  9. Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi Industry 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 7(1), 455–460. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/325/351
  10. Nugraha, N., & Nugraha, D. (2022). Pelatihan Penggunaan Platform Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Sdit Al Imam Kuningan. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas, 7(1), 16–22. https://doi.org/10.52250/p3m.v7i1.566
  11. Purnomo, Y. W. (2015). Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Penilaian Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 182–191. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4823
  12. Rachmi, Surachman, A., Putri, D. E., Nugroho, A., & Salfin. (2024). Pendidikan Nilai di Era Digital: Tantangan dan Peluang. Journal of International Multidisciplinary Research, 5(2), 326–335. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.254
  13. Salsabila, U. H., Hanifan, M. L. N., Mahmuda, M. I., Nur Tajuddin, M. A., & Pratiwi, A. (2023). Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Pendidikan Islam. Journal on Education, 5(2), 3268–3275. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.995
  14. Salsabila, U. H., Insani, A. P. S., Mustofa, H., Kalma, M. E. Z., & Wibisono, M. I. (2023). Teknologi Pendidikan: Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan Pasca Pandemi. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 79–88. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.6173
  15. Sunaryati, T., Laelly, T. A., Febriyanti, U., & Apriliani, F. (2024). Analisis Komprehensif Terhadap Jenis-Jenis Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar : Tinjauan Literatur. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4.
  16. Suryanti, E., Tri Widayati, R., Nugrahani, F., & Veronika, U. P. (2024). Pentingnya Pengembangan Media Berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 33(1), 505–514. https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.4944
  17. Syalshadilla, G. P., Sukmanasa, E., & Anwar, W. S. (2024). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Digital Menggunakan Quizwhizzer Pada Tema 8 Subtema 2 Pembelajaran 1. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(18), 462-468.
  18. Widijaya, & Hadianto. (2021). Penyusunan Bahan Ajar Digital Akuntansi Keuangan Kelas Xii Pada SMK Kartini Batam. ConCEPT: Conference On Community Engagement Project, 1(1), 2616–2622.
  19. Yuwono, M. R., Aribowo, E. K., Firmansah, F., & Indrayanto, B. (2020). Sebagai Alternatif Penilaian Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 49–61.

Most read articles by the same author(s)